Sejak pandemi corona masuk ke Indonesia pemerintah melalui dan bersama PLN memberi kebijakan tagihan listrik ditiadakan. Artinya masyarakat mendapatkan pelayanan listrik gratis, yakni pada pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA. Namun saat ini pemerintah berencana untuk memperluas listrik gratis tersebut, yakni kepada pelaku industri kecil dan bisnis kecil.

Syarat Mendapatkan Listrik Gratis Selama 6 Bulan

Cara Mendapatkan Listrik Gratis

Awalnya listrik gratis diberikan kepada pelanggan 450 dan 900 VA, dan masuk ke dalam kategori subsidi. Melihat kondisi pandemi belum menunjukan perubahan positif dimana kasus baru terus ada nyaris setiap harinya. Pemerintah kemudian merencanakan untuk memperluas pemberian subsidi tersebut.

Direncanakan layanan listrik gratis ini tidak hanya untuk pelanggan yang sudah disebutkan di atas melainkan juga untuk pelaku bisnis dan industri. Yakni industri dan bisnis skala kecil yang menggunakan listrik berdaya 450 VA maupun yang memakai sistem token atau pulsa listrik.

Disebutkan pula rencana listrik gratis yang diperluas ini akan diberikan selama 6 bulan penuh. Harapannya penggratisan listrik ini memang diterima oleh pihak yang memang membutuhkan. PLN menerima data ada sekitar 500.000 pelanggan berbasis token dan meteran, dan pendataan masih berlangsung.

Adapun syarat agar industri dan bisnis skala kecil bisa mendapatkan listrik gratis ini adalah memang terdaftar sebagai pelaku industri kecil (I1) dan bisnis kecil (B1). Praktis pelaku bisnis dan industri yang tidak terdaftar sebagai pelaku bisnis dan industri skala kecil tidak akan menerima subsidi PLN tersebut.

Khusus untuk pelanggan dengan model token listrik, pihak PLN akan pulsa listrik gratis yang bisa langsung digunakan pelanggan tanpa perlu isi token seperti biasanya. Adapun skema perhitungan token listrik gratis ini adalah dilihat dari angka tertinggi pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir.

Upaya pemerintah untuk memastikan masyarakat yang membutuhkan mendapatkan gratis listrik adalah salah satu bentuk untuk melindungi rakyat dari ancaman virus corona. Saat ada rencana listrik gratis maka pihak PLN mengaku segera membentuk atau menyiapkan mekanisme yang mendukung kebijakan listrik gratis tersebut.

PLN sudah menyiapkan berbagai langkah teknis untuk memberikan layanan listrik gratis tersebut. Hal serupa juga pernah dilakukan beberapa bulan sebelumnya dimana pemerintah menggratiskan listrik untuk pelanggan 450 dan 900 VA. Perluasan layanan listrik gratis ini tentunya sangat dibutuhkan pelaku industri, khususnya industri dan bisnis yang sangat terdampak corona.

Pastikan bisnis maupun industri yang tengah dijalankan sudah tercatat sebagai bisnis maupun industri skala kecil. Sehingga data bisnis dan industri Anda tercantum sebagai pelanggan yang berhak menerima listrik gratis. Detailnya bisa dilihat di website resmi PLN maupun akun sosial media dari BUMN tersebut. Meskipun bisa menikmati listrik tanpa perlu membayar, alangkah baiknya tetap bijak dalam mengkonsumsi energi listrik tersebut.

17 April 2021
Anda mungkin sudah mengenal dengan baik istilah marketplace. Di Indonesia, ada banyak sekali industri marketplace yang tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Adanya marketplace tentu membuat k
17 April 2021
Sudahkah Anda memiliki atau ada niatan untuk mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)? Pastikan sudah mulai mengurusnya, sebab NPWP sendiri menjadi satu diantara sekian dokumen penting yang perlu dan
28 February 2021
Bisnis jualan pulsa memang menarik, dari dulu sampai sekarang daya tariknya tidak pernah surut. Sebab bisnis ini punya pangsa pasar luas sekaligus jelas yang membuatnya mudah dipasarkan. Pelakunya

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG