Pandemi Covid-19 merupakan salah satu musibah yang cukup berarti bagi umat manusia. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di sejumlah negara lainnya yang ada di dunia saat ini. Bahkan di beberapa negara, kehidupan masyarakatnya harus dijalani dengan berbagai batasan. Ingin tahu lebih banyak tentang dampak dari pandemi ini bagi kehidupan manusia? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengulik Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Kehidupan Umat Manusia

5 Dampak Pandemi Corona yang Dirasakan Oleh Masyarakat Indonesia

Sebagaimana banyak dimuat di berbagai media massa, pandemi corona memang masih menjadi fokus perhatian pemerintah Indonesia, bahkan dunia. Bagi masyarakat Indonesia sendiri adanya pandemi covid-19 ini telah memberikan sejumlah dampak yang begitu meresahkan. Apa saja dampaknya? Berikut 5 diantara dampak pandemi corona yang dirasakan oleh masyarakat.

1. Menurunnya Pendapatan

Dampak pertama yang begitu banyak dirasakan adalah menurunnya pendapatan. Adanya pandemi covid-19 ini membuat berbagai aktivitas masyarakat menjadi terhambat, terutama dalam mencari penghidupan. Banyak diantara masyarakat yang mengalami PHK, pedagang yang sepi pembeli, bahkan ojol pun yang mengalami sepi penumpang. Tentunya hal semacam ini membuat pendapatan mereka menjadi menurun.

2. Aktivitas Sekolah yang Dialihkan di Rumah

Dampak berikutnya yang dirasakan oleh masyarakat adalah aktivitas sekolah yang dialihkan ke rumah oleh pemerintah. Kebijakan ini diambil sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus. Namun tentu saja hal itu mempengaruhi minat belajar peserta didik, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dan guru dalam memotivasi belajar siswanya.

3. Pembatasan Pelaksanaan Ibadah

Dampak ketiga dari pandemi corona ini adalah adanya pembatasan dalam hal pelaksanaan ibadah. Dampak semakin terasa ketika memasuki bulan Ramadhan. Contohnya, umat islam yang seyogyanya melaksanakan ibadah tarawih di masjid, kini dihimbau agar melaksanakannya di rumah. Tentunya hal ini memberikan rasa sedih tersendiri bagi umat muslim, namun tetap harus mematuhinya agar terhindar dari penularan virus.

4. Peningkatan Tagihan Listrik

Mengingat saat ini aktivitas masyarakat cenderung banyak dilakukan di rumah, maka sudah pasti hal itu membuat konsumsi listrik menjadi meningkat. Konsumsi yang meningkat itu berimbas pada tagihan listrik yang ikut melonjak. Tentunya hal ini memberikan dampak bagi masyarakat, terlebih ditengah kondisi perekonomian yang tidak stabil saat ini.

5. Tidak Bisa Pulang Ke Kampung Halaman

Barangkali dampak ini dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar yang telah terpapar virus corona dan berstatus zona merah. Mereka tidak bisa pulang ke kampung halaman, dikarenakan adanya larangan resmi dari pemerintah. Alhasil mereka pun tidak dapat bertemu dengan sanak keluarga yang ada di rumah secara langsung.

Paling tidak itulah tadi beberapa dampak dari pandemi virus corona yang dirasakan oleh masyarakat. Tentunya kita semua harus bersabar dan tawakal dalam menghadapi pandemi ini. Semoga segala upaya yang telah dilakukan dapat membuahkan hasil yang baik di kemudian hari.

31 July 2020
Stage of startup merupakan sebuah tahapan pendanaan yang ada pada startup. Jadi, untuk seorang founder, ada beberapa tahapan yang seharusnya dipahami supaya para besutan tau harus mendapatkan pendana
31 July 2020
Serverless computing jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya komputasi tanpa server. Jadi serverless computing ini adalah teknologi yang tengah ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Sebenarn
30 July 2020
Sebuah bisnis bisa dijalankan dengan baik jika sudah ada rencana bisnis yang matang. Jadi, rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan. Di Da

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG