Sahur pada dasarnya merupakan salah satu ciri khas dari moment bulan ramadhan. Pada kegiatan sahur biasanya orang-orang akan berkumpul sekeluarga untuk menyantap hidangan bersama. Bahkan ada pula sebagian orang yang mencoba untuk saling berbagi dengan yang lainnya, seperti melakukan kegiatan sahur on the road. Namun bagaimanakah sahur yang baik untuk menjalankan puasa? mari simak beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Sahur Ramadhan Agar Fit dalam Berpuasa

4 Tips Sahur, Agar Puasa Kuat dan Badan Tetap Sehat

Selain menjadi ciri khas dari bulan ramadhan, sahur ternyata memiliki fungsi penting untuk menopang tubuh ketika akan berpuasa di siang hari. Makanan yang dikonsumsi saat sahur menjadi sumber energi utama yang nantinya akan digunakan oleh tubuh. Sehingga orang yang bersahur dan tidak melaksanakan sahur, akan terlihat perbedaan di siang harinya saat berpuasa. Agar tubuh tetap sehat dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa, berikut beberapa tips melakukan sahur yang dapat diikuti.

1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Tips pertama yang dapat diaplikasikan ketika bersahur adalah mengonsumsi air putih yang cukup. Pada dasarnya ketika melaksanakan ibadah puasa di siang hari, maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Oleh sebab itu, ketika sahur dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Sebab air ini nanti akan menjadi cadangan cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi yang parah.

2. Mengonsumsi Kurma

Kurma, tentunya buah satu ini memang sangat kental dengan moment bulan ramadhan. Kurma juga memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh. Selain itu mengkonsumsi kurma juga termasuk dalam anjuran agama islam. Konsumsilah kurma ketika bersahur paling tidak sebanyak tiga buah. Hal ini akan membantu tubuh untuk mendapatkan asupan yang baik sebagai bekal ketika berpuasa nantinya.

3. Hindari Mengkonsumsi Gorengan

Tips ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah menghindari mengkonsumsi gorengan. Gorengan sejatinya menjadi makanan yang sangat familiar di tengah masyarakat indonesia. Bahkan makanan ini cukup mudah ditemukan ketika bulan ramadhan tiba. Namun jika ingin mendapatkan tubuh yang tetap sehat ketika berpuasa, maka hindarilah mengkonsumsi gorengan saat sahur. Sebab gorengan dapat menyebabkan tubuh kehilangan oksigen hingga 20%, sehingga dapat menimbulkan kantuk yang tentunya akan mempengaruhi pelaksanaan ibadah puasa.

4. Mengonsumsi Lauk Pauk yang Kaya akan Protein

Lauk pauk pada dasarnya memiliki beragam jenis. Namun ketika melakukan sahur, dianjurkan untuk mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein. Kandungan protein nantinya akan digunakan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Sebab potensi energi yang terkandung dalam protein terbilang sangat besar.

Itulah beberapa tips melakukan sahur yang dapat membuat tubuh tetap sehat ketika melaksanakan ibadah puasa. Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada orang lain, agar kita semua dapat menikmati puasa dengan aman dan tetap sehat.

8 April 2020
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berapa sering Anda mendengar pepatah ini? Ya, melakukan pencegahan memang lebih baik daripada menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk pengobatan. B
8 April 2020
Pentingnya menjaga jarak atau social distancing selama wabah corona harus dipahami oleh banyak pihak. Sejak sekolah diliburkan, anak-anak pun dihimbau untuk belajar dari rumah. Disini, orang tua lah
7 April 2020
Jakarta pada dasarnya memang menjadi kota metropolitan dan memiliki fungsi penting dalam sistem perekonomian di indonesia. Bahkan tidak sedikit para perantau yang berasal dari berbagai daerah datang
FORMAT REGISTRASI

CUSTOMER SERVICE
087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

CHANNEL TELEGRAM

CENTER TRANSAKSI

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

REKENING DEPOSIT

BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG