Sudah Tahu Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank?

Bagi siapa saja yang ingin mengajukan pinjaman ataupun kredit pada bank misalnya hendaknya terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara menghitung angsurannya, agar dapat mengetahui berapa sajakah yang harus dibayar setiap bulannya hingga pinjamanan tersebut lunas. Pada dasarnya angsuran kredit yang harus dibayar berupa jumlah pinjaman utama ditambah lagi bunga dari kredit pinjaman tersebut.

Banyak sekali para nasabah yang tidak memperdulikan banyaknya bunga yang kan dibayar nantinya, sehingga banyak yang terlilit hutang. Oleh sebab tu, agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan nantinya, maka ketahuilah cara menghitung bunga pinjaman berikut ini.

Sudah Tahu Cara Menghitung Bunga Pinjaman?

3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Setiap kredit pinjaman memiliki cara penghitungan bunga pinjaman yang berbeda-beda serta memiliki kebijakannya masing-masing. Oleh sebab itu, sebelum memulai pinjaman sebaiknya ketahui dalau bagaimana cara menghitung bunganya agar tidak terjadi kesalahan nantinya. Banyak sekali hal-hal yang akan terjadi jika tidak mengetahui cara menghitung bunga pinjaman, salah satunya bisa saja terjerat hutang. Baiklah, langsung saja simak cara tersebut melalui penjelasan di bawah ini.

1. Bunga Flat

Perhitungan bunga flat termasuk perhitungan yang sangat mudah diantara yang lainnya. Perhitungan bunga jenis ini para nasabah diminta membayar cicilan pokok dengan bunganya yang jumlahnya selalu sama dalam tiap bulannya. Hal ini dikarenakan perhitungan bunga berdasarkan persentase bunga kemudian dikalikan dengan pokok pinjaman dan selanjutnya ditambah bunga setiap bulannya. Berikut rumus lengkapnya : Bunga = (P x l x t) / jb, dengan keterangan P adalah pokok pinjaman, l adalah suku bung kemudian t jumlah jangka waktu kredit dan jb jumlah bulan dalam jangka waktu kredit.

2. Bunga Efektif

Jenis perhitungan bunga pinjaman ini adalah perhitungan bunga pinjaman yang dilakukan pada setiap akhir periode pembayaran cicilan. Bunga pinjaman ini akan dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayar oleh nasabah sehingga jumlah bunga pinjaman yang harus dibayar setiap bulannya akan berubah-ubah sesuai dengan nilai pokok yang belum dibayar tersebut. Beriku rumus lengkapnya : Bunga = SP x i x (30/ 360), dengan keterangan SP adalah saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya, i suku bunga per tahun, angka 30 merupakan jumlah hari per bulan serta 360 jumlah hari pertahun.

3. Bunga Anuitas

Perhitungan bunga pinjaman jenis anuitas ini hampir sama dengan perhitungan bunga efektif namun sedikit dimodifikasi dengan tujuan untuk memudahkan para nasabah membayar kredit dalam tiap bulannya. Perhitungan bunga jenis ini akan berkurang tiap bulannya namun cicilan pokoknya akan membesar. Rumusnya sebagai berikut : Bunga = SP x i x (30/ 360), dengan keterangan SP adalah saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya, i suku bunga per tahun, angka 30 merupakan jumlah hari per bulan serta 360 jumlah hari pertahun.

Demikianlah cara menghitung bunga pinjaman, maka dari itu mulai dari sekarang pelajarilah cara tersebut sebelum mulai pinjaman tersebut. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Mau Bisnis Pulsa Untung Besar? ( Free Konsultasi Via Whatsapp )
Selamat datang di Trent Tronik. Ada yang bisa kami bantu?