Dalam kegiatan bisnis tentunya setiap pelaku bisnis akan menentukan harga jual produk dengan sangat teliti. Sebab dalam menentukan harga jual ini seorang pelaku bisnis perlu mempertimbangkan banyak hal. Sehingga di akhir penentuan bisa memberikan nilai harga jual yang tepat dan menguntungkan.

3 Cara Mudah untuk Menentukan Harga Jual Produk

Tujuan Menetapkan Harga Produk

Bagi Anda yang masih pemula di dunia bisnis tentu perlu belajar bagaimana cara menentukan harga produk dengan tepat. Tidak bisa asal-asalan, sebab penerapannya memiliki beberapa tujuan penting berikut ini:

  • Sebagai cara untuk menjaga kualitas produk, sebab bisa memastikan penjualan untung dan dipakai untuk menjaga kualitas bahan baku dan sebagainya.
  • Menjadi penguat posisi dalam persaingan pasar, sebab jika mampu menyediakan kualitas terbaik meskipun dijual mahal akan tetapi laku. Namun bisa juga sebaliknya, yakni sengaja menjual dengan harga lebih murah untuk mendapatkan banyak pelanggan.
  • Membantu memaksimalkan keuntungan, sebab penentuan harga yang terlalu murah berpotensi membuat bisnis rugi dan bisa gulung tikar.
  • Membantu menentukan kapan bisa balik modal dengan besaran keuntungan di setiap produk yang laku.
  • Menjaga eksistensi bisnis, sebab dengan keuntungan yang didapatkan maka kegiatan operasional bisa terus berlangsung.

Cara Mudah Menentukan Harga Jual Produk

Sedangkan untuk cara menentukan harga produk memang ada beberapa metode yang bisa digunakan. Berikut adalah metode atau cara yang umum dipakai pelaku bisnis:

1. Sesuaikan dengan Keinginan

Keinginan disini juga bisa diartikan sebagai strategi penjualan, apakah ingin menjual dengan harga lebih murah dari harga umum di pasaran atau sebaliknya. Selain itu bisa menentukan persentase kenaikan harga dari harga bersih, misalnya ingin mengambil untuk 50%, 20%, dan seterusnya dari harga kulakan atau harga bersih produksi.

2. Menyesuaikan dengan Harga yang Sudah Ditentukan

Khusus untuk Anda yang menekuni bisnis pengecer atau melayani penjualan eceran. Maka bisa mengikuti harga yang sudah ditetapkan oleh pusat atau pabrikan, misalnya menyesuaikan dengan harga eceran terendah. Sehingga bisa dengan mudah menentukan harga jual tanpa harus repot menghitung banyak detail.

3. Memberi Harga dalam Partai Besar

Apabila fokus Anda adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar tanpa harus bermain dengan harga yang lebih murah dari harga pasar. Maka bisa belanja atau kulakan dengan sistem borongan atau partai besar.

Sebab kulakan dengan sistem partai besar akan akan mendapat harga lebih murah. Sehingga saat dijual lebih murah atau sesuai harga umum bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Menentukan harga dengan benar memberikan banyak manfaat seperti penjelasan di atas. Supaya tidak asal dan benar-benar untung dari penjualan produk, maka bisa menentukan nilainya memakai sejumlah metode di atas. Bijak dalam menentukan harga akan membantu mempertahankan keberlangsungan bisnis yang dimiliki.

18 January 2021
Bisnis pulsa akan lebih mudah dijalankan dan hasilnya pun semakin optimal jika Anda sudah mengandalkan yang namanya software pulsa. Ada banyak software bermunculan saat ini jadi sebaiknya pilih yang
18 January 2021
Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya, bagaimana ciri software pulsa terbaik tapi murah. Hakikatnya, dalam menjalankan bisnis pulsa software pulsa harus menjadi prioritas utama yang dipikirkan den
17 January 2021
Bisnis pulsa ternyata tidak sebatas pada jualan pulsa saja, melainkan bisa juga dengan menjadi agen penjualan software pulsa. Bisnis jenis ini lebih menguntungkan dan tentunya bisa dipertimbangkan. N

AGEN LOKAL / NASIONAL
REG.NOHP.NAMA.KOTA

KIRIM VIA WHATSAPP

 

 

 

HOST TO HOST (H2H)

CHAT LANGSUNG
CS TELEGRAM

 

 

 

087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

087777715253

 

 BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG