Usaha Jualan Pulsa

Usaha jualan pulsa adalah salah satu usaha yang cukup prospektif. Sebab, kebutuhan akan smartphone dan penggunaannya sangat lekat dengan keseharian kita hal ini membuat para pengguna smartphone akan terus menerus membutuhkan pulsa, kuota, dan produk penunjang lainnya. Berangkat dari kondisi ini, tentunya membuka usaha konter pulsa bisa jadi ide bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan buat Anda.

Usaha Jualan Pulsa

Keuntungan Usaha Jualan Pulsa

Namun, di balik resiko bisnis pulsa akan ada beberapa keuntungan. Adapun beberapa keuntungan dari usaha konter pulsa, diantaranya:

1. Modal yang Kecil

Modal usaha konter pulsa dan kuota tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Modal tersebut hanya digunakan untuk deposit pulsa dari distributor. Selain itu, Anda bisa membuka usaha pulsa di rumah, sehingga lebih menghemat biaya sewa, transportasi dan lain-lain.

2. Pulsa Selalu Dibutuhkan

Pada era sekarang, pulsa sangat dibutuhkan bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Hal itu dikarenakan adanya pulsa memperlancar komunikasi antar orang walaupun dengan jarak yang jauh. Sehingga orang akan terus membutuhkan pulsa untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Mudah Melakukan Promosi

Keuntungan membuka usaha konter pulsa, yaitu mudah melakukan promosi. Adanya promosi, membuat banyak orang tergiur dan akan membeli pulsa dalam jumlah besar.

Tentu dengan adanya promosi pulsa tersebut, banyak orang yang ingin membelinya. Walaupun tidak adanya promosi, pulsa akan tetap dibeli dan menjadi kebutuhan setiap orang terutama pengguna gadget.

Tips Memulai Usaha Jual Pulsa untuk Pemula

Apa saja tips yang sebaiknya dilakukan untuk memulai usaha jual pulsa?

1. Memilih distributor pulsa

Hal paling penting yang harus dilakukan calon penjual pulsa yaitu memilih distributor atau agen. Distributor merupakan tangan kedua dan Anda menjadi perantara sebelum sampai pada konsumen.

Mengecewakan merupakan satu hal yang harus dihindari dalam menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, Anda harus memilih distributor yang terpercaya.

Kenali agen pulsa dari reputasinya. Bila perlu, bertanyalah kepada teman yang sudah berbisnis jual pulsa sebelumnya. Biasanya, ‘pemain’ lama sudah banyak mengetahui berbagai agen dan reputasinya.

Tidak hanya kepercayaan, Anda juga harus memilih agen pulsa yang servernya stabil. Artinya, agen yang sebaiknya dipilih adalah agen yang jarang atau sama sekali tidak pernah terjadi masalah jaringan.

2. Harga yang terjangkau

Masyarakat sangat menyukai harga barang yang lebih murah. Jika ingin bisnis Anda lebih banyak pelanggan, berikan harga jual yang sedikit lebih rendah dari pada harga pasaran.

Menekan harga jual juga jangan sampai membuat Anda rugi. Lalu bagaimana cara yang harus ditempuh? Carilah distributor atau agen pulsa yang harganya lebih murah.

Jika Anda mendapatkan harga “barang” lebih murah, tentu saja Anda bisa menjualnya dengan lebih murah pula. Sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan meskipun harga jual lebih rendah dari pesaing.

Lakukan survei atau riset sederhana untuk mengetahui harga pulsa di sekitar Anda sebelum menentukan harga jual. Anda bisa mencoba membeli pulsa di beberapa konter dan membandingkannya.

3. Pelayanan yang baik

Selanjutnya, tips memulai usaha jual pulsa yaitu memberikan pelayanan yang baik. Harga murah saja tak cukup. Orang akan malas datang jika pelayanan yang diberikan buruk.

Hal yang sebaiknya Anda lakukan yaitu bersikap ramah kepada calon pembeli. Menyapa dan tersenyum kepada setiap pembeli yang datang bisa membuat pembeli merasa disambut.

Apabila ada konsumen banyak bertanya dan berbicara, hadapilah dengan sabar. Jawab setiap pertanyaan yang dilontarkan pembeli. Anda juga sebaiknya menjaga agar pembeli tidak terpancing emosinya.

Meskipun Anda bersikap ramah, jangan lupa untuk selalu waspada. Di luar sana banyak sekali kejahatan dengan berbagai macam modus.

Contoh paling sederhana yaitu utang ketika membeli pulsa namun tak kunjung dibayar juga.

Kebutuhan Peluang Usaha Jualan Pulsa Semakin Meningkat

Semakin tingginya kebutuhan pulsa di masyarakat membuka sebuah peluang usaha yang membuat banyak orang mencoba peruntungan mereka di bisnis pulsa. Mungkin jaman dahulu pulsa hanya sering dijual pada kios maupun toko counter khusus dan hanya bisa dimiliki orang tertentu saja. Namun perubahan jaman telah memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk menjalankan bisnis pulsa ini secara serius.

Bisnis pulsa yang cukup populer saat ini adalah menjual pulsa elektrik, dimana pulsa elektrik dapat terisi langsung kedalam kartu provider pra bayar hanya dengan memanfaatkan fasilitas perantara elektrik. Menjual pulsa elektrik cenderung lebih mudah dibanding menjual pulsa voucher karena pulsa voucher berbentuk fisik dan harus dijaga dengan baik, ditambah lagi proses pengisian pulsa voucher lebih lama.

Dipastikan kebutuhan pulsa baik di desa maupun di kota akan terus meningkat, tentunya ini akan membuka peluang usaha bagi Anda yang tertarik untuk menjajal bisnis pulsa.

Cara Meningkatkan Penjualan Pulsa

Dalam dunia bisnis yang melibatkan praktek niaga atau perdagangan maka akan sangat akrab dengan naik turunnya omset penjualan. Namun sekedar pasrah ketika omset penjualan pulsa turun tentu bukan langkah yang bijak. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan penjualannya:

1. Komunikasi Intens dengan Pelanggan

Meskipun pulsa dan paket data dibutuhkan banyak orang, namun mereka belum tentu tahu kalau Anda jualan produk tersebut. Selain itu juga belum tentu tahu kalau ada promo yang sedang Anda tawarkan.

Jadi, menjalin komunikasi yang intens dengan para pelanggan adalah hal penting. Jangan menunggu mereka datang ke konter, namun infokan produk dan promosi lewat aplikasi pesan instan, sosial media, dan lain-lain.

2. Membuat Konten Menarik dan Kreatif

Konten menarik yang bersifat edukatif maupun mengandung unsur promosi adalah hal penting untuk di post secara berkala. Mulailah membuat konten tersebut dan kemudian publikasikan lewat aplikasi pesan instan, grup jualan di WA maupun FB, sekaligus di akun-akun sosial media yang dimiliki.

3. Hindari Pembeli yang Berhutang

Jualan pulsa tidak akan untung jika melayani pembeli yang berhutang, jadi wajib sekali untuk menolak pembeli semacam ini. Tidak perlu takut kehilangan pembeli, karena satu pembeli salam satu pekan jauh lebih baik dibanding pembeli banyak namun semuanya hutang.

4. Ambil Keuntungan yang Wajar

Bisnis pulsa memiliki banyak kompetitor, meskipun bisnis ini memberi keuntungan kecil per transaksinya. Jangan sampai tergiur untuk mematok harga di atas pasaran dengan harapan mengantongi profit lebih besar.

Sebab pelanggan justru akan kabur ke lapak kompetitor. Sehingga bisnis pulsa prinsipnya adalah, sedikit tidak masalah asalkan sering. Daripada untung besar namun bisnis malah sepi atau tanpa pelanggan.

5. Buat Semua Orang Tahu Bisnis Pulsa Anda

Promosi secara berkala dan terus dilakukan sangat penting untuk memastikan bisnis pulsa tidak sepi pelanggan. Sebab dengan promosi maka semakin banyak orang yang tahu Anda jualan pulsa dan paket data. Sehingga banyak yang membeli, satu pelanggan datang disusul banyak pelanggan lainnya.

Oleh sebab itu selalu lakukan promosi, baik online maupun offline meskipun tidak ada promo diskon sama sekali. Sebab tujuan Anda adalah menginformasikan bahwa Anda jualan pulsa, bukan pulsa promo.

Mau Bisnis Pulsa Untung Besar? ( Free Konsultasi Via Whatsapp )
Selamat datang di Trent Tronik. Ada yang bisa kami bantu?