Beberapa dari Anda kemungkinan sudah paham mengenai apa itu big data. Apabila masih terasa asing maka tidak ada salahnya mengenal istilah tersebut secara lebih dalam. Sebab diketahui yang namanya big data ini memiliki pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Jadi, silahkan menyimak penjelasan berikut untuk mengenalnya lebih detail.

Mengenal Big Data dan Penggunaannya di Lingkup Bisnis

Apa yang Dimaksud dengan Big Data?

Secara umum istilah big data bisa didefinisikan sebagai sekumpulan dari data yang sifatnya bisa terstruktur dan bisa pula tidak terstruktur. Jumlah data yang dimaksudkan disini adalah data skala besar. Baik dilihat dari jumlah, jenis, dan juga kecepatan dari data tersebut untuk terkumpul.

Setiap perusahaan khususnya yang sudah berbasis online dijamin setiap harinya akan menghasilkan data. Perlahan data ini akan menjadi data raksasa yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk menentukan kebijakan berikutnya. Bisa terkait pengembangan produk, pembuatan produk baru, teknik pemasaran, dan lain sebagainya.

Big data sendiri memiliki sifat hukum 3V, yakni variety, volume, dan juga velocity yang satu sama lain saling berhubungan dan mempengaruhi. Selain itu big data di masa sekarang juga memiliki sifat value atau nilai dan veracity atau kejujuran. Sebuah data memiliki nilai tersendiri dan seberapa bermanfaat tergantung pada kejujuran informasi dari data tersebut.

Penggunaan Big Data dalam Bisnis

Memiliki big data bisa memberi keuntungan dalam mengelola sebuah bisnis, adapun penggunaannya sendiri adalah untuk beberapa hal berikut ini:

1. Membantu Mengelola Konsumen

Data dalam skala besar yang dimiliki akan berisi data penting dari pihak konsumen. Sehingga big data bisa digunakan untuk menentukan kebijakan dalam melayani konsumen secara maksimal. Diharapkan upaya dari pemanfaatan big data bisa menyediakan apa yang memang dibutuhkan oleh konsumen.

2. Efisiensi dalam Kegiatan Operasional

Big data perlu diakui akan sangat mempengaruhi kegiatan operasional sebuah bisnis atau perusahaan. Penggunaannya bisa untuk memaksimalkan kualitas layanan dan produk dengan tepat.

Yakni bermodalkan informasi mengenai karakteristik target pasar dalam mencari kebutuhannya. Sehingga kegiatan operasional menjadi lebih efisien dan memberi hasil yang memuaskan.

3. Meningkatkan Performa Layanan Online

Big data lebih mudah didapatkan secara online dibandingkan dengan cara tradisional, yakni secara manual. Ketika data diperoleh dari kegiatan online yang dilakukan konsumen maka bisa menjadi ide untuk menyediakan layanan online terbaik.

Misalnya digunakan untuk memaksimalkan fitur di aplikasi maupun menyempurnakan layanan di website perusahaan. Sehingga bisa memberikan pengalaman online lebih menarik kepada konsumen saat berbelanja produk atau jasa yang disediakan.

Data yang jumlahnya sangat besar dan kompleks di era digital disebut sebagai salah satu aset penting. Sebab bisa membantu mendapatkan data konsumen yang bisa dihubungi untuk ditawarkan produk atau jasa yang disediakan. Bisa pula digunakan untuk menentukan kebijakan lain yang menguntungkan perusahaan.

31 July 2020
Stage of startup merupakan sebuah tahapan pendanaan yang ada pada startup. Jadi, untuk seorang founder, ada beberapa tahapan yang seharusnya dipahami supaya para besutan tau harus mendapatkan pendana
31 July 2020
Serverless computing jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya komputasi tanpa server. Jadi serverless computing ini adalah teknologi yang tengah ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Sebenarn
30 July 2020
Sebuah bisnis bisa dijalankan dengan baik jika sudah ada rencana bisnis yang matang. Jadi, rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan. Di Da

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG