Kekuatan sebuah UMKM akan meningkat ketika memiliki dukungan modal yang maksimal, dan sumber modal ini cukup beragam. Mayoritas penggiat UMKM akan mengajukan pinjaman ke bank untuk mendapat suntikan modal yang potensial. Namun, tidak semua pelaku UMKM bisa mendapatkan jalan mulus untuk mendapatkan pinjaman tersebut.

Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal UKM

Kiat Mendapatkan Pinjaman Modal

Memperbesar dan mengembangkan UMKM akan lebih mudah jika mendapatkan pinjaman modal dari bank. Mendapatkannya memang dikenal tidak mudah, namun tetap bisa diusahakan dan akan maksimal jika menerapkan kiat-kiat berikut:

1. Jenis Usaha Jelas 

Bank akan lebih mudah mencairkan dana pinjaman modal untuk usaha yang jelas dan sudah berjalan minimal 12 bulan. Mengapa? Sebab dengan jangka waktu 1 tahun tersebut sebuah usaha diperkirakan sudah punya profit bersih. Sehingga di mata perbankan pemilik UMKM memiliki kemampuan membayar cicilan pinjaman. 

2. Laporan Usaha yang Jelas 

Usaha yang dijalankan akan dilihat dan diperiksa dengan seksama oleh petugas bank, untuk menentukan layak tidaknya menerima pinjaman modal. Meningkatkan kepercayaan bank untuk mencairkan pinjaman perlu menyusun proposal. Laporan usaha berbentuk proposal ini bisa  berisi penjelasan usaha, visi, misi, dan sebagainya. Diharapkan usai membaca proposal ini pihak bank tidak menunda proses pencairan pinjaman. 

3. Menyiapkan Berkas Persyaratan 

Kiat selanjutnya untuk memperbesar peluang cairnya pinjaman modal dari bank adalah melengkapi dokumen persyaratan yang diminta. Pastikan semua dokumen sudah siap dan lengkap sehingga secara administrasi sudah lolos. Kesempatan untuk mendapatkan pinjaman lebih besar jika semua dokumen persyaratan sudah dilampirkan/ 

4. Memakai Agunan Ataupun Tidak 

Pinjaman modal dari bank dulunya memang wajib menggunakan pinjaman, namun kini sudah ada KTA. Artinya pemilik UMKM tetap bisa mengajukan pinjaman sekalipun tidak memiliki aset untuk dijadikan agunan. Jadi, silahkan dikonsultasikan dengan marketing dan CS dari bank yang dituju untuk informasi lebih detailnya karena setiap bank punya kebijakannya sendiri-sendiri.

Hanya saja untuk pinjaman modal tanpa agunan umumnya memiliki nilai bunga lebih tinggi. Namun, kembali lagi kepada kondisi pribadi jika memang tidak memiliki aset maka KTA bisa dijadikan solusi terbaik. Pun sebaliknya, karena jika ada agunan maka nilai bunga akan lebih ramah di kantong. 

5. Minta Bantuan Marketing Bank 

Mempermudah usaha Anda untuk mendapatkan pinjaman modal UMKM maka bisa meminta bantuan marketing. Bicarakan kondisi dan tujuan Anda dalam mengajukan aplikasi pinjaman. Biasanya marketing akan berupaya maksimal membantu kelancaran pencairan pinjaman. Namun pastikan memilih marketing yang jujur dan informatif. 

Pinjaman modal UMKM memang menjadi salah satu jalan untuk bisa mengembangkan UMKM, supaya lebih besar dan memberi profit lebih maksimal. Mengajukan pinjaman ke bank ternyata tak selalu berakhir menyenangkan, karena bisa jadi aplikasi ditolak. Menghindarinya bisa mencoba berbagai kiat sederhana dan efektif di atas. 

24 September 2020
Psbb jilid 2 telah diberlakukan kembali secara ketat di jakarta, tepatnya dimulai pada tanggal 14 september 2020 kemarin. Hal ini disebabkan pasien covid-19 jumlahnya semakin meningkat sehingga guber
24 September 2020
Kenalilah tanda-tanda stres sedini mungkin, agar bisa segera diwaspadai sebab stres dapat menyerang siapa saja. Sering kali rasa stres yang dialami muncul dengan berbagai tanda-tanda biasa saja seper
23 September 2020
Bagi Anda yang aktif menggunakan laptop untuk berbagai keperluan dijamin sangat akrab dengan suara kipas laptop. Kadang kala suara yang dihasilkan bisa mengagetkan karena mendengung dan cukup kencang

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG