Menulis secara ilmiah terbukti menjadi sebuah kegiatan yang kaya akan manfaat, baik bagi pelakunya maupun untuk orang lain.

Menekuni profesi menulis juga menjanjikan sebuah masa depan yang menarik, apalagi jika ditekuni secara serius. Menjadi penulis tidak melulu soal bakat, asalkan terus berlatih maka kualitas tulisan akan terus meningkat.

7 Tips Menulis untuk Pemula agar Menjadi Ahlinya

Tips Menulis untuk Pemula

Bagi Anda yang masih sangat baru di dunia kepenulisan, maka sejumlah tips berikut bisa membantu mengembangkan keahlian menulis yang dimiliki:

1. Rajin Membaca

Mencoba menjadi seorang penulis ibarat memutuskan untuk lebih rajin dalam membaca, baik buku, novel, majalah, maupun yang lainnya.

Semakin banyak membaca semakin banyak informasi didapatkan yang tentu bisa digunakan untuk menembangkan tulisan yang masih ada di kepala. Selain itu kosakata yang dimiliki juga semakin banyak, sehingga kalimat yang ditulis lebih menarik dan atraktif.

2. Belajar Menulis Pendek

Belajar untuk menulis juga bisa dilakukan dengan belajar menulis pendek atau singkat. Contohnya adalah menulis caption pendek namun menarik dan memudahkan pembaca memahami maknanya di postingan Instagram. Manfaatkan platform kalimat pendek untuk mengasah kemampuan menulis Anda.

3. Menulis untuk Diri Sendiri

Kali pertama belajar menulis fokuslah untuk membangun niat menulis untuk diri sendiri.

Tidak perlu berharap hasil tulisan tersebut akan dibaca orang lain, supaya bisa fokus memberikan yang terbaik dan hasil tulisan tersebut lebih bebas. Anda bisa lebih leluasa berekspresi yang biasanya justru meningkatkan kualitas tulisan itu sendiri karena tidak ada tekanan.

4. Menulis Apa yang Diketahui

Supaya hasil tulisan lebih menarik dan terus meningkat kualitasnya, maka usahakan selalu menulis apa yang Anda ketahui. Sehingga bisa memaparkan suatu hal secara detail dan lebih menarik. Jika Anda sangat paham dunia traveling maka menulislah masalah traveling tersebut.

5. Mencari Waktu Menulis yang Tepat

Menulis tidak hanya sekedar menuangkan isi pikiran menjadi kalimat di sebuah kertas maupun aplikasi Word di komputer. Melainkan juga mengenai mencari momen untuk mendapatkan ide tulisan dan menuangkannya dengan lancar.

Jadi, penting sekali untuk mencari waktu terbaik untuk menulis. Misalnya saja memilih waktu yang cenderung tenang, maka bisa menulis di sore hari atau mungkin malah hari.

6. Konsisten

Supaya keahlian menulis terus berkembang maka penting sekali untuk selalu konsisten. Misalnya saja konsisten untuk menulis 100 kata sehari atau mungkin 1 lembar sehari. Konsistensi ini akan membuat Anda produktif dan semakin sering menulis dan semakin berkualitas dari hari ke hari.

7. Melakukan Evaluasi

Sebagai penulis sangat penting sekali untuk melakukan evaluasi, yakni mengecek kualitas tulisan yang dulu dibuat. Anda bisa mencoba mengoreksi jika dirasa ada yang keliru atau menambahkan kata tertentu agar lebih pas.

Menjadi penulis tidak cukup hanya mengandalkan bakat dari lahir, tanpa konsistensi dan keinginan untuk terus belajar. Bakat tersebut tentu akan membeku. Oleh sebab itu, Anda yang meskipun tidak memiliki bakat menulis sebaiknya disiplin belajar agar menjadi ahlinya.

18 January 2021
Bisnis pulsa akan lebih mudah dijalankan dan hasilnya pun semakin optimal jika Anda sudah mengandalkan yang namanya software pulsa. Ada banyak software bermunculan saat ini jadi sebaiknya pilih yang
18 January 2021
Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya, bagaimana ciri software pulsa terbaik tapi murah. Hakikatnya, dalam menjalankan bisnis pulsa software pulsa harus menjadi prioritas utama yang dipikirkan den
17 January 2021
Bisnis pulsa ternyata tidak sebatas pada jualan pulsa saja, melainkan bisa juga dengan menjadi agen penjualan software pulsa. Bisnis jenis ini lebih menguntungkan dan tentunya bisa dipertimbangkan. N

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG