Sudahkah Anda memiliki atau ada niatan untuk mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)? Pastikan sudah mulai mengurusnya, sebab NPWP sendiri menjadi satu diantara sekian dokumen penting yang perlu dan bahkan wajib untuk dimiliki.

Sayangnya masih banyak orang yang belum menaruh perhatian dan mengaku lebih nyaman tanpa memilikinya. Lalu, sebenarnya apa itu NPWP dan juga manfaat dari kepemilikannya sehingga termasuk dokumen penting?

Mengenal Apa Itu NPWP dan Fungsinya dalam Keseharian

Apa Itu NPWP?

NPWP dilansir dari Direktorat Jenderal Pajak memiliki definisi sebagai nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana untuk melengkapi administrasi perpajakan yang kemudian digunakan sebagai identitas diri dari Wajib Pajak tersebut. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setiap satu Wajib Pajak hanya memiliki 1 NPWP.

NPWP ini sendiri terdiri dari 15 digit angka, dimana 9 digit pertama menunjukan kode Wajib Pajak sedangkan 6 digit berikutnya menunjukan kode administrasi.

Kepemilikannya kemudian menjadi sangat penting, karena secara umum fungsi atau kegunaannya sendiri sangat beragam. Hanya saja sampai sekarang masih banyak masyarakat yang bingung dan tidak memiliki NPWP.

Pihak-Pihak yang Memerlukan NPWP

NPWP kemudian wajib dimiliki oleh sejumlah pihak, jika Anda termasuk ke dalam salah satunya. Maka penting untuk segera mengurus pembuatan NPWP yang mudah dan gratis sekaligus sudah bisa dilakukan secara online. Adapun pihak-pihak yang memerlukan NPWP ini antara lain:

  • Perorangan atau pribadi, yang kemudian memilih untuk mengurus pembuatan atau kepemilikan NPWP Pribadi.
  • Wanita menikah, yakni para wanita yang sudah setuju untuk memisahkan penghasilan dan harta dengan suami.
  • Badan atau perusahaan yang berorientasi pada profit, yang memiliki beberapa kewajiban seperti pembayaran, pemotongan, dan pemungutan pajak.
  • Badan atau perusahaan yang tidak berorientasi pada profit, yang kemudian diwajibkan dalam hal pemotongan dan pemungutan pajak.
  • Bendahara, yakni dalam hal pemotongan dan pemungutan pajak.

Manfaat atau Fungsi dari NPWP

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dan fungsi dari kepemilikan NPWP tersebut? NPWP diketahui sebagai salah satu persyaratan administrasi untuk banyak urusan dan keperluan. Seperti:

1. Pengajuan Kredit di Perbankan

Saat mengajukan kredit baik di leasing maupun perbankan dijamin ada syarat untuk melampirkan fotokopi NPWP. Sehingga fungsi dan manfaat pertama dari kepemilikannya adalah mampu melengkapi persyaratan administrasi saat mengurus pendanaan atau pembiayaan.

2. Membuat SIUP

Jika mendirikan usaha sendiri maka wajib mengurus pembuatan SIUP, dan salah satu syarat administrasinya adalah fotokopi NPWP. Jadi, jika ingin atau punya rencana membangun usaha sendiri. Silahkan segera membuat NPWP.

3. Melamar Pekerjaan

NPWP juga menjadi salah satu dokumen administrasi dalam mengajukan lamaran pekerjaan. Terdapat sejumlah perusahaan di Indonesia yang mewajibkan calon karyawannya untuk memiliki NPWP.

Baca Juga:

Pentingnya Memiliki Sebuah NPWP

Sehingga pihak Direktorat Jenderal Pajak memberi peraturan yang membantu para pencari kerja dan lulusan baru untuk bisa mendapatkan NPWP Pribadi.

17 April 2021
Anda mungkin sudah mengenal dengan baik istilah marketplace. Di Indonesia, ada banyak sekali industri marketplace yang tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Adanya marketplace tentu membuat k
17 April 2021
Sudahkah Anda memiliki atau ada niatan untuk mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)? Pastikan sudah mulai mengurusnya, sebab NPWP sendiri menjadi satu diantara sekian dokumen penting yang perlu dan
28 February 2021
Bisnis jualan pulsa memang menarik, dari dulu sampai sekarang daya tariknya tidak pernah surut. Sebab bisnis ini punya pangsa pasar luas sekaligus jelas yang membuatnya mudah dipasarkan. Pelakunya

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG