Setelah menggunakan produk atau jasa, biasanya konsumen akan memberikan ulasan baik itu positif maupun negatif. Jika konsumen puas, maka balasannya pun positif dan konsumen tersebut juga akan langsung merekomendasikannya ke orang lain.

Tetapi sebaliknya, jika konsumen tidak puas dengan produk atau jasa yang ditawarkan, mereka akan memberikan keluhan. Konsumen yang sudah terlanjur kecewa menjadi masalah yang sulit untuk diatasi.

Biasanya, mereka tidak akan membeli produk Anda lagi dan bahkan akan menjelekkan bisnis Anda ke orang-orang terdekatnya. Karena itu, penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara menangani keluhan yang dilontarkan konsumen atau pelanggan Anda.

Baca Juga:

Strategi Pemasaran Tingkatkan Penjualan Pulsa
Cara Terbaik Menangani Keluhan Pelanggan

Saat pelanggan melayangkan keluhan, tandanya mereka masih peduli dengan bisnis Anda. Terlepas dari cara penyampaiannya, keluhan tersebut malah menjadi peluang untuk Anda agar dapat meningkatkan kualitas dari produk atau jasa Anda.

Cara Terbaik untuk Menangani Keluhan Pelanggan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan apabila konsumen Anda layangkan keluhan terhadap produk atau jasa bisnis Anda. Berikut ini beberapa cara terbaik yang dapat Anda terapkan untuk menangani masalah keluhan pelanggan.

1. Menerima keluhan dengan baik

Anda harus memperhatikan setiap keluhan yang dilontarkan pelanggan Anda. Akuilah apabila Anda memang sudah melakukan kesalahan. Anda juga harus meminta maaf jika terjadi ketidaknyamanan karena kesalahan yang Anda lakukan.

Anda harus bisa mengatasi kesalahan dengan waktu yang sudah ditentukan. Tapi jika keluhan yang disampaikan ternyata bukan karena kesalahan Anda melainkan kesalahpahaman saja, maka Anda harus bisa mengatakannya kepada pelanggan agar mereka tidak kecewa.

2. Menunjukkan empati Anda

Kedua, Anda harus bisa menunjukkan rasa empati Anda kepada konsumen yang tengah mengeluh dengan produk atau jasa Anda. Sikap seperti ini dapat memberikan banyak manfaat.

Manfaat pertama adalah membangun persepsi Anda terhadap keluhan jadi Anda akan paham dengan rasa jika Anda saat ini berada di posisi pelanggan.

Manfaat kedua adalah dengan rasa empati akan tercipta komunikasi yang baik. Jadi Anda bisa membuat hubungan yang lebih baik lagi dengan para pelanggan Anda meski mereka pernah kecewa atau tidak puas dengan usaha yang Anda jalankan.

3. Melakukan analisis terhadap keluhan pelanggan

Saat mendengarkan keluhan yang dilontarkan para pelanggan, Anda harus bisa memahami dengan baik apa sebenarnya masalah yang tengah dihadapi. Lakukan analisis dengan cepat dan lihat ke belakang apakah masalah serupa pernah dialami atau tidak.

Jika iya, maka Anda harus buat solusi yang akan ditawarkan ke pelanggan. Anda harus lihat apakah solusi yang ditawarkan dapat mengatasi keluhan pelanggan atau tidak.

4. Menangani keluhan dengan cepat

Dan terakhir, jika Anda sudah paham dengan apa yang menjadi keluhan para pelanggan Anda, silahkan lakukan penanganan. Anda bisa tawarkan solusi yang tepat atas permasalahan yang Anda alami.

Jelaskan solusinya ke pelanggan Anda kemudian konfirmasikan apakah solusi yang Anda tawarkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca Juga:

Cara Terbaik Memberikan Pelayanan Untuk Pelanggan Bisnis

Sebenarnya komplain tidak hanya berasal dari konsumen saja tetapi bisa juga datang dari rekan bisnis Anda. Jika terjadi komplain, Anda harus berpikir tenang dan fokus dengan apa yang menjadi permasalahan baru kemudian pikirkan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

26 February 2021
Listrik pada dasarnya merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia. Kita membutuhkan listrik untuk melakukan berbagai hal, seperti keperluan penerangan, menggunakan alat elektronik, hingga kebutuhan
26 February 2021
Di antara semua jenis bidang usaha yang ada saat ini, sepertinya bisnis pulsa elektrik menjadi bisnis yang paling mudah dijalankan para pemula. Karena modal yang diperlukan hanya hp dan saldo yang mu
25 February 2021
Di tengah gencatan bisnis online, bisnis pulsa konvensional sepertinya tetap moncer selama ditekuni dengan baik. Jika Anda tertarik untuk mendirikan konter pulsa namun ingin meminimalkan resiko gulun

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG