Sejak virus corona menyebar di tanah air, maka masker cukup sulit untuk ditemukan. Khususnya masker sekali pakai yang biasanya tersedia dalam jumlah banyak, kini agak sulit didapat. Bahkan di beberapa daerah harga masker justru mengalami kenaikan. Lantas jika demikian apa yang harus dilakukan agar tetap dapat melindungi diri dari penyebaran virus corona? Tenang, tidak usah panik. Anda dapat mengikuti beberapa langkah membuat masker sendiri berikut ini.

Langkah Mudah Membuat Masker Sendiri

5 Langkah Cerdas Membuat Masker Sendiri yang Mudah Dilakukan

Mengingat pentingnya penggunaan masker, sementara ketersediaannya cukup langka, maka kita dapat mencoba membuatnya sendiri. Sebagai bahan referensi Anda dapat mempelajari langkah-langkah membuat masker yang dapat dilakukan dengan mudah berikut ini.

1. Sediakan alat-alat dan bahannya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat-alat untuk membuat masker sendiri. Alat-alat tersebut berupa gunting, jarum jahit dan benang. Alat-alat dan bahan tersebut digunakan untuk membuat pola serta menjahit masker yang akan digunakan.

2. Pilih Kain yang lembut dan nyaman

Selanjutnya, langkah kedua adalah memilih kain yang sangat cocok untuk dijadikan masker penutup hidung dan mulut. Gunakanlah kain yang lembut dan nyaman di kulit agar kulit tidak menjadi iritasi. Janganlah menggunakan kain yang berbahan tebal dan kasar sebab itu akan terasa panas dan tidak nyaman jika dipakai.

3. Guntinglah kain seperti masker pada umumnya

Kemudian langkah ketiga yang harus dilakukan adalah menggunting-gunting kain yang telah dipilih untuk dijadikan bahan masker. Menggunting kain harus sesuai dengan pola masker yang digunakan pada umumnya. Jika perlu contohlah bentuk masker tersebut agar tidak salah dalam membuat pola.

4. Jahitlah kain menjadi masker

Setelah membuat pola yang sesuai dengan masker pada umumnya, maka selanjutnya adalah menjahitnya menjadi satu bagian yang utuh agar dapat digunakan. Jahitlah secara rapi dan menggunakan benang yang memiliki warna senada dengan kain agar terlihat menarik.

5. Cucilah terlebih dahulu sebelum digunakan

Langkah terakhir adalah mencuci terlebih dahulu masker kain ala sendiri sebelum digunakan agar bersih. Sebab ketika saat membuatnya tentulah terdapat kotoran-kotoran kecil dari tangan maupun alat-alat yang digunakan. Sehingga akan lebih baik jika kita cuci terlebih dahulu masker kain tersebut sebelum digunakan.

Itulah tadi lngkah-langkah mudah dalam membuat masker kain sendiri agar tidak panik jika di toko obat ataupun tok-toko lain selalu kehabisan stok. Ikutilah langkah-langkah tersebut dengan pasti maka masker kain ala rumahan bisa digunakan. Pastikan sesudah digunakan masker tersebut langsung di cuci kembali sebab masker kain hanya sekali pakai saja. Namun, masker kain ini memiliki keuntungan sebab jika telah digunakan bisa dicuci agar bersih dan setelah itu bisa digunakan kembali.

24 September 2020
Psbb jilid 2 telah diberlakukan kembali secara ketat di jakarta, tepatnya dimulai pada tanggal 14 september 2020 kemarin. Hal ini disebabkan pasien covid-19 jumlahnya semakin meningkat sehingga guber
24 September 2020
Kenalilah tanda-tanda stres sedini mungkin, agar bisa segera diwaspadai sebab stres dapat menyerang siapa saja. Sering kali rasa stres yang dialami muncul dengan berbagai tanda-tanda biasa saja seper
23 September 2020
Bagi Anda yang aktif menggunakan laptop untuk berbagai keperluan dijamin sangat akrab dengan suara kipas laptop. Kadang kala suara yang dihasilkan bisa mengagetkan karena mendengung dan cukup kencang

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG