Pandemi corona atau Covid-19 berhasil tercatat dalam sejarah dunia sebagai pandemi yang melumpuhkan perekonomian dunia. Sebab dengan penyebaran yang masif, maka berbagai negara terinfeksi melakukan lockdown. Praktis kegiatan perekonomian melambat dan bahkan terhenti sama sekali, yang tentunya dialami banyak negara di dunia.

Dampak yang Ditimbulkan oleh Pandemi Corona di Dunia

Dampak yang Ditimbulkan Pandemi Corona

Adanya pandemi corona ini tak pelak memicu berbagai dampak yang menarik perhatian dunia. Apa saja dampak yang ditimbulkan? Berikut penjelasannya:

1. Menurunnya Perekonomian Dunia

Terputusnya kegiatan perekonomian masyarakat di berbagai negara tak pelak menurunkan pula perekonomian di dunia. Hal ini tentu memerlukan masa pemulihan yang tepat dan cepat agar perekonomian kembali normal pasca pandemi.

2. Kasus Penyalahgunaan Narkoba Meningkat

Salah satu dampak negatif dari pandemi adalah kasus penyalahgunaan narkoba mengalami peningkatan. Hal ini dapat terjadi karena saat terkekang selama pandemi banyak yang membutuhkan narkoba sebagai penenang.

3. Tenaga Medis Mengalami Kelelahan

Jamaknya kasus positif corona tak pelak membuat tenaga medis kelelahan secara fisik maupun mental. Banyaknya pasien yang memenuhi bangsal rumah sakit dan minimnya APD menjadi tantangan bagi pemilik profesi di dunia medis ini.

4. Perubahan dalam Berinteraksi dan Bersosialisasi

Adanya pandemi yang menular dengan mudah dan cepat melalui interaksi sosial, memaksa masyarakat dunia merubah pola interaksi. Yakni dengan memperbanyak interaksi secara online, yang tentu memberi perubahan signifikan pada pola interaksi dan sosialisasi masyarakat.

5. Penurunan Penggunaan Jasa Transportasi Umum

Tingkat resiko terinfeksi atau tertular virus corona meningkat ketika menggunakan transportasi umum. Hal ini membuat banyak orang mengutamakan moda transportasi pribadi, dan bisnis transportasi umum mengalami kemunduran.

6. Peningkatan Transaksi Non Tunai

Penularan virus corona disinyalir juga bisa melalui perpindahan benda yang dipegang satu orang ke orang lainnya. Salah satunya adalah uang tunai, maka banyak yang kemudian memutuskan untuk melakukan transaksi non tunai sebagai pencegahan.

7. Meningkatkan Kesadaran Sanitasi Masyarakat

Meskipun ada banyak dampak negatif dari pandemi corona, namun tetap ada dampak positifnya. Salah satunya adalah peningkatan kesadaran masyarakat dunia akan sanitasi. Kebiasan mencuci tangan mulai menjadi budaya yang dilakukan berkali-kali dalam sehari, sesuatu yang sulit terjadi jika pandemi tidak menyerang.

8. Polusi Menurun Drastis

Pembatasan aktivitas sosial, membuat penggunaan kendaraan dan aktivitas yang berpotensi meningkatkan sampah di lingkungan menurun. Bisa disimpulkan bahwa adanya pandemi memberi sumbangsih besar dalam menurunkan polusi. Bahkan di Jakarta sendiri sejak adanya PSBB, langit menjadi lebih cerah dan udara menjadi lebih bersih.

Pandemi corona memang menciptakan sistem baru dalam bersosialisasi dan berinteraksi masyarakat di dunia. Meskipun dikenal memberi dampak negatif sangat banyak, ternyata dampak positifnya juga ada. Maka pandemi yang terjadi sejak Desember 2019 ini tentu patut disyukuri dan dihadapi dengan bijak.

17 April 2021
Anda mungkin sudah mengenal dengan baik istilah marketplace. Di Indonesia, ada banyak sekali industri marketplace yang tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Adanya marketplace tentu membuat k
17 April 2021
Sudahkah Anda memiliki atau ada niatan untuk mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)? Pastikan sudah mulai mengurusnya, sebab NPWP sendiri menjadi satu diantara sekian dokumen penting yang perlu dan
28 February 2021
Bisnis jualan pulsa memang menarik, dari dulu sampai sekarang daya tariknya tidak pernah surut. Sebab bisnis ini punya pangsa pasar luas sekaligus jelas yang membuatnya mudah dipasarkan. Pelakunya

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG