Saat ini Indonesia tengah berada di fase peralihan dari kebijakan PSBB kepada fase new normal atau kenormalan baru. Kegiatan harian seperti masa dimana sebelum pandemi menyerang sudah bisa dilakukan kembali, hanya saja dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Supaya tetap aman dari ancaman virus corona dan tetap berusaha memperbanyak aktivitas di rumah.

5 Cara Mengurangi Sampah Plastik Rumah Tangga di Era New Normal

Cara Mengurangi Sampah Plastik di Era New Normal

Selama era new normal dijamin aktivitas masyarakat masih berkutat di dalam rumah sendiri, sehingga secara mandiri membatasi kegiatan keluar rumah. Kondisi ini memunculkan resiko dimana sampah plastik rumah tangga menjadi meningkat. Bagaimana mengatasinya? Simak beberapa cara mudah berikut ini:

1. Membawa Kantong Belanja Sendiri

Selama new normal pusat perbelanjaan sampai pasar tradisional akan beroperasi secara normal kembali. Sesekali Anda tentu akan berkunjung kesana untuk belanja aneka kebutuhan. Ada baiknya saat ke pasar memilih membawa kantong belanja sendiri yang bukan dari plastik dan bisa dicuci lalu dipakai berulang kali.

2. Tidak Memakai Plastik Sama Sekali untuk Jasa Delivery

Kenormalan baru tetap akan membuat Anda dan siapa saja mempergunakan jasa delivery seperti saat memesan makanan online lewat aplikasi. Ada baiknya memilih layanan tidak memakai plastik sama sekali. Misalnya mengaktifkan fitur untuk tidak memakai sendok, garpu, pisau, dan sedotan plastik.

3. Membawa Bekal Sendiri

Anak-anak mungkin akan kembali masuk sekolah pada Januari tahun depan, namun untuk karyawan kantoran tentu sudah aktif bekerja sejak bulan lalu. Ada baiknya memilih membawa bekal sendiri agar tidak jajan dan menciptakan sampah plastik baru.

4. Menggunakan Sedotan Stainless

Sedotan juga termasuk sampah plastik yang akan meningkatkan jumlah sampah plastik di Indonesia dan dunia. Maka ganti penggunaan sedotan plastik ini dengan sedotan stainless yang bisa dipakai berulang kali. Memang awalnya terasa ribet karena perlu dicuci dulu, namun jika sudah terbiasa maka akan merasa biasa-biasa saja.

5. Menggunakan Produk yang Dikemas Tanpa Plastik

Belanja apapun, akan lebih baik jika Anda tidak memilih produk yang dikemas dengan plastik. Ganti dengan penggunaan produk yang dikemas dengan beling kaca atau mungkin karton.

Sebab jauh lebih aman dan sampah yang dihasilkan juga akan lebih sedikit. Hal ini berlaku untuk semua kebutuhan Anda yang kebetulan dibeli, seperti baju, perabot, maupun makanan dan pakaian.

Meminimalkan penggunaan plastik akan menekan jumlah sampah plastik di rumah di era kenormalan baru. Ada banyak cara bisa dilakukan, dan beberapa seperti yang disebutkan dan dijelaskan di atas.

Pada masa awal mungkin terasa berat dan ribet, namun perlahan akan terbiasa. Apalagi jika sudah merasakan manfaatnya yakni membuat rumah dan lingkungan lebih bersih sekaligus lebih sehat, dan efeknya akan sangat besar untuk beberapa tahun mendatang.

9 July 2020
Setelah sekian lama mengadapi pandemi virus corona, sekarang tibalah saatnya kita ke era kehidupan normal baru (New Normal). Era di mana pola hidup manusia harus berubah dalam segala hal, termasuk ha
9 July 2020
Bisnis online menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa bertahan dengan baik di tengah pandemi. Sementara itu banyak pelaku bisnis konvensional mencoba mengubah strategi dengan beralih ke sektor onli
8 July 2020
Meskipun pandemi membuat banyak bidang bisnis menjadi amburadul dan rentan bangkrut karena berhenti beroperasi. Namun perlu diakui bahwa kondisi terparah dialami oleh bisnis di sektor pariwisata. Seb

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG