6 Cara Efektif Mencegah Infeksi Virus Corona

Kabar terjangkitnya dua warga Depok oleh infeksi virus corona membuat banyak masyarakat mulai mencari tahu cara mencegah infeksi serupa. Virus corona ini memang menjadi perhatian dunia karena mematikan dan penyebarannya sangat cepat. Sejak Desember 2019 ditemukan di Wuhan, sampai detik ini ada lebih 64 negara yang terjangkit.

6 Cara Efektif Mencegah Infeksi Virus Corona

Cara Mencegah Infeksi Virus Corona

Sekalipun penyebaran virus ini sangat cepat dan cenderung menakutkan, namun bukan berarti tidak dapat diantisipasi. Terdapat sejumlah pencegahan yang terbilang efektif dan dianjurkan untuk dilakukan. Diantaranya adalah:

1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat menjadi cara pencegahan paling efektif dari infeksi virus corona. Daya tahan tubuh yang baik secara alami akan melawan infeksi. Bahkan pasien virus corona di Wuhan beberapa berhasil sembuh karena memiliki daya tahan tubuh yang baik. Mulailah memperhatikan pola makan agar sehat dan seimbang, sekaligus rajin berolahraga.

2. Mencuci Tangan Secara Teratur

Virus corona dikabarkan sering menginfeksi manusia sehat dengan menempel pada telapak tangan. Sehingga dianjurkan sekali untuk rajin mencuci tangan, yakni setiap selesai ke toilet, sebelum dan setelah makan, setiap berpindah aktivitas, dan lain sebagainya. Gunakan sabun untuk hasil yang bersih maksimal.

3. Tidak Sembarangan Memegang Wajah

Berhubung telapak tangan menjadi media bagi virus corona untuk masuk ke dalam tubuh yang sehat. Selain rajin mencuci tangan, Anda pun sebaiknya tidak sembarangan memegang wajah. Khususnya hidung dan mulut karena membuat virus mudah masuk jika telapak tangan terkena virus ini.

4. Menghindari Konsumsi Produk Hewani Mentah dan Setengah Matang

Menghindari kontaminasi silang maka untuk saat ini lebih baik menghindari konsumsi produk hewani, seperti daging, telur, dan juga susu. Penanganan khusus diperlukan untuk produk hewani tersebut agar terjamin bebas kontaminasi corona. Jika ragu, maka lebih baik dihindari dulu.

5. Menutup Mulut dan Hidung Saat Batuk dan Bersin

Batuk menjadi salah satu gejala dari infeksi virus corona, namun bukan berarti semua batuk berarti sudah terinfeksi. Berjaga-jaga agar tidak menyebarkan virus ini maka saat batuk dan bersih bisa menutup dengan tangan atau sapu tangan. Sebab virus corona diketahui menular dari air ludah, bukan dari udara.

6. Hindari Kontak Langsung dengan Penderita

Mencegah infeksi virus ini juga akan efektif dengan jalan menghindari kontak dengan penderita. Sebab kontak dengan pasien akan memperbesar resiko ikut terinfeksi, sehingga semakin memperluas infeksinya. Ada baiknya jika ada keluarga atau kerabat dekat yang terinfeksi untuk meminta bantuan tenaga medis, hindari dulu kontak untuk sementara waktu sampai dinyatakan pulih.

Infeksi virus corona bisa dicegah dengan beberapa cara di atas, silahkan untuk menerapkannya. Sehingga bisa meminimalisir penyebaran infeksi yang tentunya membuat siapa saja panik karena mematikan.

Mau Bisnis Pulsa Untung Besar? ( Free Konsultasi Via Whatsapp )
Selamat datang di Trent Tronik. Ada yang bisa kami bantu?