Sekecil apapun usaha yang dijalankan menyusun atau membuat laporan keuangan menjadi hal penting untuk dilakukan. Termasuk untuk UMKM yang meskipun klasifikasinya masih kecil namun laporan keuangan bisa menunjukan kondisi kesehatan UMKM tersebut.

Hanya saja banyak yang merasa pembuatan laporan keuangan terbilang sulit, dan dianggap hanya bisa dilakukan oleh orang keuangan atau lulusan keuangan seperti akuntansi dan sejenisnya.

5 Cara Membuat Laporan Keuangan UMKM

Cara Mudah untuk Membuat Laporan Keuangan

Padahal ada banyak cara sederhana bisa diterapkan untuk menyusun laporan keuangan bagi UMKM. Poin kunci adalah membuat Anda paham arus kas di UMKM tersebut bagaimana, sehingga tidak mudah terlena oleh omset yang besar.

Padahal masih ada hutang dalam jumlah tinggi yang tentu membuat keuangan UMKM dalam kondisi kritis namun tidak disadari.

Berikut adalah beberapa cara sederhana dan mudah untuk membuat laporan keuangan di UMKM:

1. Membuat Buku Catatan Pengeluaran

Membantu mengetahui sudah berapa besar modal digelontorkan untuk menjalankan UMKM bisa dengan menyusun buku catatan pengeluaran. Jadi buku ini berisi segala jenis transaksi pengeluaran sejak usaha dirintis.

Sehingga bisa mengetahui besaran modal dalam mendirikan usaha tersebut, dan mempermudah mengetahui nilai profit yang didapatkan.

2. Membuat Buku Catatan Pemasukan

Kedua, adalah membuat buku catatan pemasukan sehingga tidak hanya mencatat pengeluaran saja. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja pemasukan yang terjadi setiap harinya.

Kemudian disusun menjadi laporan pemasukan bulanan untuk mengecek total pendapatan usaha selama sebulan penuh.

2. Membuat Buku Stok Barang

Jangan sampai terlupa untuk membuat buku stok barang, sehingga bisa mengetahui arus kas untuk penyediaan barang dagangan maupun stok di gudang untuk bahan baku dan sebagainya. Buku stok membantu mengecek pengeluaran untuk pembelian stok barang di UMKM.

Selain itu untuk mengecek kondisi fisik stok barang dengan laporan dari nota maupun bukti transaksi lainnya. Sehingga bisa diketahui adakah kecurangan dari supplier maupun dari karyawan sendiri.

Sebab stok barang adalah aset yang tentu sangat mungkin dikorupsi pegawai sendiri, dan dengan buku stok barang aksi tersebut bisa dicegah.

3. Membuat Buku Inventaris Barang

Selanjutnya adalah menyusun buku inventaris barang di usaha yang dimiliki. Baik itu barang yang dibeli untuk keperluan produksi, kegiatan operasional staf, dan lain sebagainya.

Buku ini juga memberi informasi mengenai aset perusahaan yang dimiliki, sehingga bisa membantu mengontrol aset perusahaan tersebut.

4. Membuat Buku Kas Utama

Tidak ketinggalan adalah menyusun buku kas utama, buku ini berisi catatan mengenai pemasukan dan pengeluaran. Sehingga bisa diketahui ada selisih berapa besar. Nilai selisih ini untuk mengetahui seberapa besar keuntungan maupun kerugian dalam satu bulan.

Menyusun laporan keuangan memang penting, tidak harus detail seperti yang disusun orang keuangan. Namun bisa dengan membuat catatan-catatan sederhana di atas untuk membantu mengecek dan mengontrol keuangan.

18 January 2021
Bisnis pulsa akan lebih mudah dijalankan dan hasilnya pun semakin optimal jika Anda sudah mengandalkan yang namanya software pulsa. Ada banyak software bermunculan saat ini jadi sebaiknya pilih yang
18 January 2021
Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya, bagaimana ciri software pulsa terbaik tapi murah. Hakikatnya, dalam menjalankan bisnis pulsa software pulsa harus menjadi prioritas utama yang dipikirkan den
17 January 2021
Bisnis pulsa ternyata tidak sebatas pada jualan pulsa saja, melainkan bisa juga dengan menjadi agen penjualan software pulsa. Bisnis jenis ini lebih menguntungkan dan tentunya bisa dipertimbangkan. N

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG