Dewasa ini dijamin nyaris semua orang mengenal kafein karena terkandung di dalam sejumlah minuman favorit sejuta umat. Seperti pada teh, kopi, maupun minuman bersoda. Kepopuleran kafein pada minuman dan makanan tertentu kemudian merangsang berbagai pihak untuk menelitinya lebih lanjut. Termasuk manfaat dan efek sampingnya pada kesehatan.

Efek Negatif Sekaligus Manfaat dari Kafein bagi Kesehatan

Apa Itu Kafein?

Kafein yang memiliki nama ilmiah trimethylxanthine ini merupakan kandungan senyawa stimulan alami di dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Dilihat dari cara kerjanya terhadap tubuh usai dikonsumsi memang memberi efek meningkatkan energi dan stamina. Sehingga tidak salah jika sering disetarakan dengan kokain, heroin, dan juga amfetamin.

Jika merujuk pada bentuk fisiknya, kafein terlihat seperti bubuk putih yang memiliki rasa pahit. Dalam dunia medis sendiri memiliki fungsi sebagai stimulan kerja jantung dan stimulan produksi urin, karena memiliki sifat diuretik.

Manfaat Kafein bagi Kesehatan

Kafein menurut hasil berbagai penelitian memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kafein yang pertama untuk kesehatan adalah membantu menurunkan berat badan. Sebab kafein memiliki efek alami menurunkan nafsu makan, sehingga asupan kalori berkurang dan berat badan akan turun. Hanya saja untuk diet sehat tentu kurang cocok, karena turunnya nafsu makan juga berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.

2. Meningkatkan Performa dalam Berolahraga

Hasil sejumlah penelitian juga menemukan bahwa kafein bisa meningkatkan energi tubuh. Sehingga konsumsinya bisa membantu meningkatkan performa dalam berolahraga. Tidak sedikit yang minum kopi atau teh sebelum berolahraga untuk mendapatkan kafeinnya, sehingga bisa berolahraga lebih lama untuk hasil maksimal.

3. Menjaga Performa Otak

Penelitian juga menunjukan bahwa konsumsi kafein memiliki kaitan erat dengan alzheimer dan parkinson. Sebab kafein memiliki kemampuan alami untuk mencegah kedua masalah kesehatan terkait kinerja otak tersebut. Pasalnya kafein memiliki kinerja alami untuk menjaga dan meningkatkan performa otak, sehingga menurunkan resiko pikun setelah memasuki usia lanjut.

4. Resiko Jika Asupan Kafein Berlebihan

Sekalipun kafein memberikan manfaat eksklusif bagi kesehatan, namun manfaat ini didapatkan ketika asupannya dalam jumlah yang wajar. Apabila sudah berlebihan maka akan memicu gangguan kesehatan, adapun resiko yang ditimbulkan antara lain:

  • Memiliki efek berbahaya untuk kesehatan janin karena bisa merangsang terjadinya resiko keguguran pada ibu hamil.
  • Kafein bisa menurunkan kesuburan pada wanita karena bisa mengurangi kinerja otot di tuba falopi, yakni salah satu bagian penting di dalam rahim.
  • Bisa memicu masalah gangguan tidur atau insomnia.
  • Meningkatkan emosi sehingga lebih mudah atau lebih sering marah.
    Bisa memicu gangguan maag di pencernaan.
  • Menyebabkan dehidrasi karena sifat diuretik yang dimiliki kafein.
    Memicu diare.

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah tepat akan membantu menjaga kesehatan tubuh, dengan sejumlah manfaatnya bagi kesehatan. Namun kadar asupannya perlu diatur sedemikian rupa karena ketika berlebihan justru memicu sejumlah efek buruk pada kesehatan. Maka bijaklah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein.

24 January 2021
Saat ini bisnis server pulsa banyak digeluti karena menyediakan produk pulsa terlengkap. Selain itu, untuk menjalankan bisnis ini modal yang harus dikeluarkan pun relatif kecil. Anda bisa mendapatkan
24 January 2021
Banyak orang menganggap bisnis pulsa sebagai bisnis yang mudah dan remeh karena tidak membutuhkan modal besar, tidak butuh skill khusus, dan bisa dijalankan oleh semua kalangan. Apalagi bisnis pulsa
23 January 2021
Dalam menjalankan bisnis pulsa, untung-rugi harus dijadikan pertimbangan. Bisnis agen pulsa menjadi salah satu bisnis yang digeluti saat ini untuk mereka yang ingin berbisnis dengan skala kecil. Bisn

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG