Beberapa waktu warganet sempat ramai membahas perbedaan antara mudik dan pulang kampung. Hal ini berkaitan dengan pernyataan Presiden Jokowi sebelumnya tentang larangan mudik, tetapi diperbolehkan untuk pulang kampung. Mengapa begitu?

Jangan Mudik, Mudik saat Pandemi Bisa Kena Sanksi

Ada hukuman untuk yang nekat mudik

Menurut Bapak Presiden, meskipun kegiatannya sama, namun kedua kata tersebut dapat bermakna berbeda karena momennya. Pulang kampung diartikan bahwa seseorang melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman karena memang keluarga intinya ada disana dan ia hanya ke kota untuk aktifitas kerja. Jangka waktunya bisa lama dan bahkan kemungkinan ia tidak lagi akan kembali ke kota. Sedangkan kata mudik diartikan sebagai aktivitas seseorang untuk pergi ke kampung halaman pada momen hari raya atau hari besar, untuk mengunjungi sanak saudara dan dalam jangka waktu yang cukup singkat sesuai dengan jadwal liburnya.

Di sisi lain, pulang kampung bisa dilakukan oleh perorangan atau dalam kelompok kecil. Sehingga nanti di daerah asal akan lebih mudah untuk dikondisikan bagaimana pemeriksaan kesehatan dan pelaksanaan karantina mandiri. Kalau mudik, biasanya terjadi berbondong-bondong di waktu yang sama. inilah yang menjadi perhatian pemerintah sehingga mudik saat pandemi dilarang. Pasalnya, tidak semua daerah asal para pemudik memiliki kesiapan cukup untuk melakukan upaya pencegahan penularan covid-19 yang kemungkinan dibawa oleh mereka yang datang dari zona merah.

Dari beberapa poin di atas, maka pemerintah akhirnya menetapkan untuk melarang warga melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2020. Larangan ini diputuskan sebab rata-rata pemudik berasal dari zona merah atau zona PSBB dan sudah dimulai sejak 24 April yang lalu. Akses keluar masuk wilayah dijaga oleh petugas. Apabila ada kendaraan pribadi dan umum yang mengangkut penumpang dari luar daerah yang datang, pasti diminta untuk putar balik. Sedangkan angkutan logistik masih diperbolehkan melintas.

Pelarangan ini kemudian diikuti dengan pemberian sanksi bagi mereka yang melanggar. Pada tahap pertama dikeluarkannya kebijakan, mulai 24 April hingga 7 Mei, pemudik tidak diberikan sanksi, melainkan diminta putar balik oleh petugas. Kemudian, pemberian sanksi sesuai perundang-undangan yang berlaku, bisa denda sebesar Rp 100juta atau bahkan kurungan penjara, diberlakukan pada periode berikutnya, 7 – 31 Mei.

Tidak hanya bagi warga umum, para ASN juga mendapatkan peringatan yang sama. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri merilis surat edaran tentang larangan mudik beserta sanksinya, di antaranya:

  • Teguran lisan dan tertulis
  • Penundaan kenaikan gaji berkala satu tahun
  • Penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun
  • Penurunan pangkat setingkat lebih rendah
  • Penurunan jabatan setingkat lebih rendah
  • Pencopotan dari jabatan
  • Pemberhentian dengan hormat tidak atas kemauan sendiri
  • Pemberhentian secara tidak hormat

Mengikuti larangan mudik oleh pemerintah, aparat kepolisian dikerahkan untuk melakukan operasi hampir di seluruh titik yang kemungkinan menjadi pintasan bagi pemudik dari zona merah. Tidak hanya rute utama, bahkan jalan-jalan tikus pun disisir. Selain itu, petugas juga melaksanakan patroli cyber untuk mendapatkan informasi tentang iklan layanan angkutan pemudik.

7 July 2021
Resiko usaha konter pulsa dalam Menjalankan Bisnis Pulsa. Saat ini, semakin banyak orang melirik untuk menjalankan bisnis pulsa karena mereka melihat potensi keuntungan yang menggiurkan, tidak memerl
7 July 2021
Banyak orang yang penasaran dengan bagaimana cara untuk membuat server pulsa dan bagaimana mekanismenya. Untuk pembuatan server pulsa anda bisa menggunakan jasa pembuatan server pulsa yang saat ini s
28 April 2021
Alat secanggih an sebagus apapun tentu ada kalanya mengalami error dan kemudian perlu diperbaiki dengan segera. Hal ini sepertinya juga berlaku untuk meteran listrik prabayar yang sifatnya sudah digi

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG