Sebuah bisnis bisa dijalankan dengan baik jika sudah ada rencana bisnis yang matang. Jadi, rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan. Di Dalam dokumen, semuanya akan dijelaskan secara terperinci.

Rencana bisnis biasanya juga dibuat pada saat akan menjalankan bisnis baru. Ada banyak rencana yang bisa tertulis dalam sebuah dokumen rencana bisnis dan itu semua akan berpengaruh pada proses kelancaran dari bisnis itu sendiri.

Karena rencana bisnis ini penting, tentunya setiap perusahaan ataupun juga pelaku usaha akan membuatnya sedemikian rupa supaya menarik investor untuk melakukan investasi di perusahaan mereka.

Pentingnya Rencana Bisnis Bagi Sebuah Perusahaan

Elemen yang Ada di dalam Pembuatan Rencana Bisnis

Didalam sebuah rencana bisnis, tentunya akan ada elemen penting didalamnya. Bahkan, bisnis yang satu memiliki elemen berbeda dari bisnis yang lain meskipun pelaku bisnis adalah orang yang sama. Berikut ini, ada beberapa elemen yang seringkali dihadirkan dalam pembuatan rencana bisnis.

1. Penjelasan singkat terkait dengan eksekutif

Pada bagian ini, Anda dapat menguraikan isi dari perusahaan secara singkat mulai dari visi dan misi perusahaan, kepemimpinan, karyawan, kegiatan operasional hingga lokasi dari perusahaan.

2. Produk dan layanan yang ditawarkan

Anda juga perlu menjelaskan secara menarik mengenai produk dan layanan apa saja yang akan ditawarkan di rencana bisnis. Jadi produk dan layanan disini mulai dari harga produk, masa pakai dari produk kemudian apa manfaat dari produk untuk konsumen. Anda juga bisa memasukkan faktor lain seperti hak paten yang dimiliki perusahaan, teknologi yang digunakan, dan informasi penting lainnya.

3. Analisis pasar sesuai produk dan jasa yang dihasilkan

Perusahaan juga perlu yang namanya analisis pasar dimana pada analisis disini tentunya menguraikan terkait dengan target pasar. Rencana bisnis juga menguraikan persaingan yang ada pada usaha yang dijalankan, kemudian kekuatan dan kelemahan dari usaha yang dijalankan dan faktor penting lainnya.

4. Teknik pemasaran

Pada rencana bisnis yang baik, teknik atau strategi pemasaran pun harus dijelaskan dengan menarik supaya menarik pelanggan dan mempertahankan pelanggan agar tetap menggunakan produk atau jasa dari perusahaan. Jadi disini strategi pemasaran juga harus diuraikan secara terperinci.

5. Penjabaran perencanaan keuangan

Sebuah perusahaan dapat berjalan lancar apabila penjabaran perencanaan keuangan bisa dilakukan dengan baik. Perencanaan keuangan juga digunakan untuk menarik para pembaca khususnya investor yang akan melakukan kerjasama dengan perusahaan. Karena itu, perencanaan keuangan harus memuat isi laporan keuangan, laporan posisi keuangan, laporan arus kas dan beberapa informasi terkait dengan laporan keuangan lainnya.

6. Anggaran perusahaan

Tentunya setiap perusahaan punya anggaran. Karena anggaran disini sangat penting sebab mencakup biaya kepegawaian, biaya produksi, biaya pemasaran dan lain-lain. Anggaran harus dibuat dengan selengkap mungkin untuk dijadikan pertimbangan dalam pembuatan keputusan nanti.

Rencana bisnis sebenarnya tidak bertujuan menjadi dokumen yang sifatnya statis. Karena perusahaan sudah pasti akan mengalami yang namanya tumbuh dan berkembang. Hal ini tentu akan berpengaruh juga pada rencana bisnis yang akan dibuat. Karena itu, meski telah ada rencana bisnis di awal pertama kali bisnis dijalankan, jangan lupa untuk selalu melakukan pembaruan.

31 July 2020
Stage of startup merupakan sebuah tahapan pendanaan yang ada pada startup. Jadi, untuk seorang founder, ada beberapa tahapan yang seharusnya dipahami supaya para besutan tau harus mendapatkan pendana
31 July 2020
Serverless computing jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya komputasi tanpa server. Jadi serverless computing ini adalah teknologi yang tengah ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Sebenarn
30 July 2020
Sebuah bisnis bisa dijalankan dengan baik jika sudah ada rencana bisnis yang matang. Jadi, rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan. Di Da

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG