Lockdown pada dasarnya menjadi salah satu cara yang dipandang ampuh untuk membatasi penyebaran virus corona yang saat ini telah mewabah. Lockdown dilakukan dengan mencegah masyarakat untuk masuk dan keluar dari suatu kawasan. Hal ini dilakukan mengingat virus corona menjadi bahaya yang serius dan dapat mengancam siapa saja. Lantas bagaimana dengan pengaruh lockdown terhadap perekonomian di indonesia?

Lockdown dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian di Indonesia

5 Menit Mengulik Pengaruh Lockdown Terhadap Perekonomian Indonesia

Sejatinya perekonomian merupakan sistem kompleks yang dipengaruhi berbagai faktor. Perekonomian akan berjalan ketika ada aktivitas jual-beli yang dilakukan oleh masyarakat. Jika memperhatikan kondisi itu pada saat merebaknya corona, maka ada kecenderungan bahwa jual-beli yang dilakukan oleh masyarakat mengalami pasang surut. Mengapa demikian?

Hal itu dikarenakan orang-orang merasa khawatir untuk mengunjungi pasar, sebab potensi untuk terinfeksi corona memang lebih besar. Sehingga hal ini membuat arus jual-beli sedikit tersendat dan dampaknya juga berpengaruh pada perekonomian. Di sisi lain, upaya lockdown juga dapat menimbulkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah kepanikan masyarakat.

Sebagaimana banyak dimuat di beberapa media massa, bahwa setelah adanya isu lockdown di indonesia, maka hal itu membuat masyarakat menjadi panik. Banyak diantara mereka yang langsung melakukan belanja besar-besaran guna sebagai stok di rumah. Tentunya hal ini akan mempengaruhi ketersediaan stok barang. Terlebih jika barang-barang tersebut memiliki fungsi vital dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pendapat lain juga menjelaskan bahwa lockdown juga akan berpengaruh buruk bagi perekonomian menengah ke bawah. Misalnya mereka yang bekerja sebagai driver ojek online, tentunya akan kesulitan mendapatkan penumpang dengan adanya isu lockdown. Sementara kebutuhan hidup sehari-hari tetap harus terpenuhi. Selain itu, arus perdagangan usaha kecil pun ikut terganggu dengan sepinya minat orang-orang untuk membeli produk mereka.

Berdasarkan penjelasan tadi, maka dapat dipahami bahwa sedikit-banyaknya lockdown akan mempengaruhi perekonomian di indonesia. Namun tentu saja upaya lockdown yang akan diberlakukan pemerintah nantinya telah melalui pertimbangan yang matang. Sehingga hal itu tidak akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi bangsa ini, khusus pada sisi perekonomian.

Sejatinya saat ini indonesia memang belum memberlakukan lockdown. Sebab pemerintah mencoba untuk mengkaji berbagai hal, khususnya dampak dari lockdown tersebut. Selain itu, pemerintah juga mencoba memberlakukan kebijakan lain yang dirasa lebih efektif untuk mengatasi persoalan infeksi corona saat ini, seperti menghimbau untuk menjaga jarak antar sesama, mencuci tangan, menghindari kawasan kerumunan, serta berusaha untuk tetap di rumah saja.

Tentunya sebagai warga negara yang baik, mari kita semua mematuhi anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apa yang telah anjurkan itu, sejatinya juga demi keselamatan dan kesehatan kita semua. Disamping itu, jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Tuhan, agar permasalahan virus corona ini dapat segera ter-atasi. Sehingga kita semua dapat berkativitas seperti sedia kala.

24 September 2020
Psbb jilid 2 telah diberlakukan kembali secara ketat di jakarta, tepatnya dimulai pada tanggal 14 september 2020 kemarin. Hal ini disebabkan pasien covid-19 jumlahnya semakin meningkat sehingga guber
24 September 2020
Kenalilah tanda-tanda stres sedini mungkin, agar bisa segera diwaspadai sebab stres dapat menyerang siapa saja. Sering kali rasa stres yang dialami muncul dengan berbagai tanda-tanda biasa saja seper
23 September 2020
Bagi Anda yang aktif menggunakan laptop untuk berbagai keperluan dijamin sangat akrab dengan suara kipas laptop. Kadang kala suara yang dihasilkan bisa mengagetkan karena mendengung dan cukup kencang

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG