Bisnis model dan jenis apapun tentu membutuhkan manajemen keuangan yang baik, agar bisa diketahui kapan rugi dan kapan untung. Hal ini juga berlaku untuk bisnis pulsa, dimana sebagian pebisnis yang gagal bersumber dari manajemen keuangan yang buruk. Belajar dari pengalaman orang lain tersebut, maka Anda perlu melakukan perbaikan.

Baca Juga:

Mengenal Tanda-tanda Keuangan yang Sehat
6 Cara Manajemen Keuangan Bisnis Pulsa

Bagaimana Manajemen Keuangan Bisnis Pulsa yang Baik?

Sukses dengan bisnis pulsa memang butuh usaha keras, karena profit yang didapatkan kecil. Kondisi ini akan semakin buruk ketika manajemen keuangan bisnisnya tidak dikelola dengan profesional. Padahal untuk manajemen keuangan bisnis skala kecil pada dasarnya sudah bisa dengan pembukuan sederhana.

Menghindari resiko dari semrawutnya manajemen keuangan di bisnis pulsa, silahkan mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Mengambil Keuntungan yang Wajar

Setiap pebisnis pulsa pasti dihadapkan pada ketakutan dan kekhawatiran bisnisnya mudah ambruk karena profit per transaksi yang kecil. Meskipun begitu, usahakan tidak berniat mengambil profit lebih besar dari yang berlaku di pasaran.

Sebab hal tersebut membuat konter yang dimiliki sepi pelanggan, bukannya untung malah buntung karena perputaran modal tidak mungkin terjadi.

2. Menyusun Laporan Transaksi Harian

Pebisnis pulsa yang ingin sukses dijamin teliti dalam mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Maka untuk memanajemen keuangan bisnis dengan baik, mulailah dengan menyusun laporan transaksi harian.

Buat yang sederhana saja, misal mencatat apa saja transaksi yang terjadi beserta nominalnya. Sehingga bisa diketahui berapa pengeluaran dan berapa pemasukan.

3. Memisahkan Uang Bisnis dengan Uang Pribadi

Hindari kesalahan mencampur antara keuangan pribadi dengan keuangan bisnis, meskipun bisnis tersebut masih skala kecil. Sebab kebiasaan ini justru akan membuat arus kas semrawut, sehingga susah untuk dikontrol dan dikelola.

Oleh sebab itu, sejak awal merintis bisnis pulsa sebaiknya memisahkan uang pribadi dan uang usaha, hal ini idealnya diterapkan sepanjang bisnis pulsa dijalankan.

4. Hindari Pembeli yang Hutang

Saat penjualan sedang sepi, mungkin Anda akan tergoda untuk menerima pembeli yang hendak berhutang. Namun hindari keputusan memberi hutang pada pembeli manapun, baik itu sahabat dekat maupun keluarga sendiri. Sebab keuntungan bisnis pulsa itu kecil, kalau sampai di hutang bisa jadi keuntungan selama sebulan hilang dalam sekejap.

5. Menghemat Biaya Operasional

Mengingat profit bisnis pulsa terbilang minim, maka penting sekali untuk menghemat biaya operasional. Apalagi jika masih menjual pada produk pulsa saja, belum ada tambahan dagangan. Jadi, usahakan menghemat pengeluaran apapun jenisnya.

6. Jangan Buru-Buru Merekrut Karyawan

Memiliki karyawan di bisnis pulsa memang bisa meringankan pekerjaan, namun hasil keuntungan bisnis bisa hilang untuk gaji karyawan tersebut. Jadi, selama pemasukan belum bagus sebaiknya urungkan dulu niat merekrut karyawan.

Baca Juga:

Tips Jitu Kelola Keuangan dalam Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa jika manajemen keuangannya bagus maka kesempatan untuk sukses terbuka lebih lebar. Jadi, mulailah memperbaiki dan fokus pada manajemen keuangannya supaya tertata rapi.

26 February 2021
Listrik pada dasarnya merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia. Kita membutuhkan listrik untuk melakukan berbagai hal, seperti keperluan penerangan, menggunakan alat elektronik, hingga kebutuhan
26 February 2021
Di antara semua jenis bidang usaha yang ada saat ini, sepertinya bisnis pulsa elektrik menjadi bisnis yang paling mudah dijalankan para pemula. Karena modal yang diperlukan hanya hp dan saldo yang mu
25 February 2021
Di tengah gencatan bisnis online, bisnis pulsa konvensional sepertinya tetap moncer selama ditekuni dengan baik. Jika Anda tertarik untuk mendirikan konter pulsa namun ingin meminimalkan resiko gulun

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG