Bagi pelaku diet sehat dijamin akan memperhatikan kandungan lemak dan kalori dari setiap makanan yang akan disantap. Hal ini juga berlaku untuk susu, yang diperlukan tubuh untuk mendapatkan beberapa nutrisi di dalamnya.

Kebanyakan pelaku diet akan menghindari susu murni karena lemak dan kalorinya lebih tinggi. Kemudian beralih ke susu skim atau susu bebas lemak yang tersedia di pasaran. Hanya saja benarkah susu skim lebih baik dari susu murni?

Susu Murni dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik

Susu Murni VS Susu Skim

Seorang pakar nutrisi yakni Frances Largeman-Roth yang juga menulis buku bertajuk Eating in Colour. Pada era 90-an menyatakan bahwa dalam diet penurunan berat badan asupan lemak perlu dilakukan, dan menghindari asupan susu termasuk di dalamnya. Berdasarkan penjelasan tersebut pelaku diet kemudian beralih ke yogurt dan susu rendah lemak.

Hanya saja kedua alternatif ini tidak murni menguntungkan program diet sebab kandungan gulanya lebih tinggi dibanding susu yang lemaknya tinggi. Sehingga bukan pilihan yang lebih baik untuk menggantikan susu. Largeman juga menambahkan bahwa susu murni justru baik untuk mempertahankan berat badan, dan tidak memicu kenaikan berat badan.

Didukung pula dengan hasil studi yang melibatkan 18.000 wanita paruh baya dengan berat badan normal. Partisipan diminum rutin minum susu murni selama satu dekade, dan hasilnya tidak ada satupun yang mengalami obesitas.

Sementara itu penelitian terkait susu murni juga dilakukan dan dimuat di dalam European Journal of Clinical Nutrition. Menemukan fakta bahwa di dalam susu murni terkandung nutrisi yang lemak, dimana lemak ini justru meningkatkan jumlah HDL atau kolesterol baik. Sehingga konsumsi susu murni memberi manfaat bagi kesehatan kardiovaskuler.

Largeman menuturkan bahwa dengan minum susu murni yang di dalamnya terkandung lemak mampu memberi manfaat bagi tubuh. Hanya saja masyarakat lebih memilih mengkonsumsi yogurt dengan taburan biji-bijian untuk menghindari lemak tak jenuh. Padahal susu murni memiliki sejumlah kelebihan yang tidak ditemukan pada susu skim maupun yogurt.

Susu murni mengandung asam lemak omega 3 dan asam lemak linoleat yang terkonjugasi. Sehingga konsumsinya akan membantu menjaga dan menurunkan berat badan sekaligus membantu mengontrol gula darah bagi pasien diabetes tipe 2. Keunggulan lainnya adalah adanya kandungan Vitamin E dan juga zat besi yang lebih tinggi.

Susu murni yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol baik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga lebih rendah gula, sebab tidak diolah dan ditambahkan pemanis seperti pada susu skim.

Melihat susu murni memang lebih menarik dengan segala kelebihannya, tentu bisa dijadikan prioritas. Hanya saja sebaik apapun suatu makanan tentu akan lebih baik lagi jika jumlah asupannya diatur jangan sampai berlebihan. Hal ini juga berlaku untuk susu murni maupun susu skim, yang sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja.

9 October 2020
Tanaman Aglaonema saat ini sedang naik daun, pasalnya trend menanam tanaman hias jenis ini sangat diminati oleh berbagai kalangan. Biasanya tanaman ini sering tumbuh liar di pekarangan bersama dengan
9 October 2020
Pulsa elektrik, tentu bukan suatu hal yang baru didengar bukan? Jenis pulsa ini sejatinya telah sangat akrab dalam kehidupan kita dan bahkan telah menjadi bagian dari kebutuhan. Kita membutuhkan puls
6 October 2020
Dewasa ini bisnis online bukan lagi menjadi suatu hal yang tabu, sebab telah cukup banyak masyarakat yang mengikutinya dan bahkan ada yang berhasil mencapai titik kesuksesan dari bisnis online itu. M

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG