Bagi siapa saja yang ingin mengajukan pinjaman ataupun kredit pada bank misalnya hendaknya terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara menghitung angsurannya, agar dapat mengetahui berapa sajakah yang harus dibayar setiap bulannya hingga pinjamanan tersebut lunas. Pada dasarnya angsuran kredit yang harus dibayar berupa jumlah pinjaman utama ditambah lagi bunga dari kredit pinjaman tersebut.

Banyak sekali para nasabah yang tidak memperdulikan banyaknya bunga yang kan dibayar nantinya, sehingga banyak yang terlilit hutang. Oleh sebab tu, agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan nantinya, maka ketahuilah cara menghitung bunga pinjaman berikut ini.

Sudah Tahu Cara Menghitung Bunga Pinjaman?

3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Setiap kredit pinjaman memiliki cara penghitungan bunga pinjaman yang berbeda-beda serta memiliki kebijakannya masing-masing. Oleh sebab itu, sebelum memulai pinjaman sebaiknya ketahui dalau bagaimana cara menghitung bunganya agar tidak terjadi kesalahan nantinya. Banyak sekali hal-hal yang akan terjadi jika tidak mengetahui cara menghitung bunga pinjaman, salah satunya bisa saja terjerat hutang. Baiklah, langsung saja simak cara tersebut melalui penjelasan di bawah ini.

1. Bunga Flat

Perhitungan bunga flat termasuk perhitungan yang sangat mudah diantara yang lainnya. Perhitungan bunga jenis ini para nasabah diminta membayar cicilan pokok dengan bunganya yang jumlahnya selalu sama dalam tiap bulannya. Hal ini dikarenakan perhitungan bunga berdasarkan persentase bunga kemudian dikalikan dengan pokok pinjaman dan selanjutnya ditambah bunga setiap bulannya. Berikut rumus lengkapnya : Bunga = (P x l x t) / jb, dengan keterangan P adalah pokok pinjaman, l adalah suku bung kemudian t jumlah jangka waktu kredit dan jb jumlah bulan dalam jangka waktu kredit.

2. Bunga Efektif

Jenis perhitungan bunga pinjaman ini adalah perhitungan bunga pinjaman yang dilakukan pada setiap akhir periode pembayaran cicilan. Bunga pinjaman ini akan dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayar oleh nasabah sehingga jumlah bunga pinjaman yang harus dibayar setiap bulannya akan berubah-ubah sesuai dengan nilai pokok yang belum dibayar tersebut. Beriku rumus lengkapnya : Bunga = SP x i x (30/ 360), dengan keterangan SP adalah saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya, i suku bunga per tahun, angka 30 merupakan jumlah hari per bulan serta 360 jumlah hari pertahun.

3. Bunga Anuitas

Perhitungan bunga pinjaman jenis anuitas ini hampir sama dengan perhitungan bunga efektif namun sedikit dimodifikasi dengan tujuan untuk memudahkan para nasabah membayar kredit dalam tiap bulannya. Perhitungan bunga jenis ini akan berkurang tiap bulannya namun cicilan pokoknya akan membesar. Rumusnya sebagai berikut : Bunga = SP x i x (30/ 360), dengan keterangan SP adalah saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya, i suku bunga per tahun, angka 30 merupakan jumlah hari per bulan serta 360 jumlah hari pertahun.

Demikianlah cara menghitung bunga pinjaman, maka dari itu mulai dari sekarang pelajarilah cara tersebut sebelum mulai pinjaman tersebut. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

29 September 2020
Bisnis kuliner memang tidak ada habisnya. Selalu ada saja ide dan varian kuliner baru yang menggugah selera masyarakat. Dulu, seseorang membutuhkan sebuah restoran, toko, atau warung untuk bisa menja
28 September 2020
Perkembangan dunia digital saat ini semakin mempermudah orang dalam melakukan berbagai bisnis seperti salah satunya bisnis kuliner. Bagi anda yang kini sedang menjalankan bisnis kuliner, anda bisa me
28 September 2020
Salah satu bisnis yang menarik untuk semua kalangan masyarakat adalah bisnis clothing line. Sebenarnya, istilah clothing line itu mengacu kepada usaha memproduksi sebuah desain fesyen, entah itu baju

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG