Anda mungkin sudah mengenal dengan baik istilah marketplace. Di Indonesia, ada banyak sekali industri marketplace yang tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat.

Adanya marketplace tentu membuat konsumen jadi lebih mudah dalammelakukan pembelian dengan hanya menggunakan ponsel pintar saja.

Baca Juga:

Strategi Marketing Marketplace yang Efektif
Marketplace dan Perbedaan dengan E-Commerce

Apa Itu Marketplace?

Jika Anda pernah mendengar istilah ini, tentu saja Anda sudah tahu jika marketplace adalah aplikasi atau website yang dibuat dengan tujuan memberikan fasilitas jual beli secara online antara pemebli dan penjual dalam astu tempat.

Konsep marketplace hampir mirip dengan yang ada di pasar tradisional dimana nanti pemilik marketplace menyediakan tempat serta sistemnya.

Jika Anda sebagai penjual, tentu saja Anda harus mentaati aturan yang dibuat marketplace tempat Anda menjual barang. Tentu saja supaya Anda tidak membuat marketplace, pembeli dan penjuallain menderita kerugian.

Dengan adanya peraturan dalam sebuah marketplace, tentu pembeli akan nyaman dan aman pada saat melakukan transaksi. Misalnya saja kebijakan dalam pengembalian barang, dimana barang yang diterima tidak sesuai.

Biasanya marketplace akan memberikan fasilitas refund biaya yang telah dikeluarkan oleh pembeli setelah pembeli tersebut melakukan pengembalian barang.

Tidak hanya marketplace saja yang saat ini digunakan untuk tempat jual beli secara online tapi ada juga e-commerce. Banyak orang menilai jika keduanya sama. Memang ada kemiripan tapi bukan berarti keduanya sama.

Supaya Anda tidak keliru dengan perbedaan marketplace dengan e-commerce, maka Anda perlu memahaminya melalui pembahasan di bawah ini.

Apa yang Membedakan Marketplace dan E-Commerce?

Jika Anda sudah mengetahui pengertian marketplace, maka tentu saja Anda juga harus tahu dulu pengertian e-commerce agar bisa membedakan keduanya. Jadi e-commerce hanya diisi oleh pemilik dari e-commerce itu sendiri.

Jadi dari sini sudah bisa dilihat perbedaannya jika marketplace punya banyak toko di dalamnya sedangkan e-commerce tidak.

Jika dibandingkan, maka keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jadi Anda bisa bebas memilih platform yang Anda sukai baik marketplace maupun e-commerce.

Anda bisa gunakan berbarengan dan pilih platform yang menawarkan barang dengan harga paling murah. Tapi, Anda juga harus perhatikan kualitas dari produk dan pelayanan yang diberikan.

Karena biasanya, jika toko tersebut berkualitas, mereka akan memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya agar tidak pergi ke toko yang lain atau bahkan berpindah ke e-commerce yang lain.

Contoh Marketplace di Indonesia

Saat ini ada banyak marketplace di Indonesia yang sudah mendapatkan pendanaan dari pihak investor. Bahkan, beberapa marketplace tersebut sudah berhasil meraih predikat unicorn. Berikut ini daftar marketplace yang populer di Indonesia:

  • TokopediaBukalapak
  • Lazada Indonesia
  • Shopee Indonesia
  • Blibli
  • JD.Id
  • Bhinneka

Baca Juga:

Kelebihan Agregator Pulsa Murah dari Marketplace

Dengan pembahasan di atas, pastinya Anda sudah tahu apa itu marketplace, perbedaannya dengan e-commerce serta contoh marketplace di indonesia. Anda bisa pilih platform yang Anda sukai supaya pengalaman berbelanja online Anda akan jauh lebih menyenangkan.

10 January 2022
Bisnis pulsa memang tidak selamanya dapat memberikan keuntungan besar. Jadi Anda sebagai pemilik bisnis di bidang ini harus memutar otak dan mencari strategi terbaik dalam memasarkan bisnis pulsa Anda
10 January 2022
Downline dan Upline, barangkali dua istilah ini masih terdengar asing bagi Anda yang tidak berada dalam bisnis pulsa. Namun ketika Anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis tersebut, maka sudah past
10 January 2022
Jika kalian yang masih pemula dalam melakukan bisnis pulsa maka akan awal dengan istilah H2H singkatan dari Host to Host. Sistem ini merupakan salah satu penyedia layanan untuk memberikan transaksi pu

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG