Aktivitas belanja online sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern seperti sekarang, karena lebih praktis dan mudah. Transaksi online juga memungkinkan siapa saja untuk membeli berbagai kebutuhan karena pilihan yang tersedia sangat lengkap. Meski menawarkan 1.001 macam keunggulan, namun resiko penipuan berkedok jual beli online sangat tinggi.

6 Cara Pintar Belanja Online Supaya Terjamin Aman

Cara Pintar agar Belanja Online Terjamin Aman

Mewaspadai kasus penipuan ini, maka bisa melakukan beberapa pencegahan dengan memilih belanja secara aman. Berikut tata caranya:

1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Langkah aman pertama yang bisa diambil sebelum bertransaksi secara online adalah melakukan riset. Yakni mencari tahu reputasi dan keamanan dari situs belanja yang diinginkan. Pastikan situs tersebut memiliki tanda aman dari adanya virus maupun gangguan lainnya.

2. Memperhatikan Keamanan Data Pribadi

Setiap situs belanja online memiliki kebijakannya sendiri-sendiri, termasuk untuk urusan data pribadi pelanggannya. Sebaiknya memilih situs yang menjamin data pribadi tetap aman dan tidak ada indikasi akan disalahgunakan. Jika sudah terbukti aman maka Anda lebih nyaman untuk belanja kebutuhan apapun di situs tersebut.

3. Memilih Metode Pembayaran yang Aman

Memperhatikan masalah metode pembayaran juga sangat penting untuk menjamin transaksi belanja online yang dilakukan aman. Metode pembayaran ini semakin beragam, tak hanya lewat transfer bank atau ke minimarket.

Namun juga mengandalkan dompet virtual yang disajikan beberapa marketplace dan aplikasi pembayaran online pihak ketiga. Silahkan memilih metode pembayaran yang terjamin aman, sehingga tidak ada resiko saldo rekening raib begitu saja.

4. Baca Deskripsi Produk dengan Cermat

Penipuan transaksi online kadang kala terjadi karena sebagai pembeli kurang teliti. Salah satunya keliru atau tidak membaca deskripsi produk secara lengkap dan detail. Kesalahan ini membuat ekspektasi tinggi namun produk yang diterima tidak demikian. Jadi untuk mencegah resiko penipuan atau sekedar merasa ditipu, pastikan deskripsi produk dibaca sampai tuntas.

5. Tidak Mudah Tergoda Oleh Barang Murah

Saat belanja online tidak tertutup kemungkinan akan menemukan lebih banyak rekomendasi. Apalagi jika dilakukan di marketplace maka akan menemukan rekomendasi produk sejenis yang bisa jadi harganya jauh lebih murah. Mencari harga termurah boleh saja dilakukan namun jangan sampai gelap mata. Namun jika kelewat murah Anda patut curiga.

6. Amankan Perangkat yang Digunakan Belanja Online

Jika ingin belanja online terjamin aman maka penting untuk memastikan perangkat yang dipakai juga dilindungi dengan keamanan tinggi. Paling tidak perangkat yang dipakai entah itu PC ataupun smartphone sudah dilindungi antivirus. Jika ingin perlindungan lebih baik maka lengkapi dengan piranti lunak spyware dan juga firewall.

Belanja online memang selalu seru dan menyenangkan karena sangat mudah sekaligus menemukan pilihan lebih banyak. Namun karena rentan kasus penipuan pastikan sudah memberikan jaminan perlindungan pada transaksi ini. Caranya sudah disebutkan di atas, jadi jangan terlupa untuk mengaplikasikannya.

20 February 2020
Kini memang tengah marak orang yang berlomba-lomba menjadi agen pulsa elektrik sebab selain menjadi bisnis utama, pekerjaan ini juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Pengerjaannya sangatla
19 February 2020
PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Bank, yang memiliki suatu loket layaknya seperti bank yang berguna untuk membayar berbagai macam tagihan. Tagihan-tagihan tersebut adalah tagihan ru
13 February 2020
Baik sistem operasi iOS maupun Android memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Maka membandingkan keduanya tetap akan menemukan fakta salah satunya lebih baik dari lainnya, pun sebalikn
FORMAT REGISTRASI

CUSTOMER SERVICE
087855021543
087855021543
087855021543
@cstrenttronik

 

CHANNEL TELEGRAM

CENTER TRANSAKSI

SMS Center TrentTronik

085355333100
087881225429

Jabber Center TrentTronik

trentpulsa@trxroket.com
trentpulsa@jabberix.com
trentpulsa@jabbim.com

Telegram Center TrentTronik

@trxtrenttronikbot

Whatsapp Center

085355333100

 

REKENING DEPOSIT

BRI
NoRek. 379001011796539
An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BCA

NoRek. 1430241482

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

MANDIRI

NoRek. 1390018582977

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

BNI

NoRek. 0622916288

An. AJI SULISTYA NUGRAHA

 

PENGUNJUNG