Meskipun pandemi membuat banyak bidang bisnis menjadi amburadul dan rentan bangkrut karena berhenti beroperasi. Namun perlu diakui bahwa kondisi terparah dialami oleh bisnis di sektor pariwisata. Sebab sejak awal pandemi bisnis di sektor ini berhenti total, dan di era new normal baru mulai terlihat geliatnya.

Aturan Protokol Kesehatan Sektor Pariwisata

Protokol Kesehatan di Sektor Pariwisata

New normal membuat pelaku bisnis di sektor pariwisata baik itu tempat pariwisata sendiri, perhotelan, restoran, dan lain sebagainya kembali beroperasi. Namun ada kewajiban dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Protokol kesehatan ini kemudian menjadi syarat utama untuk dipenuhi pelaku bisnis di sektor pariwisata sebelum benar-benar beroperasi kembali.

Lantas, apa saja protokol kesehatan yang wajib diterapkan pelaku bisnis pariwisata? Berikut adalah protokol tersebut:

  1. Kewajiban bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata dalam kondisi sehat, dan mengurungkan niat jika tubuh sakit atau kurang enak badan.
  2. Selalu menggunakan masker baik saat perjalanan dari rumah ke tempat wisata maupun sebaliknya.
  3. Pelaku bisnis wajib menjaga kebersihan area bisnis dan sekitarnya.
    Menyediakan sarana sanitasi, seperti wastafel lengkap dengan sabun pencuci tangan.
  4. Menerapkan protokol menjaga jarak aman, baik antar karyawan maupun kepada wisatawan yang berkunjung.
  5. Mewajibkan karyawan untuk memakai masker dan juga face shield untuk mencegah penularan lewat droplets.
  6. Mengutamakan dan menyediakan fasilitas pembayaran non tunai, baik itu dengan kartu debit, kartu kredit, maupun payment gateway apapun.
  7. Membatasi jumlah pengunjung di satu ruangan agar tidak terjadi kerumunan dan membuat jarak satu sama lain berdekatan. Khususnya untuk restoran maupun tempat usaha sejenis.

Di dalam protokol kesehatan sektor pariwisata akan melibatkan kepatuhan wisatawan dengan bisnis di sektor ini. Bagi wisatawan juga akan diberlakukan kewajiban mematuhi sejumlah protokol kesehatan. Sehingga tidak hanya diwajibkan untuk pelaku bisnis di sektor pariwisata saja.

Sejak bulan kemarin memang sudah ada beberapa tempat wisata yang kembali beroperasi dan menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Meskipun belum semua tempat wisata kembali dibuka namun dalam waktu dekat dipastikan semua akan kembali beroperasi. Beberapa kota wisata juga terlihat sudah didatangi turis asing.

Apalagi ada rencana di Indonesia akan menerapkan travel buble yang memungkinkan adanya lalu lintas wisata antara dua negara berdekatan atau lebih. Adanya kabar mengenai dibukanya tempat wisata sekaligus dimungkinkan adanya izin melakukan perjalanan wisata dan perjalanan bisnis lintas negara, tentu menjadi kabar menyenangkan.

Sehingga setelah sekian bulan terkurung di rumah sendiri, maka di bulan-bulan ini sudah mulai bisa menikmati agenda traveling. Tentunya tetap memperhatikan keselamatan diri sebab meskipun sudah bisa traveling namun pandemi sebenarnya belum selesai. Jadi, patuhi protokol kesehatan dari pemerintah dan tempat wisata yang dikunjungi supaya tetap aman.

31 July 2020
Stage of startup merupakan sebuah tahapan pendanaan yang ada pada startup. Jadi, untuk seorang founder, ada beberapa tahapan yang seharusnya dipahami supaya para besutan tau harus mendapatkan pendana
31 July 2020
Serverless computing jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya komputasi tanpa server. Jadi serverless computing ini adalah teknologi yang tengah ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Sebenarn
30 July 2020
Sebuah bisnis bisa dijalankan dengan baik jika sudah ada rencana bisnis yang matang. Jadi, rencana bisnis merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan. Di Da

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG