Bagi Anda yang aktif menggunakan laptop untuk berbagai keperluan dijamin sangat akrab dengan suara kipas laptop. Kadang kala suara yang dihasilkan bisa mengagetkan karena mendengung dan cukup kencang.

Pada beberapa kondisi suara bising yang berasal dari kipas laptop tersebut bukan masalah, namun ada kalanya cukup mengganggu.

7 Tips untuk Mengurangi Kebisingan Kipas Laptop

Tips Mengurangi Kebisingan dari Kipas Laptop

Rupanya gangguan dari kipas laptop ini bisa diatasi, sebab terdapat sejumlah cara bisa dilakukan untuk menangani suara bising tersebut. Berikut tips yang bisa dicoba:

1. Memeriksa Suhu Laptop

Suhu yang meningkat menjadi salah satu alasan kenapa kipas laptop berbunyi cukup nyaring. Mengatasinya Anda perlu mendinginkan atau menurunkan suhu yang naik tersebut.

Misalnya dengan rutin mengecek suhu laptop menggunakan perangkat lunak, misalnya RealTemp atau yang lainnya dengan fungsi sejenis.

2. Membongkar Laptop

Kipas dengan suara nyaring juga kerap disebabkan oleh adanya penumpukan debu di bagian dalam dan luar laptop.

Umumnya di bagian dalam khususnya di bagian kipas laptop itu sendiri. Solusinya tentu saja membongkar dan membersihkan bagian dalam laptop.

3. Melakukan Defragging

Defragging atau defrag merupakan proses pembersihan perangkat lunak di perangkat komputer seperti laptop.

Melakukan defragging bisa membantu menurunkan kecepatan kipas laptop tanpa merusak fungsinya. Sehingga suara bising perlahan terdengar lebih halus.

4. Menggunakan SSD

SSD adalah Solid State Drive juga bisa digunakan untuk menggantikan HDD atau Hard Disk Drive. Sebab SSD memiliki kinerja lebih baik sehingga suhu laptop tidak mudah naik.

Kipas pun tidak akan terlalu sering aktif dan menimbulkan suara bising, aktivitas memakai laptop pun menjadi lebih nyaman.

5. Mengoleskan Pasta Termal

Mengoleskan pasta termal bisa memberi perbedaan signifikan pada suara kipas laptop. Sebab bisa membantu menurunkan dan menjaga suhu laptop antara 0-20 derajat.

Sehingga bisa mencegah dan mengatasi suara bising yang dikeluarkan oleh kipas laptop yang sedang bekerja keras menurunkan suhu.

6. Upgrade OS

Windows 10 banyak direkomendasikan berkat kinerjanya yang lebih baik sehingga bisa menghindari kenaikan suhu di laptop.

Tentunya Anda bisa mempertimbangkan untuk menginstal atau mengupgrade OS di laptop menjadi Windows 10 ini.

Sebab kinerjanya yang ringan efektif menstabilkan suhu laptop, kipas laptop pun menghasilkan suara lebih lembut.

7. Memakai Pendingin Laptop

Agar kinerja kipas laptop tidak berlebihan dan kemudian menjadi bising maka Anda bisa memakai pendingin laptop tambahan. Biasanya berupa perangkat yang diletakan di bawah laptop dan memiliki dua buah kipas.

Pendingin ini akan membantu meringankan kerja kipas laptop sehingga tidak terlalu bising lagi.

Perangkat laptop memiliki komponen kipas yang akan berfungsi saat suhu laptop naik. Sayangnya suara kipas ini bisa sangat mengganggu, jadi Anda perlu mengatasinya. Yakni dengan mencoba beberapa tips yang dijelaskan di atas.

9 October 2020
Tanaman Aglaonema saat ini sedang naik daun, pasalnya trend menanam tanaman hias jenis ini sangat diminati oleh berbagai kalangan. Biasanya tanaman ini sering tumbuh liar di pekarangan bersama dengan
9 October 2020
Pulsa elektrik, tentu bukan suatu hal yang baru didengar bukan? Jenis pulsa ini sejatinya telah sangat akrab dalam kehidupan kita dan bahkan telah menjadi bagian dari kebutuhan. Kita membutuhkan puls
6 October 2020
Dewasa ini bisnis online bukan lagi menjadi suatu hal yang tabu, sebab telah cukup banyak masyarakat yang mengikutinya dan bahkan ada yang berhasil mencapai titik kesuksesan dari bisnis online itu. M

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG