Secara harfiah lockdown merupakan usaha untuk membatasi kegiatan manusia dengan tujuan tertentu dan disebabkan situasi genting. Jika dikaitkan dengan keadaan sekarang, maka lockdown banyak diserukan sebagai cara terbaik untuk mengatasi penularan virus corona. Namun tentu saja ketika pembatasan itu ditetapkan, maka akan ada dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan diulas bagaimana dampak lockdown bagi pendidikan di tanah air jika memang benar-benar diberlakukan.

Lockdown dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Tanah Air

Prediksi Pengaruh Lockdown Terhadap Pendidikan Indonesia

Walau sejatinya indonesia belum memberlakukan lockdown secara resmi, namun di sejumah daerah telah mencoba menerapkannya. Beberapa kepala daerah mengambil keputusan untuk menutup sementara akses masuk dan keluar daerah mereka. Tujuannya sudah pasti untuk mengurangi dampak dari penyebaran Covid-19 yang pada hari ini telah mencapai 1000 lebih kasus di tanah air.

Pemerintah indonesia sendiri dalam menangani kasus Covid-19 ini memang belum menetapkan upaya lockdown. Namun upaya melakukan pembatasan sudah diberlakukan, seperti masyarakat diminta untuk tetap di rumah (bahkan bekerja dari rumah), menjauhi tempat keramaian, serta menjaga jarak satu sama lain. Tentunya hal ini menjadi bagian dari upaya untuk melakukan pembatasan namun tidak sepenuhnya seperti lockdown di sejumlah negara lainnya.

Apabila memperhatikan keadaan di lapangan maka kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah itu tentu telah memberikan pengaruh terhadap keseharian masyarakat. Bagi dunia pendidikan sendiri, adanya pembatasan membuat sistem belajar dialihkan menjadi belajar di rumah secara online.

Para peserta didik diminta untuk tetap belajar dengan bantuan bimbingan dari orang tua serta gurunya secara online. Sementara itu bagi mahasiswa di perguruan tinggi juga diharuskan untuk mengerjakan tugas secara terstruktur sebagai ganti dari aktivitas perkuliahan yang diliburkan sementara waktu.

Pengalihan kegiatan belajar ini tentunya akan memberikan dampak tersendiri bagi peserta didik. Pasalnya suasana belajar akan sedikit berbeda dan peserta didik diminta untuk cepat beradaptasi dengan suasana belajar di rumah dan menggunakan sistem belajar online.

Pengaruh lain dari kebijakan pembatasan itu adalah adanya pembatalan jadwal Ujian Nasional yang semula telah direncanakan. Pembatalan itu menyusul ketika virus corona merebak di indonesia dan adanya kekhawatiran peningkatan jumlah infeksi ketika UN tetap dilaksanakan. Sedikit banyak hal ini juga memberikan pengaruh, sebab para peserta didik dan majelis guru telah mempersiapkan UN sejak lama.

Terlepas dari pengaruh di atas, maka sebetulnya upaya pembatas yang coba dilakukan merupakan langkah yang telah diperhitungkan oleh pemerintah. Pemerintah sudah pasti memiliki rencana yang matang untuk mengatasi penyebaran virus corona di tanah air.

Selayaknya warga negara yang baik, maka sudah seharusnya kita semua mengikuti apa yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Sebab hal itu pun berkaitan dengan keselamatan kita dari infeksi corona yang telah terbukti dapat merenggut jiwa seseorang.

31 July 2020
Stage of startup merupakan sebuah tahapan pendanaan yang ada pada startup. Jadi, untuk seorang founder, ada beberapa tahapan yang seharusnya dipahami supaya para besutan tau harus mendapatkan pendana
31 July 2020
Serverless computing jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya komputasi tanpa server. Jadi serverless computing ini adalah teknologi yang tengah ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Sebenarn
30 July 2020
Sebuah bisnis bisa dijalankan dengan baik jika sudah ada rencana bisnis yang matang. Jadi, rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan. Di Da

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG