Semua orang tentu akrab dengan Microsoft Excel, sebuah aplikasi yang sangat bisa diandalkan oleh orang-orang di bidang akuntansi.

Melalui aplikasi ini maka penyusunan laporan dengan deretan angka menjadi lebih mudah. Excel sendiri memiliki sejumlah rumus untuk dimanfaatkan dalam penyusunan laporan dalam bentuk angka.

4 Cara Cepat untuk Menguasai Microsoft Excel

Cara Cepat Menguasai Excel

Excel memang terkenal dengan segala rumus atau fungsi di dalamnya, memahami segala jenis fungsi ini akan membantu menyusun laporan di Excel dengan mudah.

Hanya saja karena saking banyaknya fungsi serta tata cara penggunaan yang kompleks. Tidak jarang banyak orang yang merasa menguasai Excel bukan perkara yang mudah.

Bagi Anda yang sedang mempelajari Excel dan ingin menguasainya dengan cepat dan tepat, maka bisa mencoba sejumlah cara pintar berikut ini:

1. Mengenal Rumus di Excel

Cara pertama untuk bisa menguasai Excel adalah dengan mengenal rumus-rumus di dalamnya. Tidak harus semuanya karena rumus ini sangat banyak, silahkan mengenal dan menguasai yang paling sering digunakan dalam dunia akuntansi. Secara umum rumus pertambahan, perkalian, pengurangan, pembagian, dan menghitung total.

Namun untuk penyusunan laporan lebih kompleks, rumus IF sering sekali digunakan. Jadi, mulailah mengenal rumus yang paling sering dipakai atau yang paling umum dipakai. Sehingga bisa dipelajari tanpa perlu mempelajari semua rumus di dalam aplikasi akuntansi ini.

2. Mempelajari Rumus Secara Bertahap

Apabila daftar rumus yang ingin dikuasai lumayan banyak, maka akan tidak mungkin jika semuanya dikuasai dalam waktu satu malam. Setiap orang harus bersabar dengan mempelajari apapun secara bertahap. Hal ini juga berlaku untuk Microsoft Excel.

Jadi, pelajari dulu secara bertahap dimulai dari rumus yang dirasa paling mudah. Jika sudah dikuasai dan hafal diluar kepala bagaimana menggunakannya. Barulah beralih ke rumus lain yang lebih sulit dan kompleks. Sebab untuk mengetahui kegunaan berbagai rumus, maka wajib paham dulu dasar-dasar rumus sederhananya.

3. Otak Atik Rumus Excel

Supaya bisa mengetahui dan juga hafal berbagai rumus yang umum digunakan, dan paham cara penggunaannya. Maka perlu mengotak-atik rumus-rumus umum tersebut.

Penggunaannya mungkin akan menjumpai eror ketika salah saat memanggil rumus dan menentukan tanda baca seperti tanda kurung, kurung kurawa, dan lain-lain.

4. Latihan Secara Disiplin

Latihan secara disiplin dan kontinyu juga menjadi kunci untuk bisa menguasai Excel dengan baik sekaligus dengan cepat. Sebab dengan semakin rutin latihan semakin hafal semua rumus umum tadi. Sehingga bisa menguasainya dengan baik, apalagi sudah sangat terbiasa untuk mengotak-atik atau mengembangkan penggunaan rumus tersebut.

Microsoft Excel memang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Rumus yang disediakan bisa jadi kombinasikan sulit dan rumit. Meskipun begitu, penggunaan rumus tersebut biasanya terbatas di rumus-rumus tertentu. Silahkan dipelajari pelan-pelan agar bisa dikuasai dengan baik.

18 January 2021
Bisnis pulsa akan lebih mudah dijalankan dan hasilnya pun semakin optimal jika Anda sudah mengandalkan yang namanya software pulsa. Ada banyak software bermunculan saat ini jadi sebaiknya pilih yang
18 January 2021
Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya, bagaimana ciri software pulsa terbaik tapi murah. Hakikatnya, dalam menjalankan bisnis pulsa software pulsa harus menjadi prioritas utama yang dipikirkan den
17 January 2021
Bisnis pulsa ternyata tidak sebatas pada jualan pulsa saja, melainkan bisa juga dengan menjadi agen penjualan software pulsa. Bisnis jenis ini lebih menguntungkan dan tentunya bisa dipertimbangkan. N

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG