Banjir merupakan salah satu bencana yang kerap melanda di sejumlah wilayah ketika musim penghujan tiba. Dampak banjir pun beragam mulai dari padamnya listrik, gangguan transportasi, kerusakan berbagai bangunan, tanah longsor, ataupun lainnya. selain kerugian materi, banjir juga bisa menimbulkan korban jiwa baik dalam bentuk cedera, terkena sejumlah penyakit, hingga kematian. Untuk meminimalisir dampak akibat terjadinya banjir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tips Aman Menghadapi Banjir

Tips Aman Saat Banjir

Banjir bisa datang kapan saja tanpa ada yang menduga. Ketika menghadapi banjir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya lebih siaga. Berikut ini beberapa tips aman menghadapi banjir.

1. Segera Matikan Aliran Listrik dan Gas

Saat banjir melanda, Anda sebaiknya sesegera mungkin mematikan seluruh aliran listrik dan gas yang ada di rumah. Banjir bisa menyebabkan risiko hubungan arus pendek yang pastinya dapat memicu hal yang lebih berbahaya.

2. Hubungi Tim Evakuasi atau Kerabat Terdekat

Hal lain yang perlu dilakukan ketika banjir datang adalah menghubungi tim evakuasi ataupun kerabat terdekat. Hal ini bisa menjadi salah satu upaya untuk memberikan informasi terkini tentang kondisi yang tengah terjadi. Selain itu, bila kondisi Anda tidak memungkinkan untung melakukan evakuasi dari lokasi banjir, Anda bisa segera mendapatkan bantuan dari pihak terkait.

3. Cari Tempat yang Lebih Tinggi namun Mudah Terlihat oleh Tim Evakuasi

Saat banjir kian meninggi, pastikan Anda segera mencari tempat yang berlokasi lebih tinggi namun tetap aman. Selain itu, Anda sebaiknya memilih tempat yang mudah terlihat oleh tim evakuasi sehingga proses evakuasi dan pertolongan bisa lebih mudah dilakukan.

4. Pastikan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Tak sedikit orang merasa panik ketika banjir tiba-tiba menerjang. Saat banjir besar tiba-tiba menghadang tentu hal pertama yang perlu dilakukan adalah bagaimana menyelematkan jiwa. Namun, bila kondisi memungkinkan, Anda sebaiknya memastikan barang-barang berharga milik Anda dan keluarga seperti dokumen penting, perhiasan, ataupun lainnya berada di tempat yang aman.

5. Jangan Berenang

Ketika berada dihadang banjir maka Anda sebaiknya tidak memilih untuk berenang ataupun melalui perairan banjir. Selain adanya kemungkinan banjir yang lebih besar muncul, berenang di aliran banjir juga berisiko terhadap berbagai penyakit ataupun serangan binatang seperti serangga ataupun lainnya.

6. Jauhi Jembatan

Bila Anda jembatan di sekitar maka Anda sebaiknya memilih untuk menjauhi jembatan. Tidak ada yang bisa memprediksi besarnya aliran banjir. Bukan tak mungkin arus banjir yang terlalu besar bisa merobohkan jembatan yang kokoh sekalipun.

Meski di sebagian wilayah, banjir sudah menjadi hal yang kerap terjadi terutama ketika memasuki musim penghujan, tentu ada berbagai hal yang tetap harus diwaspadai. Bagaimanapun tak ada yang mengetahui besarnya luapan air banjir yang terjadi. Dengan beberapa tips di atas semoga Anda bisa lebih siaga ketika menghadapi banjir.

8 April 2020
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berapa sering Anda mendengar pepatah ini? Ya, melakukan pencegahan memang lebih baik daripada menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk pengobatan. B
8 April 2020
Pentingnya menjaga jarak atau social distancing selama wabah corona harus dipahami oleh banyak pihak. Sejak sekolah diliburkan, anak-anak pun dihimbau untuk belajar dari rumah. Disini, orang tua lah
7 April 2020
Jakarta pada dasarnya memang menjadi kota metropolitan dan memiliki fungsi penting dalam sistem perekonomian di indonesia. Bahkan tidak sedikit para perantau yang berasal dari berbagai daerah datang
FORMAT REGISTRASI

CUSTOMER SERVICE
087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

CHANNEL TELEGRAM

CENTER TRANSAKSI

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

REKENING DEPOSIT

BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG