Jakarta pada dasarnya memang menjadi kota metropolitan dan memiliki fungsi penting dalam sistem perekonomian di indonesia. Bahkan tidak sedikit para perantau yang berasal dari berbagai daerah datang ke Jakarta untuk mengadu nasib. Jakarta sendiri kini juga sedang berjuang dalam menghadapi penyebaran virus corona dan bahkan angka kasusnya merupakan yang terbesar saat ini.

Melihat tinggi kasus covid-19 di Jakarta, maka ada upaya untuk melakukan lockdown dengan tetap memberikan akses kepada sejumlah transportasi. Apa saja jenis transportasi yang masih aktif ketika Jakarta lockdown?

Jika Jakarta Lockdown, Maka Transportasi Umum Masih Beroperasi

Jakarta Lockdown; Transportasi Umum Tetap Jalan

Sebagaimana banyak diisukan bahwa Jakarta harus melakukan lockdown guna menekan kasus penyebaran virus corona yang ada saat ini. Namun penting untuk diketahui bahwa hal itu bukanlah keputusan yang mudah, mengingat akan ada banyak dampak yang ditimbulkan. Ketika lockdown diberlakukan maka segala bentuk aktivitas masyarakat terhenti, sehingga diprediksi akan ada gangguan dari sistem perekonomian di Jakarta.

Oleh karena dampak yang ditimbulkan sangat besar, maka pemerintah DKI Jakarta telah menyusun segala bentuk skenario dalam pelaksanaannya. Salah satu bentuk skenario yang direncanakan adalah dengan tetap mengoperasikan mode transportasi umum. Namun tentu saja pengoperasian transportasi umum tersebut tidak berjalan sebagaimana hari-hari biasanya, tetap ada upaya perlindungan masyarakat yang menggunakannya dari infeksi corona.

Jika melihat kebijakan lockdown di negara lain, maka memang ada sejumlah negara yang tetap menjalankan mode transportasi umum mereka. Pengoperasian transportasi umum tersebut diikuti dengan sejumlah aturan, seperti lansia dilarang untuk menggunakan transportasi umum mengingat risiko penularan lebih besar dan ada pula yang melakukan pembatasan jam operasional. Pada dasarnya pengoperasian transportasi tersebut diperuntukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat, namun tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatannya.

Barangkali rencana pengoperasian transportasi umum ketika lockdown oleh Jakarta mungkin akan mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh negara lain. Namun tentu saja keputusannya tetap berada di tangan pemerintah DKI Jakarta yang berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Hingga hari ini pemerintah DKI masih cenderung mengkaji upaya untuk melakukan karantina wilayah. Pasalnya kebijakan karantina wilayah memang terbilang lebih ringan dari lockdown. Namun pada kebijakan ini segala bentuk kebutuhan dasar masyarakat akan menjadi tanggungan pemerintah. Oleh sebab itu, upaya untuk melakukan pembatasan di kota Jakarta masih dalam bentuk kajian agar apa yang diberlakukan nantinya dapat berjalan dengan efektif.

Itulah tadi informasi seputar jenis transportasi yang masih beroperasi ketika Jakarta lockdown. Tentunya sebagai bentuk upaya pencegahan, marilah kita semua mematuhi segala bentuk himbauan yang telah diberikan pemerintahan. Sebab himbauan tersebut tidak hanya menyangkut keselamatan diri, namun juga keselamatan orang lain yang ada di sekitar kita. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat untuk semuanya.

24 September 2020
Psbb jilid 2 telah diberlakukan kembali secara ketat di jakarta, tepatnya dimulai pada tanggal 14 september 2020 kemarin. Hal ini disebabkan pasien covid-19 jumlahnya semakin meningkat sehingga guber
24 September 2020
Kenalilah tanda-tanda stres sedini mungkin, agar bisa segera diwaspadai sebab stres dapat menyerang siapa saja. Sering kali rasa stres yang dialami muncul dengan berbagai tanda-tanda biasa saja seper
23 September 2020
Bagi Anda yang aktif menggunakan laptop untuk berbagai keperluan dijamin sangat akrab dengan suara kipas laptop. Kadang kala suara yang dihasilkan bisa mengagetkan karena mendengung dan cukup kencang

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG