Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini memang berbeda dari bulan di tahun-tahun yang telah lewat. Sebab selama menjalani ibadah puasa ini dibarengi pula dengan ikhtiar melawan pandemi COVID-19. Menjaga daya tahan tubuh menjadi PR penting yang harus diselesaikan, supaya tetap nyaman beribadah puasa sekaligus terhindar dari infeksi COVID-19 tersebut.

Inspirasi Menu Buka Puasa Sehat Selama Pandemi Corona

Menu Buka Puasa Sehat Selama Pandemi Corona

Salah satu upaya untuk tetap punya daya tahan tubuh yang prima meskipun tengah berpuasa, adalah dengan menjaga asupan sahur dan berbuka tetap sehat dan bergizi seimbang. Jika bingung menentukan menu buka puasa yang sehat dan tepat disantap di tengah pandemi, maka bisa mengintip beberapa inspirasi berikut ini:

1. Es Timun Serut

Waktu berbuka biasanya dimulai dengan menikmati minuman segar dan manis. Berhubung tengah berada di kondisi pandemi, maka kurangi asupan gula berlebih. Ganti dengan es sehat rendah gula, seperti membuat sendiri es timun serut. Yakni perpaduan antara timun yang diserut dan disatukan dengan perasan jeruk nipis yang menyegarkan.

2. Es Kelapa Muda

Opsi lain untuk minuman sehat saat berbuka puasa adalah es kelapa muda, paling sehat adalah membuat es ini sendiri di rumah. Sehingga bisa memakai gula aren ataupun gula merah yang lebih sehat dibanding gula pasir. Takarannya pun bisa dibuat lebih minimalis agar tidak terlalu manis yang berakibat pada lonjakan gula darah saat berbuka.

3. Tumis Kangkung dan Jamur

Sedangkan untuk menu utama berbuka puasa, pastikan mendapatkan asupan protein dan serat yang cukup. Pertimbangkan untuk membuat tumis kangkung yang dikombinasikan dengan jamur, yang dijamin memiliki rasa yang enak saat disantap dengan nasi hangat.

Kedua sayur ini bisa menjadi sumber serat, vitamin, dan mineral. Jamur ternyata juga menjadi jenis sayuran yang mengandung protein. Silahkan membuat menu ini dengan memperbanyak rempah seperti bawang merah, agar semakin sedap sekalipun tanpa penyedap masakan.

4. Tumis Kacang Panjang dengan Telur Puyuh

Sayuran lain yang juga mudah dibuat dan tidak butuh modal banyak agar bisa berhemat di tengah pandemi adalah tumis kacang panjang. Supaya ada asupan protein maka bisa menambahkan beberapa butir telur puyuh. Kombinasi keduanya akan memberikan lauk makan nasi yang super nikmat sekaligus sehat.

5. Capcay Isi Sayuran dan Cumi-Cumi

Olahan sayuran yang kaya gizi sekaligus mudah dan murah adalah capcay, yang bisa menggunakan beberapa jenis sayuran. Supaya bisa memberi asupan protein maka bisa menambahkan seafood, misalnya saja irisan cumi-cumi. Gunakan rempah lebih banyak agar semakin sedap dan lebih sehat untuk berbuka.

Jika selama ini berbuka dengan makanan dan minuman yang manis, maka bisa mencoba dibatasi dulu. Sehingga bisa mencegah lonjakan gula darah dan berpotensi menurunkan daya tahan tubuh.Jadi, utamakan menu-menu yang lebih rendah gula dan untuk makanan tinggi gula bisa diatur posisinya agar tidak berlebihan.

9 October 2020
Tanaman Aglaonema saat ini sedang naik daun, pasalnya trend menanam tanaman hias jenis ini sangat diminati oleh berbagai kalangan. Biasanya tanaman ini sering tumbuh liar di pekarangan bersama dengan
9 October 2020
Pulsa elektrik, tentu bukan suatu hal yang baru didengar bukan? Jenis pulsa ini sejatinya telah sangat akrab dalam kehidupan kita dan bahkan telah menjadi bagian dari kebutuhan. Kita membutuhkan puls
6 October 2020
Dewasa ini bisnis online bukan lagi menjadi suatu hal yang tabu, sebab telah cukup banyak masyarakat yang mengikutinya dan bahkan ada yang berhasil mencapai titik kesuksesan dari bisnis online itu. M

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG