Bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis server pulsa, maka sebenarnya bisa membangun server sendiri. Sehingga tidak harus menjalin kerjasama dengan perusahaan tertentu yang bisa jadi malah kurang profesional sehingga merugikan bisnis pulsa yang dijalankan. Apalagi untuk membangun server pulsa sendiri tidak memerlukan banyak perlengkapan dan terbilang mudah.

4 Langkah Sederhana Membangun Server Pulsa Sendiri

Langkah Sederhana Membangun Server Pulsa Sendiri

Server pulsa sendiri memiliki definisi sebagai sebuah perangkat komputer yang sudah ditanamkan perangkat lunak dan dihubungkan ke beberapa handphone. Handphone yang dihubungkan ini berfungsi sebagai penyedia saldo pulsa yang kemudian dijual secara eceran kepada masyarakat. Artinya server ini bisa menjadi tempat dimana bisa melayani pesanan pulsa pelanggan tanpa harus memegang banyak handphone.

Meski bisa dibeli dari perusahaan distributor pulsa, namun membuatnya sendiri tentu lebih menguntungkan. Proses pembuatannya pun mudah dan berikut detail informasinya:

1. Siapkan Satu Unit Komputer

Salah satu perlengkapan yang harus disediakan untuk membangun server pulsa adalah komputer. Anda dianjurkan untuk menggunakan PC yang meski memakan lebih banyak ruang dibanding laptop namun kinerjanya cenderung lebih stabil. PC yang digunakan wajib memenuhi beberapa syarat spesifikasi.

Pertama, PC tersebut menggunakan prosesor dual core dan syarat kedua adalah memiliki RAM minimal 1 GB. Spesifikasi minimal ini ditetapkan untuk menunjang kebutuhan update aplikasi server pulsa. Proses update penting untuk mencegah server menjadi usang dan ketinggalan zaman.

2. Siapkan UPS

Tugas utama dari server pulsa adalah melakukan monitoring dari lalu lintas transaksi pulsa, sehingga perlu memastikan PC yang digunakan aktif 24 jam penuh. Maka penting untuk menyediakan UPS atau uninterruptible power supply. UPS berfungsi menjadi sumber daya listrik sementara bagi PC yang difungsikan sebagai server. Sehingga saat listrik padam PC tidak langsung mati dan kinerja server tetap stabil.

3. Modem provider

Perlengkapan berikutnya adalah modem operator yang akan ditanamkan chip tertentu sesuai jenis pulsa yang disediakan. Modem ini bisa menyediakan beberapa sesuai jumlah chip yang ingin disediakan. Jika ingin menghemat modal maka bisa menyediakan chip dari operator populer di dekat tempat usaha.

4. Menginstal Aplikasi Pulsa

Langkah berikutnya adalah menginstal aplikasi pulsa yang nantinya akan menghubungkan antara modem dengan PC selaku server. Aplikasi ini akan membantu menjalankan peran PC sebagai server yang menjadi pusat kegiatan jual beli pulsa beserta laporannya. Aplikasi yang digunakan sebaiknya aplikasi original dari distributor pulsa terpercaya agar bekerja maksimal dan stabil.

Server pulsa menjadi kebutuhan penting untuk memberikan layanan penjualan pulsa secara optimal tanpa terbentur masalah saldo maupun keterbatasan lainnya. Membangun server Pulsa ternyata bisa dilakukan sendiri dan langkah-langkahnya cukup mudah yakni sesuai penjelasan di atas. Tidak ada salahnya untuk dicoba agar bisnis pulsa semakin berkembang.

24 September 2020
Psbb jilid 2 telah diberlakukan kembali secara ketat di jakarta, tepatnya dimulai pada tanggal 14 september 2020 kemarin. Hal ini disebabkan pasien covid-19 jumlahnya semakin meningkat sehingga guber
24 September 2020
Kenalilah tanda-tanda stres sedini mungkin, agar bisa segera diwaspadai sebab stres dapat menyerang siapa saja. Sering kali rasa stres yang dialami muncul dengan berbagai tanda-tanda biasa saja seper
23 September 2020
Bagi Anda yang aktif menggunakan laptop untuk berbagai keperluan dijamin sangat akrab dengan suara kipas laptop. Kadang kala suara yang dihasilkan bisa mengagetkan karena mendengung dan cukup kencang

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG