Sebagaimana diketahui bahwa tidak lama lagi masyarakat muslim di seluruh tanah air akan menyambut kedatangan bulan suci ramadhan. Tentunya bulan itu akan menjadi suatu hal yang spesial, sebab umat muslim dapat meningkatkan kualitas ibadahnya.

Namun seperti ramadhan di tahun ini akan dilalui dengan keadaan yang sedikit berbeda, mengingat saat ini pandemi corona belum usai. Terkait dengan hal itu, maka Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memberikan panduan seputar pelaksanaan ibadah puasa di tengah pandemi corona. Berikut informasi selengkapnya.

Panduan Pelaksanaan Ibadah Puasa di Tengah Pandemi Corona

Panduan Puasa, Tarawih, Hingga Berbuka di Saat Pandemi Corona dari MUI

MUI sejatinya merupakan salah satu organisasi islam terbesar yang ada di Indonesia. Terkait dengan fungsi di tanah air, MUI sendiri telah memberikan panduan bagi masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa selama masa pandemi corona. Berikut ini beberapa hal yang dianjurkan oleh MUI dalam panduan tersebut.

1. Pelaksanaan Ibadah Puasa

Pertama, bagi setiap umat muslim di Indonesia diharapkan untuk tetap melaksanakan ibadah puasa selama pandemi corona sesuai dengan ketentuan hukum fiqihnya.

2. Pelaksanaan Shalat Tarawih

Pada dasarnya shalat tarawih menjadi salah satu ciri khas bulan ramadhan. Sebab ibadah ini hanya dapat dilakukan di bulan ramadhan saja. Terkait pelaksanaannya selama pandemi corona, maka MUI memberikan anjuran agar shalat tarawih dilakukan di rumah. Bisa secara individu, maupun berjamaah dengan anggota keluarga.

3. Pelaksanaan Tadarus Al-Qur’an

Diantara kegiatan ibadah yang umum dilakukan di bulan suci ramadhan adalah tadarus al-qur’an. Biasanya tadarus al-qur’an akan dilakukan setelah shalat tarawih secara bersama-sama di masjid. Namun mengingat adanya pandemi corona, maka dianjurkan agar tadarus al-qur’an dilaksanakan di rumah.

4. Pelaksanaan Buka Bersama

Buka bersama tentunya menjadi aktivitas yang rutin dilakukan di berbagai kalangan ketika menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Namun untuk tahun ini, pelaksanaan buka bersama sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Sebab ada kekhawatiran terjadinya penyebaran virus corona yang sampai hari ini masih dalam tahap penanganan.

5. Pelaksanaan Sahur Bersama

Tidak hanya kegiatan berbuka puasa, sahur pun tidak jarang dilakukan secara bersama-sama. Bahkan ada pula yang melakukannya dengan metode sahur on the road. Tentunya hal ini menjadi suatu kegiatan yang baik, sebab dapat berbagi satu sama lain. Namun mengingat saat ini kita masih menghadapi pandemi corona, maka dianjurkan agar sahur on the road ditiadakan terlebih dahulu. Tujuannya sudah pasti untuk meminimalisir penyebaran covid-19.

Selain kelima kegiatan ibadah tadi, MUI juga memberikan anjuran pelaksanaan ibadah lainnya selala bulan ramadhan, seperti pemungutan dan penyaluran zakat. Tentunya anjuran yang diberikan oleh MUI ini semata-mata untuk menjaga keamanan dan keselamatan umat muslim di Indonesia dari penyebaran covid-19 ini.

28 April 2021
Alat secanggih an sebagus apapun tentu ada kalanya mengalami error dan kemudian perlu diperbaiki dengan segera. Hal ini sepertinya juga berlaku untuk meteran listrik prabayar yang sifatnya sudah digi
28 April 2021
Pernah atau sering menerima SMS dari nomor tidak dikenal dan menyampaikan informasi atau berita yang tampak ganjil? Maka perlu WASPADA, sebab bisa jadi SMS yang dikirim secara random dari nomor-nomor
27 April 2021
Pelanggan PLN tentu masih banyak yang menggunakan listrik pascabayar, bahkan pelanggan baru pun lebih menghendakinya dibanding listrik prabayar. Sebab tidak perlu repot mengisi pulsa listrik secar

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG