Masker pada dasarnya menjadi salah satu barang yang banyak dikenakan saat ini. Tujuan dari penggunaan masker sendiri adalah untuk dapat mencegah penularan virus corona melalui hidung dan mulut. Masker pun memiliki beragam bentuk, salah satunya adalah masker sekali pakai.

Oleh karena sekali pakai, maka sudah pasti masker ini tidak dapat digunakan berulang. Lantas bagaimana cara membuang masker sekali pakai ini? Sebab jika salah membuangnya maka akan menjadi bahan pencemar lingkungan.

Cara yang Benar Membuang Masker Sekali Pakai

Membuang Masker Sekali Pakai dengan 5 Langkah Tepat

Membuang sampah sejatinya harus dilakukan dengan baik dan benar, termasuk sampah masker sekali pakai. Pembuangan masker sekali pakai tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebab akan menjadi bahan pencemar. Terlebih di tengah pandemi covid-19 ini maka juga dapat menimbulkan infeksi penyakit. Agar tidak salah dalam membuang masker sekali, perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Langkah pertama, cuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum menyentuh masker. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya infeksi kuman atau virus saat membuka masker akibat tangan yang kotor.

2. Buka Masker dari Bagian Tali dan Semprotkan Disinfektan

Setelah tangan Anda bersih, selanjutnya Anda dapat membuka masker. Disarankan untuk membuka masker dari arah tali atau pengait yang ada pada masker. Selanjutnya Anda dapat menyemprotkan cairan desinfektan pada area masker yang menghadap ke dalam.

Tujuan penyemprotan cairan desinfektan ini adalah untuk membunuh kuman yang melekat pada masker, sehingga dapat meminimalisir penyebaran penyakit.

3. Lipat Masker (Bila Perlu di Gunting)

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah melipat masker. Lipat bagian yang menghadap ke area hidung dan mulut ke arah dalam. Hal ini pun dilakukan untuk mencegah penularan penyakit yang ada pada masker.

Anda pun juga dapat menggunting masker sebagai langkah pencegahan agar masker tidak digunakan kembali oleh orang lain. Sebab beberapa waktu lalu sempat beredar kabar jika ada sebagian oknum yang mengumpulkan masker bekas untuk dijual kembali.

4. Masukan Ke dalam Wadah dan Beri Label “Sampah Medis”

Langkah keempat yang harus dilakukan adalah memasukan sampah masker ke dalam wadah tertentu, seperti botol. Sebagian orang menyarankan agar masker diberi label sampah medis, sehingga nantinya pengelolaan masker dapat dilakukan secara berbeda.

5. dan Cuci Tangan Kembali

Setelah selesai pada langkah keempat tadi, Anda dapat membuang masker ke tempat sampah. Selanjutnya bersihkan tangan kembali menggunakan sabun dan air mengalir.

Cukup mudah bukan membuang masker sekali pakai ini? Pastikan Anda menggunakan cara yang telah dijelaskan tadi dalam membuang masker. Dengan demikian sampah masker pun tidak berbahaya, baik bagi lingkungan maupun makhluk hidupnya. Demikianlah, semoga informasi seputar cara membuang masker sekali pakai ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

20 June 2020
Sejak pandemi virus corona tentunya Anda dan siapa saja semakin akrab dengan kegiatan rapat online. Rapat secara virtual ini sesuai dengan kebijakan WFH atau work from home yang menurunkan resiko ter
20 June 2020
Saat ini Indonesia tengah berada di fase peralihan dari kebijakan PSBB kepada fase new normal atau kenormalan baru. Kegiatan harian seperti masa dimana sebelum pandemi menyerang sudah bisa dilakukan
19 June 2020
Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat merupakan sebuah program yang baru-baru ini menarik perhatian masyarakat. Mulai dicetuskan sejak tahun 2016 melalui U U Nomor 2016 tentang Tabungan Perumahan Rak

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG