Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat merupakan sebuah program yang baru-baru ini menarik perhatian masyarakat. Mulai dicetuskan sejak tahun 2016 melalui U U Nomor 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat, Presiden Joko Widodo kemudian menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) nomor 25 Tahun 2020 mengenai program tersebut.

Dalam aturan ini, disebutkan tentang proses pengelolaan dana Tapera yang meliputi agenda pengerahan, pemupukan dan pemanfaatan untuk pembiayaan perumahan bagi pesertanya.

Dapat Apa dari Tapera Kalau Sudah Punya Rumah

Manfaat Tapera bagi yang sudah punya rumah

Seperti namanya, Tabungan Perumahan Rakyat, maka jenis penyimpanan dana ini dimaksudkan untuk dipakai oleh peserta, dalam hal ini rakyat, agar bisa membeli sebuah rumah, membangun atau memperbaiki rumah.

tipe tempat tinggal yang bisa didanai yaitu rumah tunggal, rumah susun dan rumah deret. Sedangkan rincian pembiayaan dan besarnya nilai pendanaan lebih lanjut sudah bisa dilihat dalam peraturan Badan Pengelola (BP) Tapera.

Kalau Tapera digunakan untuk pembiayaan perumahan, bagaimana jika peserta ternyata sudah memiliki rumah? program ini diperuntukan bagi mereka yang termasuk dalam kriteria masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR, atau berpenghasilan paling banyak RP8 juta dan belum punya rumah.

sementara mereka yang digolongkan sebagai peserta non-MBR, dana yang dimasukkan dalam tabungan akan diakumulasi hingga masa akhir kepesertaan.

Apabila peserta telah memiliki rumah, maka manfaat yang bisa diperoleh dari Tapera yaitu:

1. Renovasi rumah

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto, memberikan penjelasan bahwa Tapera akan membantu biaya renovasi rumah senilai hingga Rp 15 juta. Biaya ini hanya bisa digunakan sekali pakai selama penerima masih menjadi peserta Tapera.

2. Bangun rumah di lahan milik sendiri

Jika peserta ternyata memiliki tanah kosong dan ingin membangun rumah, maka simpanan Tapera dapat digunakan. Dana ini diperoleh dari akumulasi penyimpanan 3% dari gaji atau upah dimana 0,5% nya ditanggung pemberi kerja, sedangkan 2,5% nya adalah dari karyawan.

Secara transparan dana tersebut dikelola dan diinvestasikan oleh Bp Tapera yang bekerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Bank Kustodian dan Manajer Investasi.

3. Diambil saat pensiun

Apabila selama jangka waktu kepesertaan, dana tidak digunakan atau peserta termasuk masyarakat berpenghasilan cukup, maka akan tetap terkumpul dalam tabungan dan bisa dicairkan saat sudah pensiun.

Tapera diyakini sebagai alternatif bagi masyarakat berpenghasilan rendah karena tidak semua tersentuh oleh pihak bank dalam hal layanan pembiayaan perumahan. Dengan asas gotong royong, diproyeksikan warga bisa memiliki tempat tinggal dengan skema KPR bunga rendah.

Peserta sendiri bisa melakukan pemantauan hasil dari pengelolaan simpanannya melalui berbagai jalur informasi yang sudah disediakan oleh BP Tapera dan KSEI.

Selanjutnya Tapera ditargetkan akan memperluas lingkup kepesertaan yang meliputi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan TNI/POLRI.

9 October 2020
Tanaman Aglaonema saat ini sedang naik daun, pasalnya trend menanam tanaman hias jenis ini sangat diminati oleh berbagai kalangan. Biasanya tanaman ini sering tumbuh liar di pekarangan bersama dengan
9 October 2020
Pulsa elektrik, tentu bukan suatu hal yang baru didengar bukan? Jenis pulsa ini sejatinya telah sangat akrab dalam kehidupan kita dan bahkan telah menjadi bagian dari kebutuhan. Kita membutuhkan puls
6 October 2020
Dewasa ini bisnis online bukan lagi menjadi suatu hal yang tabu, sebab telah cukup banyak masyarakat yang mengikutinya dan bahkan ada yang berhasil mencapai titik kesuksesan dari bisnis online itu. M

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG