Sukses dalam menjalankan bisnis bisa dimulai dengan memanajemen atau mengatur produk dengan baik. Selain itu ditunjang pula dengan kegiatan mengembangkan produk tersebut, sehingga bisa mengikuti perubahan pasar. Lalu, bagaimana cara manajemen maupun mengembangkan produk dengan baik di dunia bisnis?

Cara Manajemen dan Mengembangkan Suatu Produk

Cara Manajemen Produk

Langkah awal adalah tentu saja membuat manajemen produk yang baik, sehingga kegiatan produksi dan distribusinya lancar. Berikut sejumlah cara yang bisa diterapkan:

1. Merencanakan Kegiatan Produksi

Langkah pertama di dalam manajemen produk adalah merencanakan kegiatan produksi dengan baik. Ada beberapa elemen yang perlu diatur dan ditentukan di tahap pertama ini. Meliputi:

  • Menentukan jenis barang.
  • Menentukan bahan baku yang akan digunakan.
  • Memperhatikan kualitas barang.
  • Menentukan kuantitas barang dan produksi agar sesuai kapasitas.
  • Melakukan pengendalian terhadap produksi untuk menekan biaya dan ada
  • anyak sisa bahan produksi yang tidak bisa dipakai lagi.

2. Pengendalian Terhadap Kegiatan Produksi

Manajemen produk yang kedua adalah terkait pengendalian di dalam kegiatan produksi. Tujuan terhadap pengendalian produksi ini adalah untuk mengendalikan biaya produksi dan mencapai target produksi seperti yang direncanakan. Adapun kegiatan selama proses pengendalian produksi ini adalah:

  • Membuat perencanaan produksi.
  • Menyusun jadwal kegiatan produksi.
  • Menentukan target market produk, karena akan menentukan bentuk maupun cara pengemasan dan penentuan harga jual.

3. Pengawasan pada Proses Produksi

Berikutnya adalah melakukan pengawasan terhadap kegiatan produksi, dimana tujuannya bisa untuk menjaga kualitas produk yang dibuat. Maupun untuk memastikan kegiatan produksi selesai tepat waktu dan biaya yang dibutuhkan sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya.

Dalam proses pengawasan ini terdapat sejumlah kegiatan yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Menetapkan kualitas produk yang dibuat.
  • Membuat standar terhadap kualitas produk yang dibuat.
  • Melaksanakan kegiatan produksi sesuai dengan jadwal.

Cara untuk Mengembangkan Suatu Produk

Sedangkan untuk mengembangkan suatu produk, hal ini juga sangat penting untuk memastikan produk tersebut masih sesuai dengan kebutuhan pasar. Adapun cara untuk mengembangkan produk ini adalah:

1. Menciptakan Ide

Mengembangkan suatu produk dimulai dengan menyusun dan mencari ide baru. Mengenai bagaimana mengembangkan produk yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Ciptakan sejumlah ide dan saring ide yang dirasa paling potensial untuk sukses dilakukan.

2. Melakukan Uji Coba

Berikutnya adalah dengan menguji langsung ide yang sudah diciptakan tadi, yakni dengan diterapkan ke produk tersebut. Pengembangan yang baik akan membuat kualitas produk meningkat atau mungkin dari segi tampilan dan fungsi produk juga ikut berkembang.

3. Mengembangkan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran akan menentukan kesuksesan dari pengembangan sebuah produk. Sehingga perlu menyusuns trategi baru yang mampu memperkenalkan produk hasil pengembangan ini dengan baik ke publik.

4. Mengembangkan Produk

Mengembangkan produk sesuai dengan rencana yang sudah disusun kemudian dicoba untuk dilepas ke pasaran atau melakukan market testing. Selanjutnya adalah memperhatikan respon pasar seperti apa. Jika bagus, maka kegiatan produk bisa diteruskan dan begitu pula sebaliknya.

18 January 2021
Bisnis pulsa akan lebih mudah dijalankan dan hasilnya pun semakin optimal jika Anda sudah mengandalkan yang namanya software pulsa. Ada banyak software bermunculan saat ini jadi sebaiknya pilih yang
18 January 2021
Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya, bagaimana ciri software pulsa terbaik tapi murah. Hakikatnya, dalam menjalankan bisnis pulsa software pulsa harus menjadi prioritas utama yang dipikirkan den
17 January 2021
Bisnis pulsa ternyata tidak sebatas pada jualan pulsa saja, melainkan bisa juga dengan menjadi agen penjualan software pulsa. Bisnis jenis ini lebih menguntungkan dan tentunya bisa dipertimbangkan. N

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG