Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berapa sering Anda mendengar pepatah ini? Ya, melakukan pencegahan memang lebih baik daripada menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk pengobatan. Bagaimana dengan pencegahan virus corona yang telah mewabah seperti saat ini?.

Amalkan PHBS untuk Cegah Corona

Jaga kebersihan dan kesehatan melalui PHBS

Virus corona telah mengguncangkan dunia dengan penyebarannya yang sangat cepat. Hanya lewat droplet dari orang yang telah terinfeksi, makhluk dengan ukuran sangat kecil ini bisa hidup di tubuh banyak manusia. Bahkan hingga saat ini, jumlah pasien positif masih terus bertambah. Akankah bisa dicegah?

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah guna mengatasi kondisi penyebaran virus corona. Untuk mencegah penularan lebih luas, masyarakat dihimbau untuk tetap #dirumahaja. Para pekerja disarankan bekerja di kediaman masing-masing. Sekolah dan kampus juga ditutup agar semua pelajar dapat belajar di rumah.

Tempat-tempat yang sering menjadi lokasi berkumpulnya massa juga ditutup, seperti pusat perbelanjaan, perpustakaan dan tempat wisata. Apabila ada keperluan harus keluar rumah, maka semuanya harus mematuhi kebijakan social & physical distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter.

Pencegahan yang paling utama dan dapat dilakukan oleh setiap individu yaitu penerapan PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat. Salah satu caranya yaitu cuci tangan pakai sabun (CTPS), dimana lebih baik dibandingkan hanya menggunakan hand sanitizer.

Anjuran WHO tentang bagaimana mencuci tangan pakai sabun yang baik:

  • Basahi kedua tangan dengan air dan ambil sabun secukupnya. Gosokkan kedua telapak tangan, dan dilanjut punggung tangan.
  • Bersihkan jari dan dan buku-buku jari dengan menangkupkan kedua tangan
  • Bersihkan ujung-ujung jari dengan menggosokkannya ke telapak tangan lainnya.
  • Genggam jempol dan gosok dengan memutar beberapa kali untuk membersihkan sela jempol dan telunjuk tangan.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Matikan kran air menggunakan tisu untuk menghindari tersentuh tangan yang sudah bersih.

Selain mencuci tangan yang benar, hindari untuk menyentuh bagian wajah saat tangan masih kotor. Kemudian pisahkan dan segera cuci semua pakaian kotor dan semua benda yang dipakai selama berada di luar rumah. Bawa hand sanitizer atau tisu basah bila perlu.

Dalam strategi PHBS, adapula bagian menjaga hidup sehat. Tujuannya yaitu untuk menguatkan imun agar dapat mencegah terjangkit virus corona atau mempercepat proses penyembuhan apabila sudah muncul gejala ringan. Caranya:

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Vitamin dan mineral yang terkandung pada makanan tersebut sangat baik mencegah tubuh tidak mudah sakit.
  • Istirahatlah yang cukup. Untuk orang dewasa, tidur yang dibutuhkan yaitu selama 7-8 jam, sedangkan remaja perlu waktu lebih lama yaitu 9-10 jam per hari. Istirahat yang cukup disini tidak hanya tentang kuantitas tetapi juga kualitas.
  • Hindari stres dan kelola apabila sedang merasakannya. Pikiran yang stres akan memicu peningkatan pada produksi hormon kortisol. Apabila terjadi berkepanjangan, hal ini akan membuat daya tahan tubuh menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit.
  • Berolahraga secara rutin minimal 30 menit per hari. Selain membuat suasana hati menjadi gembira dan menghindarkan stress, aktivitas fisik juga baik untuk kekebalan tubuh.
  • Hindari rokok dan alkohol, atau hentikan saja kebiasaan tersebut. Perokok memiliki resiko terkena dampak covid-19 lebih tinggi daripada yang bukan, sebab nikotin yang bertumpuk dari kebiasaan merokoknya sudah menjadikan kondisi paru-paru tidak sehat dan sangat rentan untuk terjangkit virus seperti covid-19.

Langkah pencegahan apa saja yang sudah Anda lakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari virus corona? Pastikan untuk segera periksakan ke pusat medis saat muncul gejala yang butuh perawatan intensif.

29 November 2020
Menekuni bisnis online memang menjadi langkah terbaik saat ini, karena menjadi media terbaik untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Bahkan di tengah pandemi, bisnis yang sifatnya online justru memi
29 November 2020
Asuransi menjadi salah satu bentuk investasi yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Layanan ini menjadi media bagi seseorang untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, sehingga tidak mempengaruhi
28 November 2020
Memenangkan persaingan bisnis tidak melulu harus banting harga, bisa pula dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sebab pelanggan yang puas adalah kunci untuk sukses memasarkan produk maupun

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG