Pandemi Covid-19 memang memberi perubahan signifikan bagi pola hidup masyarakat di seluruh dunia. Setiap negara memiliki kebijakan tersendiri untuk memutus rantai penyebaran virus mematikan ini.

Jika negara lain kebanyakan menggunakan kebijakan lockdown, di Indonesia diterapkan social distancing, physical distancing, dan terakhir adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Era New Normal Butuh Kedisiplinan Masyarakat

Menyambut New Normal di Tengah Corona

Baru-baru ini, yakni menjelang momen lebaran kemarin, pemerintah memiliki agenda untuk melonggarkan kebijakan PSBB. Masyarakat luas tentu menyambut pelonggaran ini dengan suka cita, khususnya masyarakat dengan penghasilan harian.

Meskipun PSBB nantinya dilonggarkan namun tidak serta merta membuat masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Tetap harus ada protokol Covid-19 yang wajib diperhatikan dan dijaga, sehingga meski sudah leluasa beraktivitas kemungkinan tertular maupun menularkan virus tersebut terbilang rendah.

Istilah yang digunakan untuk kebijakan ini adalah new normal, yang secara sederhana bisa didefinisikan sebagai kebijakan untuk menormalkan kegiatan masyarakat namun dengan beberapa batasan.

Batasan inilah yang membuat istilah “new” di depan kata “normal” dicantumkan, sebab meskipun sudah bisa kembali beraktivitas namun terdapat sejumlah pola hidup baru yang perlu diterapkan.

Seperti yang sudah disinggung sekilas tadi, misalnya selalu memakai masker saat keluar rumah yang sebelum pandemi tidak ada kewajiban dan himbauan untuk melakukannya.

Dibutuhkan Kedisiplinan Masyarakat

Menko Perekonomian yakni Airlangga Hartarto menjelaskan mengenai pentingnya kedisiplinan masyarakat dalam menyambut era new normal tersebut. Hartarto menghimbau masyarakat luas untuk ikut terlibat dan ikut andil bagian dalam mensukseskan program tersebut.

Sehingga masyarakat masih sangat memungkinkan untuk beraktivitas secara normal namun dengan beberapa aturan baru untuk menjaga keselamatan masyarakat itu sendiri.

Hartarto menjelaskan berbagai pola hidup baru yang wajib dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat di era new normal tersebut. Yakni memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu tubuh, dan menyediakan fasilitas kesehatan.

Hal ini sangat penting dilakukan masyarakat luas untuk menghindari lonjakan kasus dan angka kematian akibat Covid-19 pada gelombang kedua yang diprediksi akan dihadapi Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Menghadapi era new normal tersebut, Hartarto juga menyebutkan jika pegawai atau PNS di Kementerian Perekonomian akan kembali bekerja di kantor seperti dulu. Diperkirakan seluruh perkantoran dan pemerintahan akan kembali berjalan normal lagi, dengan adanya ketentuan-ketentuan era new normal yang sudah disebutkan tadi.

Mengingat sebentar lagi Indonesia akan menyongsong era new norma maka dihimbau kepada masyarakat luas untuk mempersiapkan diri menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang disosialisasikan.

sehingga mulai dari sekarang sudah bisa mempersiapkan segala hal, seperti masker, sabun cuci tangan, dan lain sebagainya. Namun tidak perlu memborong, karena persediaan berbagai kebutuhan selama pandemi akan tetap diatur dan diawasi oleh pemerintah agar stoknya selalu tersedia.

20 June 2020
Sejak pandemi virus corona tentunya Anda dan siapa saja semakin akrab dengan kegiatan rapat online. Rapat secara virtual ini sesuai dengan kebijakan WFH atau work from home yang menurunkan resiko ter
20 June 2020
Saat ini Indonesia tengah berada di fase peralihan dari kebijakan PSBB kepada fase new normal atau kenormalan baru. Kegiatan harian seperti masa dimana sebelum pandemi menyerang sudah bisa dilakukan
19 June 2020
Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat merupakan sebuah program yang baru-baru ini menarik perhatian masyarakat. Mulai dicetuskan sejak tahun 2016 melalui U U Nomor 2016 tentang Tabungan Perumahan Rak

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG