Pernahkah Anda mendengar tentang Hukum Metcalfe? Apabila sudah cukup lama berkecimpung di bisnis online dijamin sudah kenal betul dengan hukum satu ini.

Namun tidak keliru pula jika merasa sangat tidak familiar dengan Hukum Metcalfe tersebut. Sebab meskipun sudah dicetuskan sejak tahun 1990-an, namun tidak terlalu banyak yang membahasnya.

Mengenal Hukum Metcalfe Secara Mendalam

Definisi Hukum Metcalfe

Supaya lebih akrab dan menyikapi Hukum Metcalfe dengan bijak, maka kenali istilah ini secara detail. Pertama dari aspek definisi, Hukum Metcalfe memiliki definisi sebagai kondisi dimana nilai produk atau layanan meningkat dan terjadi karena jumlah penggunanya juga meningkat.

Sehingga ketika pengguna suatu produk atau jasa terus bertambah dan semakin besar, otomatis nilai produk atau jasa sebuah perusahaan akan ikut naik. Nilai ini bisa diartikan sebagai reputasi dan nama besar brand dari produk dan jasa tersebut. Sehingga bisa menguntungkan perusahaan yang memproduksi maupun mendistribusikannya.

Umumnya Hukum Metcalfe efeknya sangat terasa untuk bisnis online, karena memang proses menjaring pengguna sangat masif. Ada banyak perusahaan online yang sukses karena menerapkan Hukum Metcalfe tersebut. Adapun contoh-contohnya adalah:

1. Google

Google saat ini menjadi raja di kelas mesin pencari, sekalipun pesaingnya banyak dan tidak kalah bagus. Namun sepertinya pengguna internet lebih nyaman untuk memakai Google. Mengapa bisa demikian? Sebab Google memiliki skema seperti Hukum Metcalfe, dimana jumlah penggunanya terus bertambah dan nilainya pun menjadi sangat tinggi.

Awalnya pengguna Google cukup terbatas, yang kemudian pihaknya melakukan proses branding. Sehingga sukses menggiring jutaan pengguna internet di dunia untuk memakai jasanya. Semakin banyak yang memakai Google maka database yang dimiliki semakin besar dan kompleks.

Data ini bisa digunakan untuk menunjang perkembangan dan perbaikan Google di masa mendatang. Hal ini pula yang menjadi rahasia mengapa Google menjadi lebih pintar, lebih cerdas, lebih lengkap, dan lebih yang lainnya dalam menghasilkan pencarian pengguna internet.

2. Facebook

Hal serupa juga terjadi di Facebook yang ketika pertama kali diperkenalkan ke publik penggunanya hanya segelintir orang. Namun setelah tujuh tahun, pengguna diketahui mencapai 1.2 miliar pada tahun 2018 lalu. Jumlah ini terus merangkak naik sampai sekarang, dan menjadikannya sebagai salah satu media sosial tersukses di dunia.

Jumlah pengguna Facebook yang semakin banyak menyediakan database yang semakin besar. Inilah yang menjadikan fitur di Facebook semakin beragam dan menggaet lebih banyak orang untuk membuat akun di dalamnya. Tidak heran jika media sosial besutan Mark Zuckerberg ini mampu mengalahkan media sosial populer lainnya.

Kegiatan branding yang tepat membantu mendapatkan efek Hukum Metcalfe tersebut, sehingga bisa menguasai pangsa pasar dalam skala yang lebih besar dari kompetitor. Ada baiknya untuk menggunakan jasa pihak ketiga dalam menyediakan tenaga IT yang cerdas dan berpengalaman dalam menunjang kegiatan branding tadi.

31 July 2020
Stage of startup merupakan sebuah tahapan pendanaan yang ada pada startup. Jadi, untuk seorang founder, ada beberapa tahapan yang seharusnya dipahami supaya para besutan tau harus mendapatkan pendana
31 July 2020
Serverless computing jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya komputasi tanpa server. Jadi serverless computing ini adalah teknologi yang tengah ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Sebenarn
30 July 2020
Sebuah bisnis bisa dijalankan dengan baik jika sudah ada rencana bisnis yang matang. Jadi, rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan. Di Da

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG