Pernahkah Anda mengalami situasi tidak terduga mengenai saldo pulsa Anda? Selama ini lebih sering menggunakan kuota internet, tapi saat mau telfon tiba-tiba ada pemberitahuan bahwa pulsa Anda tidak mencukupi. Padahal belum lama Anda mengisi pulsa kartu seluler tersebut. Masa aktifnya juga masih ada. Lalu, bagaimana bisa pulsanya berkurang secara misterius?

Kenali Penyebab Pulsa Cepat Habis

Penyebab pulsa habis tiba-tiba dan cara mengeceknya

Ada beberapa penyebab mengapa pulsa seluler bisa tersedot tanpa disadari, terutama pada pengguna smartphone, yaitu:

1. Sering melakukan panggilan telepon

Ngobrol lewat telepon memang seru, apalagi kalau lawan bicara adalah orang yang dekat dengan Anda. Bisa jadi, Anda sering lupa waktu sehingga tak ayal tarif penggunaan jadi membengkak dan pulsa cepat habis.

2. Kirim pesan singkat

Kehabisan kuota atau tidak tersedia jaringan internet untuk akses aplikasi chat seperti Whatsapp? Saatnya kembali ke fitur bawaan di handphone, SMS. Mengirim pesan lewat menu ini otomatis akan menggunakan pulsa dan biasanya tarif lebih mahal kalau dilakukan dengan operator yang berbeda.

3. Langganan SMS premium

Pernahkah Anda mendaftarkan nomor untuk langganan SMS premium karena merasa tertarik atau butuh kontennya? Biasanya tarif untuk layanan ini senilai Rp 2000 ke atas per sms. Nah, kalau statusnya masih aktif, maka tidak heran kalau pulsa bisa cepat habis tanpa disadari.

4. Nonton Youtube

Siapa sih yang tidak tergoda untuk nonton video lewat Youtube? Aktifitas ini sangat tidak asing bagi pengguna smartphone. Kalau lagi asyik streaming, bisa lupa waktu, padahal kuota internet yang dipakai tidak sedikit. Jika kuota itu habis, maka secara otomatis aplikasi ini mengambil dari sisa pulsa yang ada.

5. Akses sosial media

Selain youtube, sosial media juga bisa bikin orang betah berjam-jam mantengin handphone. Ternyata konten-konten yang berisi foto dan video merupakan penyebab utama kuota cepat habis karena membutuhkan bandwith yang besar. Kalau data sudah 0GB, aplikasi tersebut akan menggunakan pulsa yang ada untuk tetap bisa diakses.

6. Buka tethering hotspot

Masih tentang penggunaan kuota internet. Menu tethering merupakan salah satu yang bisa menguras data, apalagi kalau ada banyak gawai yang tersambung. Mau tidak mau, Anda harus waspada, jangan sampai nanti pulsa ikut terpakai karena lupa mengatur penggunaan data.

7. Roaming

Pergi ke luar daerah atau luar negeri tanpa ganti kartu? Pilihan yang ada yaitu mengaktifkan roaming dan akhirnya pulsa jadi cepat habis karena tarifnya lebih mahal dari layanan biasa.

8. Langganan ring back tone (rbt)

Membeli nada dering merupakan salah satu cara mengekspresikan kesukaan terhadap lagu tertentu. Tapi, layanan ini ternyata tidak bisa berhenti sendiri. Ketika masa aktifnya sudah habis, secara otomatis nomor akan melanjutkan langganan dengan memotong pulsa, kalau masih cukup, Anda tidak akan mendapat pemberitahuan.

Beda kalau ternyata pulsa tidak cukup untuk perpanjangan, maka Anda akan menerima pesan singkat kalau rbt terpaksa berhenti dan akan otomatis diperpanjang lagi saat Anda mengisi pulsa. Maka dari itu, segeralah stop langganan secara manual baik lewat menu cek pulsa ataupun sms UNREG.

9. Beli dan main game

Seperti halnya beli rbt atau streaming youtube, kebiasaan membeli game dan bermain game online juga tanpa disadari dapat menguras saldo pulsa. Masalah ini akan berhenti kalau Anda juga menghentikan langganan game berbayar.

Dari semua kemungkinan penyebab tersedotnya pulsa secara misterius, dapat diambil kesimpulan bahwa kendali ada pada Anda. Pastikan untuk membuat setingan khusus agar penggunaan data tidak melebihi ketersediaan sehingga pulsa seluler akan tetap aman.

8 April 2020
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berapa sering Anda mendengar pepatah ini? Ya, melakukan pencegahan memang lebih baik daripada menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk pengobatan. B
8 April 2020
Pentingnya menjaga jarak atau social distancing selama wabah corona harus dipahami oleh banyak pihak. Sejak sekolah diliburkan, anak-anak pun dihimbau untuk belajar dari rumah. Disini, orang tua lah
7 April 2020
Jakarta pada dasarnya memang menjadi kota metropolitan dan memiliki fungsi penting dalam sistem perekonomian di indonesia. Bahkan tidak sedikit para perantau yang berasal dari berbagai daerah datang
FORMAT REGISTRASI

CUSTOMER SERVICE
087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

CHANNEL TELEGRAM

CENTER TRANSAKSI

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

REKENING DEPOSIT

BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG