Alat secanggih an sebagus apapun tentu ada kalanya mengalami error dan kemudian perlu diperbaiki dengan segera. Hal ini sepertinya juga berlaku untuk meteran listrik prabayar yang sifatnya sudah digital.

Meskipun sudah canggih, rupanya meteran ini punya beberapa kelemahan yang berujung pada komplain pelanggan. Salah satu kelemahan tersebut adalah munculnya kata “Periksa” pada meteran.

Baca Juga:

Cara Mengisi Token Listrik ke Meteran
Mengatasi Tulisan Periksa di Meteran Prabayar

Penyebab Tulisan Periksa di Meteran Listrik Prabayar

Idealnya, meteran listrik prabayar dalam kondisi normal akan menunjukan siswa kWh. Namun karena beberapa hal maka keterangan di dalamnya menjadi “Periksa” yang praktis membuat meteran tidak bisa diisi dengan token listrik. Kira-kira apa penyebabnya? Kondisi ini ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Instalasi yang Buruk

Penyebab pertama dari munculnya kata “Periksa” adalah instalasi yang buruk. Sehingga sistem pada meteran memberi peringatan untuk melakukan pemeriksaan. Instalasi disini adalah instalasi kabel yang kurang bagus, sehingga antara arus yang masuk dengan yang keluar berbeda.

2. Tombol Temper Terbuka

Kemungkinan kedua adalah karena tombol temper terbuka, dan disebabkan oleh proses pembukaan box listrik yang tidak sesuai standar. Sehingga merusak bagian tertentu, salah satunya tombol temper sehingga meteran menunjukan tanda error.

3. Arus Listrik Bocor

Penyebab berikutnya adalah adanya arus listrik yang bocor, yakni karena adanya kabel perangkat elektronik yang terbuka atau rusak. Hal ini akan terdeteksi oleh meteran listrik prabayar dan memunculkan kata “Periksa”.

4. Meteran Rusak

Kemungkinan terakhir adalah karena meteran rusak, atau error sehingga selalu memunculkan kata “Periksa”. Namun kemungkinan ini jarang terjadi karena meteran listrik prabayar memiliki daya tahan yang terbilang bagus. Meskipun begitu tetap perlu diperiksa, tentunya oleh petugas PLN.

Cara Mengatasi Tulisan Periksa Pada Meteran Listrik

Apabila tulisan “Periksa” ditemukan di meteran listrik prabayar, maka ada beberapa solusi juga yang bisa dilakukan. yaitu:

1. Mengecek Box Listrik

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek box listrik, untuk memeriksa apakah ada yang keliru atau rusak. Namun jika tidak paham atau tidak bisa maka bisa menunggu petugas PLN untuk memeriksanya.

2. Mengecek Kabel Peralatan Listrik

Berhubung salah satu penyebab munculnya kata “Periksa” adalah adanya arus listrik yang bocor, dan bisa karena peralatan elektronik kabelnya putus atau terbuka. Maka perlu mencabut dulu semua peralatan listrik. Jika kata “Periksa” sudah hilang, maka cek satu per satu kabel peralatan listrik tersebut.

3. Menghubungi Call Center PLN

Solusi berikutnya adalah menghubungi call center PLN di nomor 123 yang ditambah kode area. Nantinya akan dipandu oleh call center untuk mengatasi kendala tersebut.

Baca Juga:

Cara Membeli dan Mengisi Token Listrik

Lewat cara-cara di atas, maka Anda bisa mendapatkan solusi untuk mengatasi kata “Periksa” yang muncul di meteran listrik prabayar. Sehingga bisa segera melakukan pengisian token seperti biasanya.

7 July 2021
Resiko usaha konter pulsa dalam Menjalankan Bisnis Pulsa. Saat ini, semakin banyak orang melirik untuk menjalankan bisnis pulsa karena mereka melihat potensi keuntungan yang menggiurkan, tidak memerl
7 July 2021
Banyak orang yang penasaran dengan bagaimana cara untuk membuat server pulsa dan bagaimana mekanismenya. Untuk pembuatan server pulsa anda bisa menggunakan jasa pembuatan server pulsa yang saat ini s
28 April 2021
Alat secanggih an sebagus apapun tentu ada kalanya mengalami error dan kemudian perlu diperbaiki dengan segera. Hal ini sepertinya juga berlaku untuk meteran listrik prabayar yang sifatnya sudah digi

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG