Pernah atau sering menerima SMS dari nomor tidak dikenal dan menyampaikan informasi atau berita yang tampak ganjil? Maka perlu WASPADA, sebab bisa jadi SMS yang dikirim secara random dari nomor-nomor tidak dikenal tersebut dikelola oleh penipu.

Sebab ada banyak modus penipuan berkedok SMS yang cukup meyakinkan dan tidak mencurigakan sama sekali.

Baca Juga:

Hindari Penipuan Bisnis Pulsa Stok Pulsa H2H
4 Cara untuk Mengetahui Penipuan Melalui SMS

Cara Mengetahui Penipuan Melalui SMS

SMS yang masuk ke perangkat handphone memang tidak semuanya adalah penipuan. Lalu, bagaimana membedakannya? Jadi, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah SMS yang masuk termasuk praktek penipuan atau tidak. Cara tersebut adalah:

1. Memperhatikan Nomor Pengirim

Cara pertama untuk mengetahui apakah SMS yang dikirimkan penipuan atau tidak adalah dengan memperhatikan nomor pengirimnya.

Jika dari nomor tidak dikenal maka wajib waspada, sebab zaman sekarang lembaga dan perusahaan resmi baik swasta maupun milik pemerintah mengirimkan SMS dengan sistem khusus.

Sehingga SMS yang masuk sudah langsung menyebutkan nama pengirimnya dan bukannya berupa nomor tidak dikenal.

2. Waspada Permintaan Data Diri Maupun Biaya

Setelah mencermati nomor pengirim SMS, dan jika bukan nomor yang dikenal maka perlu waspada. Namun ada kemungkinan SMS dikirim dari nomor baru oleh orang terdekat, maka cek isi SMS tersebut.

Jika ada permintaan data diri atau mungkin permintaan untuk mentransfer sejumlah uang. Sebaiknya abaikan, hapus SMS, dan blokir nomor tersebut.

3. Menghubungi Pihak yang Disebutkan SMS

Khusus untuk SMS yang memberikan info mengenai kemenangan suatu undian dan memberi hadiah puluhan maupun belasan juta. Maka biasanya akan menyebutkan suatu instansi, perusahaan, dan sebagainya yang dikenal luas masyarakat sehingga tampak meyakinkan.

Solusi paling aman adalah mengabaikan dulu SMS tersebut kemudian mencari nomor kontak dari pihak yang disebutkan di SMS. Misalnya saja SMS berisi info bahwa Anda memenangkan undian dari Shopee.

Maka hubungi call center marketplace Shopee untuk memastikan. Jika tidak ada undian, otomatis SMS tersebut adalah penipuan.

4. Memperhatikan Tautan yang Diberikan

Beberapa bentuk SMS disertai dengan tautan yang menuju ke sebuah situs, cermati alamat situsnya. Pastikan situs tersebut memang situs resmi dan bukan nama plesetan.

Misalnya ada situs pln.go.id maka tautan tersebut menjadi plngoid.com. terdengar mirip namun sebenarnya tidak, dan perlu diwaspadai.

Kemungkinan lain adalah situs tersebut merupakan situs dengan domain gratisan. Baik itu blogspot maupun wordpress sehingga tidak jelas siapa pemilik dan pengelolanya. Resiko membuka tautan menjadi tinggi, dan sebaiknya dihindari.

Baca Juga:

Selalu Waspada Penipuan via SMS

Cara-cara di atas akan membantu Anda untuk mengenali SMS mana saja yang termasuk praktek penipuan dan yang tidak. Jadi, selalu cermati SMS yang masuk dan tidak mudah percaya.

Sebab jika menunjukan tanda-tanda penipuan maka perlu diabaikan atau langsung dihapus dan nomor pengirim diblokir.

7 July 2021
Risiko Utama dalam Menjalankan Bisnis Pulsa. Saat ini, semakin banyak orang melirik untuk menjalankan bisnis pulsa karena mereka melihat potensi keuntungan yang menggiurkan, tidak memerlukan modal ya
7 July 2021
Banyak orang yang penasaran dengan bagaimana cara untuk membuat server pulsa dan bagaimana mekanismenya. Untuk pembuatan server pulsa anda bisa menggunakan jasa pembuatan server pulsa yang saat ini s
28 April 2021
Alat secanggih an sebagus apapun tentu ada kalanya mengalami error dan kemudian perlu diperbaiki dengan segera. Hal ini sepertinya juga berlaku untuk meteran listrik prabayar yang sifatnya sudah digi

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

DOWNLOAD APK ANDORID

 

 

 

CARA LOGIN
KLIK DISINI

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG