Wawancara merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui saat proses melamar kerja. Melalui wawancara ini HRD akan menilai kelayakan calon pelamar untuk dapat bekerja di posisi yang dilamar. Idealnya wawancara dilakukan secara langsung, yaitu bertatap muka antara pelamar dan HRD.

Namun kini prosesi itu dilakukan dengan cara lain, yaitu secara virtual. Lantas adakah tips khusus untuk menghadapi sesi wawancara virtual ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

5 Tips Jitu Menghadapi Wawancara Kerja Virtual Agar Lancar

Ingin Lancar Wawancara Kerja Virtual? Begini Tips Jitunya

Mengingat saat ini kita sedang menghadapi pandemi virus covid-19, maka tidak heran jika banyak di antara perusahaan yang melakukan sesi wawancara secara virtual. Tentunya hal ini pun dilakukan agar dapat mengurangi risiko penularan virus yang diketahui dapat menular dari manusia ke manusia.

Oleh karena proses wawancara yang dilakukan secara online (melalui virtual), maka sudah pasti hal ini memerlukan persiapan khusus. Terlebih bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Agar dapat lebih matang dalam mempersiapkan proses wawancara tersebut, coba perhatikan beberapa tips yang akan dibagikan di bawah ini.

1. Pilihlah tempat yang nyaman

Tips yang pertama saat akan mengadakan wawancara virtual adalah memilih tempat yang nyaman agar ketika wawancara sedang berjalan, dapat lebih fokus kepada pertanyaan-pertanyaan terkait wawancara tersebut.

Tempat nyaman yang dimaksud adalah, ruangan yang kedap suara agar tidak terganggu dengan suara bising, jauh jangkauan dari anak-anak agar tidak terganggu serta jauh dari keributan di sekeliling.

2. Atur pencahayaan

Tips kedua yang harus dipersiapkan agar wawancara berjalan lancar adalah mengatur pencahayaan ruangan. Fungsi dari cahaya yang bagus adalah agar wajah terlihat jelas serta dapat rilex dalam menjawab semua pertanyaan. Jika cahaya tidak bagus akan menyebabkan adanya bayangan yang membuat tidak nyaman.

3. Optimalkan sambungan internet

Selanjutnya,hal terpenting adalah sambungan internet yang optimal sehingga tidak terputus-putus atau terhenti sebab itu bisa membuat sahabat kehilangan kesempatan kerja. Oleh sebab itu, pastikan signal ruangan bagus agar jaringan internet lancar tanpa ada hambatan.

4. Lakukan uji coba terlebih dahulu

Kemudian lakukanlah pengetesan jika ruangan telah di setting dengan senyaman mungkin. Mintalah bantuan kepada teman-teman untuk melakukan panggilan video dan mintalah pendapatnya, agar ketika wawancara dimulai semua persiapan benar-benar telah matang.

5. Berpakaian rapi dan sopan

Terakhir,gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan bagaimana selayaknya pakaian yang formal digunakan untuk bekerja. Sebab pakaian yang kita gunakan akan mencerminkan bagaimana akhlak kita.

Demikianlah 5 tips persiapan ketika akan mengadakan Wawancara kerja secara virtual. Semoga beberapa tips tadi dapat membantu rekan-rekan yang akan melakukan prosesi wawancara virtual tersebut dan akhirnya dapat diterima bekerja di tempat yang dilamar.

Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan walaupun harus melakukan aktivitas dari rumah saja.

9 July 2020
Setelah sekian lama mengadapi pandemi virus corona, sekarang tibalah saatnya kita ke era kehidupan normal baru (New Normal). Era di mana pola hidup manusia harus berubah dalam segala hal, termasuk ha
9 July 2020
Bisnis online menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa bertahan dengan baik di tengah pandemi. Sementara itu banyak pelaku bisnis konvensional mencoba mengubah strategi dengan beralih ke sektor onli
8 July 2020
Meskipun pandemi membuat banyak bidang bisnis menjadi amburadul dan rentan bangkrut karena berhenti beroperasi. Namun perlu diakui bahwa kondisi terparah dialami oleh bisnis di sektor pariwisata. Seb

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG