Bisnis online dikenal lebih mudah untuk dikelola dibandingkan dengan bisnis konvensional. Namun, benarkah demikian? Secara teori yang membandingkan beberapa aspek, bisnis online memang tampil dengan kemudahan lebih kompleks. Namun bukan berarti kemudahan-kemudahan ini membuat pelakunya lebih mudah dan cepat sukses. 

Pasalnya tidak sedikit pebisnis online yang malah hanya mampu bertahan dalam hitungan bulan. Belum seumur jagung sudah memutuskan untuk tiarap dan menyerah, sehingga perlu dijadikan bahan untuk menjalankan bisnis online dengan lebih cermat.

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pelaku Bisnis Online

Kesalahan yang Membuat Bisnis Online Rentan Gagal 

Menjalankan bisnis online akan lebih mudah berhasil jika Anda mampu menghindari beberapa kesalahan di bawah ini: 

1. Tidak Konsisten 

Bisnis online perlu ditekuni secara konsisten agar jauh dari kata gagal, sehingga Anda perlu belajar fokus. Jika Anda kurang konsisten dalam menekuninya maka bisa dipastikan bisnis yang dijalankan mudah gagal. Jadi, usahakan fokus pada satu bidang bisnis dan pastikan meluangkan lebih banyak waktu untuk menjalankan toko online yang dimiliki. 

2. Strategi Salah 

Semua pebisnis dijamin memiliki strategi tersendiri untuk merintis dan mengelola bisnis yang dimiliki. Hanya saja untuk bisnis online sering kali pelakunya melakukan strategi yang salah. Misalnya saja keliru dalam memilih sosial media untuk branding, keliru dalam memilih desain website, keliru dalam menentukan kisaran harga, dan lain sebagainya. 

3. Keliru dalam Mengelola Media Sosial 

Kesalahan berikutnya dalam menjalankan bisnis online adalah tidak memanfaatkan media sosial secara optimal. Perlu diakui jika media sosial memiliki peran sangat krusial dalam bisnis online, tidak peduli bidang bisnis tersebut. Jadi, usahakan untuk mengelola media sosial dengan baik mulai dari rutin posting sampai menentukan postingan yang mudah menarik minat penggunanya. 

4. Tidak Mengikuti Perkembangan 

Berbisnis online harus siap dengan berbagai perubahan dan perkembangan yang bergerak cepat. Teknologi internet mengalami perkembangan signifikan dalam waktu singkat, sehingga Anda harus aktif mengikuti segala perkembangan tersebut. Sehingga bisa tetap bertahan dan berkembang dari gencatan persaingan bisnis online yang juga sangat ketat. 

5. Layanan Kurang Bagus 

Tidak peduli bisnis online apapun yang dijalankan, baik menjual produk fisik maupun jasa yang tidak berfisik. Kualitas layanan tetap harus diutamakan apalagi antara Anda dan pelanggan tidak tatap muka langsung. Jadi usahakan memberikan respon yang cepat, membalas chat dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami, sekaligus sabar menjawab setiap pertanyaan calon konsumen. 

6. Mudah Putus Asa

Bisnis online tidak selalu mudah untuk dijalankan, ada kalanya mengalami masa pasang surut. Jika Anda mudah putus asa maka dijamin mudah pula untuk gagal sebagaimana pelaku bisnis online lainnya. Jadi hindari kesalahan mudah putus asa saat menjalankan bisnis online. Termasuk jika belum mendapatkan pelanggan meskipun sudah buka lapak selama beberapa bulan. 

Bisnis online lebih mudah sukses asalkan Anda menghindari semua kesalahan yang disebutkan di atas. Jadi, jangan ragu untuk mempraktekannya supaya bisnis yang dirintis tak hanya seumur jagung.

8 April 2020
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berapa sering Anda mendengar pepatah ini? Ya, melakukan pencegahan memang lebih baik daripada menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk pengobatan. B
8 April 2020
Pentingnya menjaga jarak atau social distancing selama wabah corona harus dipahami oleh banyak pihak. Sejak sekolah diliburkan, anak-anak pun dihimbau untuk belajar dari rumah. Disini, orang tua lah
7 April 2020
Jakarta pada dasarnya memang menjadi kota metropolitan dan memiliki fungsi penting dalam sistem perekonomian di indonesia. Bahkan tidak sedikit para perantau yang berasal dari berbagai daerah datang
FORMAT REGISTRASI

CUSTOMER SERVICE
087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

CHANNEL TELEGRAM

CENTER TRANSAKSI

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

REKENING DEPOSIT

BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG