Merasa kesulitan untuk menghemat kuota internet? Sebagian besar orang menganggap bahwa menghemat kuota internet adalah hal sulit dan nyaris tidak mungkin untuk dilakukan.

Sebab akses terhadap internet sudah menjadi kebutuhan yang dilakukan setiap detik, yakni secara otomatis oleh perangkat yang digunakan. Lalu, bagaimana agar kuota internet tidak boros?

Baca Juga:

5 Tips Hebat Untuk Menghemat Kuota Internet
5 Tips Mudah untuk Menghemat Kuota Internet

Tips Menghemat Kuota Internet

Meskipun sulit, namun ada beberapa tips yang bisa membantu memaksimalkan penghematan kuota internet. Beberapa tips tersebut adalah:

1. Membatasi Penggunaan Data di Perangkat

Menghemat kuota internet jauh lebih susah dilakukan di perangkat smartphone dibanding laptop, PC, maupun perangkat online lainnya. Sebab smartphone memiliki sejumlah aplikasi yang secara otomatis terhubung ke internet.

Mencoba menghemat kuota, maka bisa mencoba membatasi penggunaan data internet. Caranya masuk ke menu Setelan>Penggunaan Data>Siklus Penagihan>Batas Data dan Siklus Tagihan. Beberapa merek smartphone memungkinkan pengguna membatasi data internet per hari, sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan.

2. Teliti saat Memilih Browser

Browser yang digunakan akan sangat mempengaruhi seberapa hemat kuota internet yang digunakan. Sebab beberapa browser diketahui boros kuota, dan beberapa lagi memiliki kemampuan menyimpan kuota data. Sehingga bisa memangkas konsumsi kuota internet, salah satu contohnya adalah Opera Mini.

3. Membatasi Background Apps

Smartphone dirancang untuk menyampaikan segala notifikasi di bagian atas atau background layar dari smartphone tersebut. Sehingga setiap kali ada pesan baru, update baru, notifikasi di media sosial, dan sebagainya. Maka akan muncull ntifikasi di bagian atas smartphone.

Meskipun memberi kemudahan untuk mengakses notifikasi dengan segera, sehingga bisa langsung bereaksi dan memberi respon. Namun notifikasi seperti ini justru membuat kuota boros. Jadi, silahkan memilih aplikasi tertentu saja yang bisa berjalan di latar belakang smartphone.

4. Menggunakan Fitur Maps Secara Offline

Fitur Maps seperti Google Maps dijamin menjadi fitur yang diakses dan dimanfaatkan oleh jutaan orang setiap harinya. Sebab dengan adanya fitur ini maka kegiatan mencari alamat semudah menjentikan jari. Namun, siapa sangka saat mengoperasikan atau menjalankan Google Maps maka kuota yang hilang sangat lumayan.

Mengakalinya, Anda bisa mencoba menonaktifkan paket data dan Google Maps dijamin tetap berjalan. Sebab fitur ini memiliki kemampuan untuk menyimpan alamat yang dicari, ketika internet offline maka Google Maps akan mengandalkan data alamat yang sudah disimpan tadi.

5. Menjadikan WiFi sebagai Pilihan Utama

Jika kebetulan menemukan jaringan WiFi, dimanapun Anda berada maka bisa dijadikan sebagai prioritas dibanding kuota pribadi. Namun jika takut terjadi kerusakan perangkat karena diretas saat menggunakan jaringan internet yang terbuka. Maka bisa lebih teliti memilih jaringan WiFi, misalnya di rumah dan di kantor atau kampus saja.

Baca juga:

5 Aplikasi Penghemat Paket Data Ponsel Android

Kuota internet memang akan sangat menyusahkan jika terlalu boros, sebab harganya sendiri tidak murah. Jika merasa sangat boros, silahkan mencoba tips menghemat pemakaian internet di atas.

3 February 2021
Menjadi agen pulsa memang tidak bisa memberikan keuntungan besar begitu saja. Perlu ada strategi yang dapat membuat bisnis ini memberikan keuntungan yang sesuai dengan keinginan. Dari banyaknya produ
3 February 2021
Apakah Anda sudah siap menjalankan bisnis di bidang pulsa? Jika iya, tentu Anda harus memilih distributor pulsa terlebih dahulu. Karena saat ini sudah banyak agen atau distributor pulsa yang menawark
2 February 2021
Bisnis pulsa adalah jenis bisnis yang bisa dijalankan melalui dua metode berbeda, yakni online dan offline. Penjualan pulsa tidak hanya bisa dilakukan dengan melayani pembeli secara langsung. Sebab a

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG