Olahraga merupakan salah satu langkah penting menjaga kebugaran tubuh dan kekuatan imunitas sehingga tidak mudah sakit. Apalagi bagi mereka yang menderita penyakit jantung.

Dalam masa pandemi covid-19, penderita jantung memiliki resiko lebih besar dan berat apabila sudah terinfeksi. Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian ekstra untuk tetap menjaga agar kondisinya tidak mudah tertular.

Tips Cegah Terserang Covid-19 bagi Penderita Jantung

Rekomendasi dokter spesialis untuk penderita penyakit jantung selama wabah

Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki masalah pada sistem kardiovaskular atau penyakit jantung. Berikut tips dari seorang kardiologi di Cleveland, Ohio, dr. Paul C. Cremer:

  • Menjaga hidup bersih dengan rajin cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Jika tidak menemukan keduanya, gunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60%.
  • Hindarkan tangan untuk menyentuh wajah
  • Bersihkan permukaan benda yang kemungkinan sering disentuh atau tersentuh oleh tangan, misalnya handphone, keyboard, gagang pintu dan saklar lampu.
  • Tetap beraktifitas di dalam rumah.
  • Terapkan physical distancing dengan baik.
  • Selalu sediakan obat-obatan yang telah diresepkan dokter dan simpan di tempat yang mudah diingat atau dijangkau.

Selain melakukan langkah pencegahan, penderita jantung dan penyakit tidak menular lainnya juga harus memahami gejala-gejala awal terinfeksi virus corona, seperti batuk dan demam. Kemudian, hal yang harus segera dilakukan yaitu:

1. Berkonsultasi dengan dokter lewat telepon atau aplikasi komunikasi online

Dalam situasi seperti ini, siapa saja bisa menjadi seorang pembawa virus (carrier). Oleh karena itu, sesi konsultasi lebih baik dilakukan lewat telepon atau memanfaatkan platform komunikasi online. Selain mencegah agar tidak menyebarkan virus ke orang lain, juga menjaga tubuh untuk tidak lebih buruk lagi daya tahannya. Dokter spesialis akan merekomendasikan langkah-langkah yang dapat dilakukan di rumah.

2. Konsumsi obat sesuai resep dokter

Saat ini belum diketahui pengaruh obat-obatan untuk pasien penyakit jantung terhadap virus corona. namun, penghentian sementara obat untuk mengontrol tekanan jantung dapat berbahaya bagi kesehatan pasien.

3. Lakukan pertolongan darurat

Saat mengalami gangguan jantung, pasien tidak bisa serta merta pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara melakukan pertolongan darurat pada diri sendiri. Selain itu, salah satu langkah pencegahan yang penting adalah menjaga agar jantung tetap dalam kondisi baik dengan berolahraga secara rutin dan menjalankan pola makan sehat.

Pandemi covid-19 belum bisa diketahui kapan akan berakhir. Kini, setiap orang harus membekali diri dengan pengetahuan dalam mencegah penularan dan mengenali gejala serta perawatan mandiri yang bisa dilakukan. Bagi pasien jantung, resiko penularan dan kematian termasuk tinggi.

Saat virus sudah menyerang paru-paru, maka jantung harus bekerja lebih keras memompa oksigen ke seluruh tubuh.hal ini sangat berbahaya jika terjadi pada orang yang sebelumnya sudah terindikasi memiliki riwayat kesehatan jantung yang kurang baik. Makanya dibutuhkan perawatan ekstra sejak awal pencegahan.

20 June 2020
Sejak pandemi virus corona tentunya Anda dan siapa saja semakin akrab dengan kegiatan rapat online. Rapat secara virtual ini sesuai dengan kebijakan WFH atau work from home yang menurunkan resiko ter
20 June 2020
Saat ini Indonesia tengah berada di fase peralihan dari kebijakan PSBB kepada fase new normal atau kenormalan baru. Kegiatan harian seperti masa dimana sebelum pandemi menyerang sudah bisa dilakukan
19 June 2020
Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat merupakan sebuah program yang baru-baru ini menarik perhatian masyarakat. Mulai dicetuskan sejak tahun 2016 melalui U U Nomor 2016 tentang Tabungan Perumahan Rak

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG