Pandemi covid-19 belum berakhir. Walaupun sudah ada pengumuman tentang penerapan New Normal, sekolah masih ditutup dan siswa diwajibkan tetap belajar dari rumah. sebagian karyawan juga tetap menjalankan sistem work from home. Dengan tidak kemana-mana, rasa bosan tentu menjadi tantangan besar. lalu, bagaimana caranya agar tetap betah?

Tips Agar Belajar dan Bekerja di Rumah Tidak Membosankan

Trik betah belajar dan bekerja di rumah

Saat bekerja di rumah, orang tua sebenarnya memiliki kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi dengan putra-putrinya. Dengan interaksi setiap waktu, akan mudah mengenali apa yang anak-anak butuhkan dalam mendukung kegiatan belajar mereka.

Tidak hanya sekedar membantu mereka mencari materi pelajaran baru, orangtua bisa melakukan hal-hal berikut agar suasana belajar dan bekerja di rumah tetap menyenangkan:

1. Menciptakan ruang belajar dan bermain yang seru di dalam kamar anak

Anak-anak biasanya memiliki ruang atau area khusus untuk belajar. Agar terus bersemangat, mereka butuh hal baru. Misalnya penempatan perabotan yang nyaman sesuai kebutuhan belajar. Pilih meja dan kursi belajar yang sesuai ketinggiannya. Pasang lampu dengan pengaturan intensitas cahaya yang cukup agar mata tidak mudah lelah.

Selain itu, orangtua juga bisa menambah area khusus untuk anak-anak bermain, misalnya tikar lipat dan tempat mainan. Pastikan semua benda memiliki kotak penyimpanan khusus yang akan membuat area bermain, meja belajar atau seluruh ruangan tampak rapi sebelum dan sesudah digunakan.

2. Ciptakan suasana segar dan kesan luas pada ruang kerja

Suasana kerja yang nyaman sangat dibutuhkan untuk membuat lebih fokus bekerja. Jika dituntut mengerjakan sesuatu dengan cepat dan tepat, tentu dibutuhkan penyimpanan dokumen dan peralatan yang baik.

Tata agar setiap sudut ruangan menjadi lebih mudah dirapikan. Untuk menambah kenyamanan, pastikan meja dan kursi kerja yang dipilih ergonomis sehingga tidak melelahkan saat harus bekerja berjam-jam.

Pencahayaan yang cukup juga harus dipertimbangkan agar kesehatan mata tetap terjaga, apalagi kalau bekerja di depan layar komputer.

3. Ciptakan ruang keluarga yang menyenangkan

Ruang keluarga seharusnya jadi salah satu ruang favorit berkumpul bersama seluruh anggota keluarga selain dapur atau ruang makan. Disini, orang tua bisa lebih mudah dan leluasa berkomunikasi dengan anak-anak.

Tidak harus selalu berisi obrolan. Kegiatan berkumpul bersama keluarga dapat dihabiskan dengan menonton acara TV, berkaraoke, streaming film serial atau memainkan permainan berkelompok.

Agar suasana lebih menyenangkan dan semua orang betah, pilih perabotan yang nyaman dengan desain sesuai selera.

Di awal kebijakan work from home, banyak orangtua merasa kewalahan saat harus bekerja dan juga bertindak sebagai guru di rumah untuk anak-anaknya. Namun, dengan masih berlangsungnya pandemi covid-19, mau tidak mau semua orang harus membiasakan diri.

Tentunya dibutuhkan trik agar kegiatan di rumah bersama keluarga, baik bekerja maupun belajar dapat terus terasa menyenangkan. Caranya bisa dimulai dengan mendesain ruang senyaman mungkin.

9 July 2020
Setelah sekian lama mengadapi pandemi virus corona, sekarang tibalah saatnya kita ke era kehidupan normal baru (New Normal). Era di mana pola hidup manusia harus berubah dalam segala hal, termasuk ha
9 July 2020
Bisnis online menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa bertahan dengan baik di tengah pandemi. Sementara itu banyak pelaku bisnis konvensional mencoba mengubah strategi dengan beralih ke sektor onli
8 July 2020
Meskipun pandemi membuat banyak bidang bisnis menjadi amburadul dan rentan bangkrut karena berhenti beroperasi. Namun perlu diakui bahwa kondisi terparah dialami oleh bisnis di sektor pariwisata. Seb

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG