Baik sistem operasi iOS maupun Android memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Maka membandingkan keduanya tetap akan menemukan fakta salah satunya lebih baik dari lainnya, pun sebaliknya ketika melihat aspek lain. Kedua sistem operasi ini memiliki aplikasi berbeda untuk keperluan mengunduh aplikasi.

Melalui iOS Anda akan mengenal AppStore, sedangkan pengguna Android akan sangat akrab dengan PlayStore dari Google. Keduanya merupakan aplikasi yang difungsikan sebagai tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi, sehingga fungsi smartphone menjadi lebih beragam.

Perbedaan Antara PlayStore dengan AppStore

Secara umum terdapat sejumlah perbedaan signifikan antara PlayStore dengan AppStore, dan berikut detail informasinya:

1. Perbedaan dari Kualitas Aplikasi

Pengguna produk iPhone memang akan mendapatkan penawaran aplikasi terbaru yang setelahnya baru diperkenalkan ke pengguna Android. Meskipun menjadi pelopor, namun pilihan aplikasinya terbatas.

Hal ini karena dari pihak Apple memang menyaring aplikasi secara selektif. Sehingga bisa dikatakan pula jika aplikasi yang tersedia di AppStore memiliki kualitas yang terjamin dan tentunya bermanfaat bagi penggunanya.

2. Keterbukaan Terhadap Developer Aplikasi

Apple diketahui cukup ketat dalam menyaring aplikasi dari berbagai pengembang di dunia. Pasalnya oleh pihak Apple memang hanya mengizinkan aplikasi yang memang bermanfaat untuk bisa diunduh oleh penggunanya.

Sehingga jumlah aplikasinya cenderung terbatas dan keterbukaan terhadap developer atau pengembang memang lebih ketat dibanding PlayStore. Pihak pengembang perlu berusaha keras untuk memastikan aplikasi yang dibangun bisa digunakan oleh pengguna iPhone.

3. Kemudahan untuk Mencari Aplikasi

Baik AppStore maupun PlayStore dilengkapi kolom pencarian untuk membantu pengguna mencari aplikasi yang dikehendaki. Namun keduanya memiliki mekanisme yang berbeda, di PlayStore perlu diakui proses mencari aplikasi jauh lebih mudah.

Sebab disini pengguna smartphone akan menemukan aplikasi yang dimaksudkan meskipun tidak mengetik kata kunci secara spesifik. Lain halnya di AppStore yang akan memunculkan aplikasi jika pengguna mengetik kata kunci yang sama persis yang dipasang oleh pihak pengembang.

4. Perbedaan dari Segi Harga dan Kompatibilitas

Perbedaan berikutnya dilihat dari segi harga, jika ingin mencari aplikasi dengan harga murah bahkan gratis maka PlayStore adalah gudangnya. Sebab sebagian besar aplikasi di AppStore berbayar, namun sejalan dengan kualitas yang manfaatnya yang terjamin.

Sedangkan untuk kompatibilitas, perlu diakui aplikasi di PlayStore cukup kompatibel di semua perangkat smartphone. Tentunya dengan catatan versi Android yang dimiliki sudah mendukung jalannya aplikasi tersebut. Berbeda dengan AppStore yang biasanya hanya untuk aplikasi yang bisa dijalankan di iPhone saja.

Dilihat dari kemudahan untuk pengguna memang PlayStore menawarkan kemudahan dalam mencari aplikasi dan harga yang murah. Namun, tidak ada ruginya menggunakan iPhone karena di AppStore Anda hanya akan menjumpai aplikasi bermanfaat dan berkualitas. Sehingga tidak perlu membuang RAM perangkat untuk aplikasi tidak berguna.

Setelah mengetahui detail perbedaan antara AppStore dengan PlayStore, Anda lebih condong memilih yang mana? iOS atau Android.

8 April 2020
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berapa sering Anda mendengar pepatah ini? Ya, melakukan pencegahan memang lebih baik daripada menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk pengobatan. B
8 April 2020
Pentingnya menjaga jarak atau social distancing selama wabah corona harus dipahami oleh banyak pihak. Sejak sekolah diliburkan, anak-anak pun dihimbau untuk belajar dari rumah. Disini, orang tua lah
7 April 2020
Jakarta pada dasarnya memang menjadi kota metropolitan dan memiliki fungsi penting dalam sistem perekonomian di indonesia. Bahkan tidak sedikit para perantau yang berasal dari berbagai daerah datang
FORMAT REGISTRASI

CUSTOMER SERVICE
087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

CHANNEL TELEGRAM

CENTER TRANSAKSI

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

REKENING DEPOSIT

BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG