Seseorang yang memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain sering disebut sebagai influencer. Sosok ini bisa siapa saja, umumnya mereka yang menonjol di bidangnya.

Misalnya kalangan selebritis, politik, kedokteran dan lain sebagainya. Secara umum, mereka menampilkan diri melalui platform di dunia maya, seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook dan bahkan TikTok.

Siapa Saja Sosok Influencer Indonesia Paling Berpengaruh

Jenis influencer dan contohnya

Dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain, seorang influencer sering menjadi trend setter bagi para pengikutnya. Apa saja yang ia miliki, dari gaya bicara hingga gaya fashion selalu ditiru.

Maka tidak heran jika para influencer banyak dicari pemilik bisnis untuk mempromosikan brand mereka.

Lalu, siapa-siapa sajakah sosok yang paling berpengaruh di dunia maya? tentunya ada banyak sekali. Umumnya mereka terbagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan jumlah pengikutnya, yaitu:

1. Mikro

Influencer mikro memiliki pengikut sejumlah kurang dari 10 ribu orang. Berbanding terbalik dengan jumlahnya yang kecil, ternyata menggunakan jasa sosok ini untuk brand marketing justru sangat efektif.

Para pengikutnya terjaring dengan niche atau topik yang spesifik. Ia juga memiliki lebih banyak ruang untuk menjalin engagement (keterikatan) dengan mereka, sehingga strategi brand awareness dapat cepat tersampaikan.

2. Makro

Influencer makro memiliki nilai 100 ribu pengikut, belum mencapai jutaan. Meskipun begitu, popularitasnya masih di bawah selebritis. Jika dilihat dari kacamata bisnis, influencer makro memiliki kelebihan cakupan audience lebih banyak dari influencer mikro. Jadi teknik promosinya bisa eksklusif.

3. Premium

Tingkat influencer ini paling tinggi, disebut premium, dan memiliki pengikut jutaan orang. Namun, hal ini tidak menjamin produk akan laris apabila menggunakan mereka dalam marketing.

Faktornya yaitu luasnya jangkauan follower dengan bermacam minat dan latar belakang. Jadi, pemilik bisnis harus membuat penyesuaian atas brand serta budgetnya itu sendiri.

Selain ketiga kelompok di atas, masih ada jenis influencer lain yang digolongkan berdasarkan media yang digunakan untuk menjaring followers.

Ada Youtuber di Youtube, Selebgram di Instagram dan Blogger di Blog. Sedangkan untuk sosok-sosoknya ada banyak dan berubah-ubah setiap waktu.

Berikut ini sosok-sosok influencer populer Indonesia di internet yang berasal dari latar belakang industri berbeda, yaitu:

  • Alexander Thian – Twitter
  • Ayla Dimitri – Instagram & Youtube
  • Tarra Budiman – Instagram
  • Rachel Goddard – Blogger & Youtube
  • Ayushita – Instagram
  • Rich Brian – Youtube
  • Cindercella (Marcella Febrianne) – Youtube
  • Bayu Skak – Youtube
  • Jovi Adhiguna – Youtube & Instagram
  • Hans Danials – Blogger & Instagram

Selain beberapa sosok di atas, masih banyak lagi influencer di Indonesia yang patut dilirik. Tugas pemilik bisnis kemudian adalah mencari mana yang paling relevan dengan brand atau produk yang akan dipromosikan.

Jangan sampai biaya marketing hanya terkuras untuk meng-endorse influencer premium tetapi sama sekali tidak terjadi sales.

Siapapun yang nantinya terpilih, jangan lupa memberikan briefing atau panduan sekilas agar influencer dapat membuat konten yang sesuai.

28 September 2020
Perkembangan dunia digital saat ini semakin mempermudah orang dalam melakukan berbagai bisnis seperti salah satunya bisnis kuliner. Bagi anda yang kini sedang menjalankan bisnis kuliner, anda bisa me
28 September 2020
Salah satu bisnis yang menarik untuk semua kalangan masyarakat adalah bisnis clothing line. Sebenarnya, istilah clothing line itu mengacu kepada usaha memproduksi sebuah desain fesyen, entah itu baju
27 September 2020
Kita sudah tahu sendiri lah, kalau saat ini jumlah kendaraan di Indonesia sudah sangat meningkat drastis, apa lagi untuk kendaraan roda empatnya. Dengan begitu, apakah sekarang ini waralaba cuci mobi

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG